Selasa, 23 Juni 2015

Suffixes

bahasa inggris online gratis | Juni 23, 2015 | BBIO lovers banyak yang sedang libur sekolah?
Asyik donk hehehehe
Kira-kira liburan ini dihabiskan buat apa? Pulang kampung atau hanya sekedar menghabiskan waktu di rumah? Semua terserah BBIO lovers, yang penting jaga kesehatan, ya :)


Dulu saya pernah membuat postingan tentang prefixes, sekarang saya akan memberikan beberapa contoh suffixes. Semua sudah tau apa itu suffix? hmmmm tidak sulit, suffix adalah akhiran. Berikut ini beberapa contoh suffix:


-age

suffix -age adalah pembentukan noun dengan arti 'proses, hasil atau tindakan'. misalnya: shrinkage= pengerutan, linkage = penghubungan, breakage = kerusakan.

- al

Untuk pembentukan adjective dengan makna 'bersifat, berhubungan dengan.' Misalnya: practical = bersifat praktis, economical = bersifat hemat, educational = berhubungan dengan pendidikan.

- an

Untuk pembentukan noun, dilekatkan pada noun dan mempunyai makna ahli, pengikut/aliran. Misalnya= librarian = ahli pustaka, pustakawan, historian = ahli sejarah, christian = pengikut kristus, politician = ahli politik

- an

Suffix ini juga bisa memiliki makna  'berasal dari'. Contoh: Asian = Dari asia, American = Dari Amerika.

- ar

Untuk pembentukan adjective dan mempunyai makna 'berhubungan dengan.' Contoh: polar = berhubungan dengan kutub. Lunar = berhubungan dengan bulan, molecular = berhubungan dengan molekul

- ate

untuk pembentukan verb dan memiliki makna membuat dan menjadikan. Contoh: motivate = memotivasi, activate = membuat aktif/mengingatkan.

- ce

Bisa menjadi -nce, -ance, -ence, -ency, -ancy menyesuaikan dengan kata yang dilekati. Memiliki arti keadaan, kedudukan sebagai. Contoh: presidency = kedudukan sebagai presiden, accuracy = ketepatan, abundance = kelimpahan, absence = ketiadaan, ketidakhadiran.

-dom

Untuk pembentukan kata benda, dengan arti keadaan, kedudukan sebagai. Contoh: boredom = kebosanan, kingdom = kerajaan, martyrdom = kedudukan sebagai martir, wisdom = kebijaksanaan.

- en

Dilekatkan pada adjective, noun dan untuk membentuk verb dan dengan makna menjadi, membuat. Contoh: lengthen = memanjang, memperpanjang, widen = memperluas, blacken = menghitam, broaden = dari tanah, silken = seperti sutera.


Jambi, 23 June 2015


Efendijbi
Belajar Bahasa Inggris Online Updated at: Juni 23, 2015