Pages

Selasa, 03 April 2012

Tips meningkatkan kosakata bahasa Inggris

Dalam belajar bahasa Inggris, jumlah kosakata (vocabulary) yang kita miliki amat menentukan keberhasilan kita. Ibarat mendirikan bangunan, kosakata adalah baru batanya, sementara tata bahasa adalah teknik menyusunnya. Semakin banyak batu bata yang dimiliki, maka akan semakin besar bangunan yang dapat kita dirikan. Semakin sedikit batu bata yang kita miliki, semakin kecil pula bangunan yang dapat kita dirikan.


    Demikian pula dengan belajar Bahasa Inggris.  Semakin banyak kosakata yang Anda miliki akan semakin mudah anda memahami pembicaraan atau tulisan orang lain dalam bahasa itu dan semakin mudah pula anda dapat mengemukakan isi fikiran anda dalam bahasa itu secara lisan maupun tulisan.  Sebaliknya, semakin sedikit kosakata bahasa Inggris yang anda miliki, akan semakin sulit anda memahami pembicaraan atau tulisan orang lain dalam bahasa Inggris dan akan semakin sulit pula anda mengungkapkan isi fikiran anda dalam bahasa Inggris, secara lisan maupun tulisan.
Berikut ini kumpulan tips untuk menambah kosakata bahasa Inggris anda:

Connect: Lebih mudah untuk menghafal kata berdasarkan tema yang umum. Buatlah kaitan antara kata-kata dan susunlah kata-kata tersebut ke dalam diagram berbentuk sarang laba-laba.
Write: Menggunakan kosa-kata di dalam kalimat dapat membantu Anda untuk selalu mengingatnya. Tulislah kalimat dengan menggunakan kosa-kata baru untuk menyusun suatu cerita menggunakan sekelompok kata atau ungkapan.
Draw: Tunjukan jiwa seni Anda dengan melukis gambar yang berhubungan dengan kata-kata yang Anda pelajari. Gambar tersebut dapat membantu ingatan Anda di kemudian hari.
Act: Tunjukkan kebolehan berakting Anda dengan melakukan gerakan-gerakan yang menungkapkan kata-kata yang Anda pelajari. Atau, bayangkan suasana di mana Anda membutuhkan kata-kata tersebut, dan mulailah melakukan adegannya.
Create: Buatlah kartu peraga dalam bahasa Inggris dan pelajari kartu tersebut di waktu luang Anda. Buatlah satu kartu baru setiap minggunya, tetapi terus pelajari lagi semuanya.
Associate: Pasang warna-warna pada kata-kata berbeda. Hal ini nantinya akan membantu Anda mengingat kosa-kata.
Listen: Pikirkan kata-kata yang mirip dengan kata-kata yang sedang Anda pelajari, terutama kata-kata yang rumit. Hubungkan kata tersebut dengan kata baru ini untuk membantu Anda mengingat cara pelafalannya.
Choose: Ingatlah bahwa topik yang menarik minta Anda akan lebih mudah Anda pelajari. Oleh karenanya, pilih secara hati-hati kata yang menurut Anda menarik dan berguna. Proses pemilihan kata tersebut bahkan akan membantu ingatan Anda.
Limit: Jangan mencoba untuk menhafal kamus dalam waktu sehari! Batasi 15 kata saja per hari, Anda tidak akan kewalahan, melainkan Anda akan meraih kepercayaan diri.
Observe: Perhatikan kata-kata yang Anda pelajari pada saat Anda membaca atau mendengarkan kalimat berbahasa Inggris.

Dari kumpulan tips di atas mungkin tidak semua bisa kita lakukan, yang terpenting dan yang  harus selalu  kita coba adalah jika kita mengetahui kosakata bahasa  Inggris yang baru walaupun itu hanya satu kata, maka berusahalah untuk memakai kata tersebut dalam percakapan dan bisa juga  melalui tulisan. Disamping itu alangkah baiknya jika mencari sinonim maupun antonim dari kata tersebut. Misalnya anda mengetahui kosa kata baru “big”, sangat baik sekali jika anda mencari lawan kata dari kata tersebut. Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah cara mengucapkan kata tersebut dengan benar. Luangkan waktu anda untuk membuka kamus standar bahasa Inggris misalnya Longman Dictionary of Contemporary English ataupun kamus lainnya untuk melihat cara mengucapka kata yang baru anda ketahui tersebut. Semoga tips ini bermamfaat untuk kita semua.