Sunday, July 1, 2012

Either ... Or / Neither ... Nor


Sebelumnya kita telah belajar mengenai either dan neither. Sekarang kita akan membahas mengenai either yang dipasangkan dengan or (either … or) dan neither yang dipasangkan dengan nor (neither … nor).
Eitheror dan neithernor adalah paired conjunction atau disebut juga correlative conjunction. paired conjunction adalah kata hubung yang digunakan selalu berpasangan. Mereka sudah mempunyai pasangan masing-masing.  Jadi either sebagai paired conjunction pasangannya adalah or, dan neither pasangannya adalah nor


Pemakaian either … or dan neither … nor

Rumus:

Either  + noun + or + plural noun + plural verb

Either + noun + or + singular noun + singular verb

Neither + noun + nor + plural noun + plural verb

Neither + noun + nor + singular noun + singular verb

Verb yang mengikuti either…or dan neither…nor ditentukan oleh subject kalimat setelah or atau nor. Bila setelah or atau nor adalah singular noun/singular subject, maka verbnya adalah singular verb. Jika setelah or atau nor adalah plural subject atau plural noun, maka verbnya adalah plural verb. Perhatikan contoh di bawah ini:

Either … or
1.      Either The students  or Toni is watching TV now. (para pelajar itu  atau Toni sedang menonton TV sekarang.) makna dari kalimat ini adalah, kalau bukan John yang sedang menonton TV sekarang maka Toni lah yang sedang menonton TV sekarang.
2.      Either  my friends or my mother sweeps the floor every morning. (Teman-teman saya atau ibu saya menyapu lantai itu setiap hari.) makna kalimat ini adalah kalau bukan teman-teman saya yang menyapu lantai maka ibu saya yang menyapu lantai itu.)

Sekarang perhatikan dua contoh di atas! Kata benda (noun) yang berfungsi sebagai subject pada contoh 1 yang terletak setelah or adalah “Toni”. Karena Toni adalah singular noun maka verb yang diletakkan adalah “is”. Pada contoh 2, subject setelah or adalah “mother”, yang merupakan singular noun, maka harus memakai “sweeps” diletakkan “s” (ini pola simple present tense) karena subjeknya adalah singular (mother = she).
Jika contoh-contoh di atas kita putar balik kalimatnya, maka akan menjadi seperti ini (akan tetapi maknanya tetap sama walau kalimat itu dibalik):
1.      Either  Toni or the Students are watching TV.
2.      Either my mother or my friends sweep the floor every day.
setelah kalimatnya dibalik, maka pada contoh 1, setelah or adalah “the students”, dan ini merupakan plural noun, maka verb yang diletakkan adalah plural verb “are”. Pada contoh 2 juga begitu. Setelah or adalah “my friends” maka verbnya adalah “sweep” karena “my friends” adalah plural noun. Agar lebih paham perhatikan contoh-contoh lainnya di bawah ini:
1. Either the cats or the dog eats the fish.
    Either the dog or the cats eat the fish.
2. Either she or you are smart.
    Either you or she is smart.
3. Either Alex or his sisters have washed the dishes.
    Either his sisters or Alex has washed the dishes.

Note: Anda akan kesulitan membuat kalimat menggunakan either ..or maupun neithernor, jika anda belum memahami pemakaian tenses dalam bahasa Inggris. Jika anda telah memahami tenses dalam bahasa Inggris, baik itu dalam bentuk nominal sentence ataupun verbal sentence, maka anda akan dengan mudah membuat kalimat ini. Terutama dalam menentukan kata kerjanya (verb).

Neither … nor
Cara pemakaian neither … nor sama denga either …or hanya saja makna kalimatnya berbeda. Perhatikan contoh di bawah ini.
1.      Neither the students nor Toni is watching TV now. (Tidak murid-murid itu, tidak juga Toni, sedang menonton TV sekarang.) makna kalimat ini adalah: baik murid-murid itu dan juga Toni tidak sedang menonton TV sekarang.
2.  Neihter my friends nor my mother sweeps the floor. (tidak teman-temanku, tidak juga ibuku, menyapu lantai itu.) Makna kalimat ini adalah:  baik teman-temanku dan juga ibuku tidak menyapu lantai itu.
Jika dibalik maka kalimatnya akan seperti ini: (walau dibalik makna kalimatnya tetap sama)
1.      Neither Toni nor the students are watching TV now. (tidak Toni, tidak juga murid-murid itu, sedang menonton TV sekarang.)
2.      Neither my mother nor my friends sweep the floor.
Jadi cara pemakaian either … or dan neither … nor itu sama saja, hanya maknanya berbeda. Neither … nor mempunyai makna negative walaupun dalam kalimat tersebut tidak terdapat kata NOT.  Sekali lagi ditekankan bahwa either berpasangan dengan or dan neither dengan nor.
Either dan neither tidak harus selalu berada pada awal kalimat, akan tetapi bisa juga ditempatkan di tengah kalimat. Contoh:
1.      I will either play games or sing a song tomorrow. ( saya akan  bermain game, atau menyanyikan sebuah lagu besok.)
2.      Rina is neither smart nor stupid. (Rina tidak pintar juga tidak bodoh.)
3.      Yesterday, I neither slept nor ate. (kemarin saya tidak tidur, juga tidak makan.)
Semoga dapat dipahami dan bermamfaat untuk kita semua. Amin.




10 comments:

  1. sangat membantu,insyaallah.. terima kasih

    ReplyDelete
  2. Sangat bermanfaat, saya awalnya sangat bingung bagaimana penggunaannya..
    terima kasih

    ReplyDelete
  3. Sangat bermanfaat,terima kasih untuk ilmunya.....

    ReplyDelete
  4. Kok contoh yg ke-2 neither pake NOT, bukannya ga bisa ya pake not "Neither my mother NOT my friends
    sweep the floor" apa itu cuma buat contoh aja atau salah tulis ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih..itu salah ketik...terikma kasih atas infonya.

      Delete
  5. Karena baca ini langsung ngerti. Thx banget.

    ReplyDelete
  6. Thank you so much, it help me so much. Love it

    ReplyDelete
  7. Mantap Gan, hampir semua materi dan kuisx saya ikuti terus ... terima kasih banyak :)
    Sukses selalu

    ReplyDelete
  8. jadi seperti : baik.........maupun/ataupun ................... di bahasa indonesia ya

    ReplyDelete