. Lesson 1: Subject and Verb –>.

Lesson 1: Subject and Verb

Efendi BBIO | 5:21 PM |


Kita harus mengetahui bahwa kalimat bahasa Inggris haruslah memiliki sebuah subject dan sebuah verb. Di dalam soal-soal TOEFL, masalah subject dan verb ini sering membingungkan. Terkadang kalimat yang ada pada soal TOEFL tersebut tidak memiliki subject akan tetapi memiliki verb atau sebaliknya, bahkan bisa juga dalam soal TOEFL tersebut kalimatnya memiliki ekstra subject dan ekstra verb.
Jadi dari sini bisa kita simpulkan bahwa permasalahan yang sering muncul dalam pertanyaan mengenai subject dan verb adalah:

  1. Subject atau verbnya tidak ada
  2. Subject dan verbnya tidak ada, atau
  3. extra subject dan extra verb

contoh 1

……. Was backed up for miles on the freeway.

  1. Yesterday
  2. In the morning
  3. Traffic
  4. Cars

Pada contoh ini kita bisa lihat bahwa terdapat kata kerja  was akan tetapi kalimat ini tidak memiliki subject. (C) adalah jawaban yang benar, karena kita ketahui bahwa “Traffic” adalah singular subject, dan cocok dengan verb “was” yang merupakan singular verb. Jawaban (D) tidaklah benar karena cars adalah plural subject dan tidak benar jika dipasangkan dengan singular verb was. Jawaban (A) adalah adverb dan tidak bisa berfungsi sebagai subject. Jawaban (B) salah karena bukan subject.

Conton 2:

The newspapers … every morning.

  1. delivery
  2. are delivered
  3. on time
  4. regularly

pada contoh soal ini, kita ketahui bahwa kalimat tersebut memiliki subject “newspapers” dan tidak memiliki verb. Jawaban (A) salah karena kata delivery bukanlah verb melainkan noun. Jawaban (C) adalah adverb dan tidak bisa berfungsi menjadi verb. (D) adalah adverb. Jadi jawaban yang benar adalah (B).
 
contoh 3

The book …. Sent to you yesterday.

  1. It was
  2. Were
  3. Is
  4. Was

Contoh ini adalah contoh dari extra verb.  Jika kita perhatikan pada kalimat ini terdapat kata kerja sent  dan juga telah memiliki subject book. Akan tetapi kita memerlukan extra verb agar kalimat ini menjadi benar. (A) adalah jawaban yang salah, karena terdapat kata it. Jika kita memilih A maka kalimat tersebut akan memiliki double subject dan ini tidak benar. (B) adalah extra verb akan tetapi tidak sesuai dengan book  yang merupakan singular subject. (C) is tidak cocok bila kita letakkan pada kalimat tersebut, karena pola kalimat tersebut adalah simple past tense (Pasif). Jadi jawaban yang benar adalah (D) was adalah singular verb dan cocok bila dipasangkan denga singular subject book dan was dipakai dalam simple past tense.

Kesimpulan: Dalam bahasa Inggris, sebuah kalimat harus mempunyai subject dan verb.
Sekarang kerjakan kumpulan soal-soal di bawah ini;


Related Post



Posted by: Efendi BBIO Belajar Bahasa Inggris Online, Updated at: 5:21 PM
Fr@n' Tamba said...

Thank you......

osis mtspacet said...

ckup melatih... :)

Subliansyah Naparin said...

Sangat membantu. Terima kasih.

nur said...

keren beud,, sukasuka,, terima kasih semoga ilmux barokah amin ^^

andri firmansyah said...

sangat membantu kawan... terimakasih ilmunya :)

Noebibin said...

Izin bertanya buat soal No 7. The papers in the wastebasket should be emptied into the trash can outside.
Bukankah ini jawabannya salah ya?karena ada 2 verb "should be emptied" dan "can".

Terimakasih sebelumnya dan izin pencerahhannya.

Admin Blog said...

"can" disana bukan verb akan tetapi maksudnya "trash can" yang artinya tempat sampah/tong sampah...

Nur Layli said...

keren sangat membantu..
hampir setiap hari aku selalu sempatin buat buka blog ini..
dan untuk latihannya g nyangka kalo bisa salah cuma 2 :-)

i hope smooth and succes
thanks

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bijak! Jika Anda memiliki pertanyaan tentang materi yang telah dijelaskan, silahkah tuliskan pertanyaan dengan jelas. Saya tidak akan menyetujui komentar anda jika komentar anda terdeteksi sebagai spam. Jika anda suka dengan blog ini, jangan lupa share URL blog ini ke FB, Twitter, Wechat, Google + atau media sosial lainnya yang anda miliki. Semoga blog yang sederhana ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Amin.