. Lesson 2: Objects of Preposition –>.

Lesson 2: Objects of Preposition

Efendi BBIO | 9:26 PM |


Objects of preposition adalah sebuah noun, pronoun, gerund atau noun clause yang terletak setelah preposition, seperti in, after, on, in, behind, dll.
Contoh:


In the house
Before eating
With his friend
By bike
After the exams

Di atas ini adalah beberapa contoh object of prepositions. Kata yang dicetak tebal adalah prepositions, oleh karena itu kata setelahnya adalah object dari preposition tesebut dan tidak bisa berfungsi sebagai subject.

Pengetahuan mengenai objects of Preposition ini sangatlah penting diketahui dan dipahami dalam TOEFL, karena banyak orang yang membuat kesalahan dengan mengira bahwa objects of preposition adalah subject dari sebuah kalimat.
Contoh;

In the bus … sang the song.

  1. when
  2. has
  3. is
  4. she

Pada contoh di atas terdapat object of preposition “in the bus”, dan kalimat tersebut sudah memiliki verb, yaitu ‘sang”. Oleh karena itu kita perlu melengkapi kalimat tersebut dengan subject, dan perlu ditegaskan kembali bahwa “in the bus” bukanlah subject dari kalimat tersebut. Jawaban yang benar dari contoh soal di atas adalah D.

Contoh lain:

The interview by the radio characters … carried by the station.

  1. was
  2. were
  3. when
  4. after

Pada soal ini, yang manakah yang berfungsi sebagai  subject kalimat? “interview” adalah subject dari kalimat tersebut. “by the station” bukanlah subject, melainkan hanyalah object of preposition. Pada kalimat tersebut juga sudah terdapat verb “carried” dan perlu diketahui bahwa kalimat ini adalah  kalimat pasif. Oleh karena itu kita memerlukan extra verb untuk melengkapi kalimat ini. Dikarenakan subject dari kalimat ini adalah singular “interview” oleh karena itu kita memerlukan singular extra verb, yaitu “ was”. Maka jawaban yang benar adalah A.  Jika anda tidak memahami atau tidak mempunyai pengetahuan tentang object of preposition, saya yakin anda akan mengira bahwa subject dari kalimat tersebut adalah “characters”, dan jawaban yang akan anda pilih adalah B. Mengapa? Karena “characters” adalah plural maka yang cocok dipasangkan dengannya adalah “were”. Akan tetapi jika anda mengerti tentang object of preposition, maka anda akan menjawab A, karena anda mengetahui bahwa subject dari kalimat tersebut adalah “interview”.

Kesimpulan: Object of preposition adalah preposition yang diikuti oleh  noun, pronoun, gerund atau noun clause. Jika kata tersebut adalah object of preposition maka itu bukanlah subject dari kalimat.
Kerjakan soal-soal latihan di bawah ini:


Related Post



Posted by: Efendi BBIO Belajar Bahasa Inggris Online, Updated at: 9:26 PM
Cygnus said...

... thanks sobat,
agaknya saya harus sering nongkrong di sini sekalian belajar grammar. karena grammar saya agak kacau. postingan2 di sini bermanfaat sekali.

Anonymous said...

bermanfaat sekali penjelasan sekaligus latihannya..
tolong update terus buat latihannya...
agar saya bisa terus belajar ^_^

Anonymous said...

Thanks so much....
berguna banget buat saya...yg masih acak-acakan grammarny ...

Anonymous said...

nice.. bermanfaat banget buat umat! gratis lagi, semoga amalannya diterima bro!

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bijak! Jika Anda memiliki pertanyaan tentang materi yang telah dijelaskan, silahkah tuliskan pertanyaan dengan jelas. Saya tidak akan menyetujui komentar anda jika komentar anda terdeteksi sebagai spam. Jika anda suka dengan blog ini, jangan lupa share URL blog ini ke FB, Twitter, Wechat, Google + atau media sosial lainnya yang anda miliki. Semoga blog yang sederhana ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Amin.