Rabu, 06 November 2013

because, because of

bahasa inggris online gratis | November 06, 2013 |
Apa kabar BBIO Lovers? Lagi pada ngapain, nih? Tak terasa sudah lama juga admin tidak update materi belajar. Semoga BBIO Lovers bisa maklum, ya... hehehe. Pokoknya BBIO Lovers jangan kuatir, Isyaallah, jika admin sehat dan ada waktu lebih di sela-sela kesibukkan sehari-hari, admin akan selalu berusaha update materi belajar.  
Rupanya pengunjung blog ini rame banget. Mulai dari Sabang hingga  Marauke, mulai dari anak SD hingga kakek nenek. Bahkan banyak juga pembaca dari luar negeri.  Hmmmm senang sekali jika tulisan-tulisan di blog yang sederhana ini banyak yang baca.
Sekarang kita akan membahas mengenai because dan because of. Wah, saya yakin semua sudah pada tau arti because dan because of. Apa lagi jika SMS-an sama teman, pacar atau keluarga, kita terkadang ketik ‘bcoz’ yang maksudnya adalah because. Ok... Untuk memahami penggunaan because dan because of tidaklah sulit. BBIO Lovers tinggal pelototin rumus di bawah ini!

. . . because + Subject + Verb
. . . because of + noun (phrase)

Nah, dari rumus di atas, jelas bahwa jika kita ingin menggunakan kata because, maka setelahnya harus berbentuk kalimat, dengan kata lain ada subjeck dan verb-nya. Sedangkan because of, setelahnya tidak boleh masukkan sentence atau kalimat atau subject dan verb. Melainkan hanya noun atau noun phrase saja. Perhatikan contoh di bawah ini!

The students arrived late because there      was  a  traffic jam.
                                                      Subject   verb    
                        
The students arrived late bacause of the traffic jam.
                                                            Noun phrase

Pada kalimat di atas, setelah kata because dimasukkan kalimat lengkap atau complete sentence. Dimana ada subject dan verb. Sedangkan setelah because of hanya diletakkan noun phrase saja.

The students arrived late because of there was a traffic jam. (salah)
The students arrived late because the traffic jam. (salah)

Contoh lain:

I love you because you are sexy.
She hates  me because I hate her.
The boy is a smart boy because he is not lazy to study.
I am sick because of you.
John was worried because of the rain.
The room is cool because of the air conditioner. 

Bagaimana? Sekarang sudah paham cara membedakan penggunaan because dan because of, bukan? Semoga artikel ini bermamfaat untuk kita semua. Amin. Untuk soal-soal latihannya, silahkan klik: Exercise: because, because of
Efendijbi
Belajar Bahasa Inggris Online Updated at: November 06, 2013