Sabtu, 07 Juli 2012

Anda Malu Dan Tidak Percaya Diri Berbicara Bahasa Inggris? Ini Solusinya!

bahasa inggris online gratis | Juli 07, 2012 |
Speaking merupakan salah satu hal terpenting  dalam bahasa Inggris. Ini merupakan hal yang lumayan sulit dilakukan oleh orang yang sedang belajar bahasa Inggris jika dibandingkan dengan writing, listening ataupun reading. Karena bila kita ingin berbicara bahasa Inggris kita memerlukan pengetahuan ekstra. Misalnya pengetahuan kosa kata bahasa Inggris, English Grammar, pronunciation, dan lain sebagainya.  Banyak orang yang minder, tidak percaya diri atau merasa malu ketika ingin berbicara bahasa Inggris.


Rasa malu dan tidak percaya diri ini timbul karena kemampuan bahasa Inggris yang belum memadai dan ini merupakan hal yang lumrah, karena semua orang bisa merasakan hal ini. Berikut ini saran-saran dari saya jika anda merasa malu atau kurang percaya diri ketika anda ingin berbicara bahasa Inggris:

1. Tanamkan pada diri anda bahwa ini merupaka suatu proses belajar


Bahasa Inggris adalah sebuah ilmu bahasa  yang tidak bisa dikuasai secara instant atau  secara cepat. Kita memerlukan proses belajar yang tidak sebentar. Dalam suatu proses belajar, sangat wajar jika kita melakukan kesalahan. Anda janganlah merasa rendah diri ataupun malu jika anda melakukan kesalahan ketika anda berbicara bahasa Inggris. Anda jangan minder ketika anda salah dalam menyusun sebuah kalimat. Orang atau teman anda yang bisa berbicara bahasa Inggris dengan baikpun, sebelumnya seperti anda. Meraka sering melakukan kesalahan ketika berbicara. Jadi tanamkan dalam hati dan pikiran anda bahwa ini merupakan proses belajar, hilangkan rasa  tidak percaya diri, minder atau malu dalam latihan speaking. Jika kita berbicara tentang rasa malu, sebenarnya malu itu adan 2 macam, yaitu malu yang salah dan malu yang benar.
Malu yang salah adalah rasa malu yang sebenarnya tidak harus ada pada diri kita. Misalnya: malu meminta maaf, malu membeli barang kreditan, malu memakai baju lama saat lebaran, malu bertanya hingga sesat dijalan, malu karena hidup miskin, dan malu berbicara bahasa Inggris karena takut salah. Malu yang salah ini tidak harus ada pada diri kita. Jika kita mempunyai perasaan malu yang salah ini, maka yang rugi adalah diri kita sendiri. Kita berpikir bahwa kita akan diketawaain, kita berpikir bahwa kita akan di hina. Padahal orang lain tidak begitu, dan saya yakin itu hanya pikiran kita saja. Jadi kita harus hilangkan rasa malu yang salah ini.
Malu yang benar  adalah rasa malu yang memang harus ada pada diri kita. Misalnya malu untuk korupsi, malu untuk berbohong, malu untuk mencuri, malu untuk menyakiti orang lain, malu untuk berzina, malu untuk tidak membayar hutang, malu meminjam barang dan tidak dikembalikan, dll. Rasa malu ini memang harus ada pada diri kita.

Jadi dikarenakan malu untuk berbicara bahasa Inggris karena kemampuan yang belum memadai adalah malu yang salah, maka hilangkanlah rasa malu  itu pada diri kita.

2. Berbicaralah dengan mencampur bahasa Inggris dengan Bahasa Indonesia

Bila pada saat anda berbicara bahasa Inggris, ada beberapa kosa kata yang tidak anda ketahui,  maka jangan malu untuk mengatakannya dalam bahasa Indonesia. Misalnya: I want to membeli a new pen in the  toko  buku.  Pada conton ini, anda tidak mengetahui apa bahasa Inggrisnya “membeli” dan “toko buku”. Anda bisa mencampurnya seperti contoh kalimat saya tersebut. Jangan malu dan minder untuk melakukan hal ini. Tanyalah kepada lawan bicara anda apa bahasa Inggrisnya “membeli” dan “toko buku”. Setelah lawan bicara anda memberi tau apa bahasa Inggris dari kata-kata yang tidak anda ketahui itu, maka ulangi lagi kalimatnya “I want to buy a new pen in the bookstore.”

3. Jadikan  kamus sebagai isi tas anda

Jika anda ingin mengatakan sesuatu kata dalam bahasa Inggris, akan tetapi anda tidak mengetahuinya, maka kamus adalah barang yang sangat berguna pada saat itu. misalnya saja anda ingin mengatakan “mandi” dalam bahasa Inggris, dan anda sudah bertanya kepada lawan bicara anda, akan tetapi lawan bicara andapun tidak mengetahuinya, maka bukalah kamus anda. Anda bisa membeli kamus Inggris-Indonesia yang berukuran kecil ataupun sedang, dan  anda jadikan kamus tersebut sebagai  barang yang wajib ada di tas anda.

4. Carilah Topik Pembicaraan Yang Anda Sukai dan Anda Kuasai

Saran saya yang ke-4 ini dapat anda terapkan jika anda memang mengatur waktu khusus dengan teman atau lawan bicara anda untuk belajar speaking. Misalnya hari Minggu besok anda membuat janji dengan teman anda untuk bertemu di suatu taman yang sangat nyaman bagi anda, kemudian anda dan teman anda membuat janji untuk berdiskusi tentang sesuatu hal dalam bahasa Ingggris untuk meninggkatkan kemampuan speaking anda. Maka janganlah anda pilih topik yang sulit. Pilihlah topik yang anda suka dan anda kuasai. Dengan ini maka kosa katanyapun anda ketahui. Bila anda memilih topik yang anda tidak mempunyai pengetahuan tentang itu, maka haruslah anda persiapkan lebih dahulu sebelum anda memulai latihan speaking. Dengan kata lain anda mempunyai referensi yang cukup. Efek positifnya adalah anda akan mengetahui kalimat-kalimat apa saya yang akan anda ucapkan karena anda sudah mempunyai banyak referensi dan ide.  

5. Berusahalah untuk selalu belajar dan belajar serta jangan putus asa untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anda.

Semoga artikel ini bermamfaat untuk kita semua. Amin.
Efendijbi
Belajar Bahasa Inggris Online Updated at: Juli 07, 2012