Sabtu, 28 Juli 2012

Cara memperoleh English Fluency

bahasa inggris online gratis | Juli 28, 2012 |
Apakah skill terpenting dalam bahasa Inggris? Skill apa yang perlu kita perhatikan dan selalu kita usahakan untuk memperoleh bahasa Inggris yang baik?

Jawaban dari pertanyaan ini adalah FLUENCY atau kefasihan/kelancaran dalam berbicara.


Fluency adalah kefasihan kita dalam berbicara dan memahami bahasa Inggris dengan mudah dan cepat. Fluency tidak bisa didapat hanya dengan membaca English book, memahami English grammar, akan tetapi hal terpenting untuk meningkatkan fluency kita adalah listening.

Untuk memperoleh English Fluency kita harus sering mendengarkan bahasa Inggris secara terus menerus atau berulang-ulang. Untuk menjadi a good English speaker kita harus menggunakan kuping kita (our ears) dan bukan mata kita. Dengan kata lain kita harus mendengar.

Lalu listening yang bagaimanakah yang bisa dibilang baik. Listening yang baik adalah listening yang dilakukan berulang-ulang atau sering dan dapat dipahami (understandable and repetitive).
Jadi ada dua aspek penting dalam listening yang perlu anda perhatikan untuk memperoleh English fluency, yaitu sering/berulang-ulang dan dapat dipahami. Percuma jika anda sering melakukannya akan tetapi anda tidak dapat memahami apa yang anda dengar. Kebanyakan English learner memilih materi listening yang sulit dan membuat mereka sulit memahami apa yang mereka dengar. Efek negative dari hal ini adalah membuat proses belajar mereka menjadi lambat.

Carilah materi listening yang sederhana dahulu dan mudah anda pahami dan ini merupakan proses anda belajar. Setelah anda dapat memahami apa yang anda dengarkan, hal ini tidaklah cukup, anda perlu mengulang mendengarkan materi listening anda sesering mungkin. Jika anda mendengarkan sebuah kata baru dalam bahasa  Inggris hanya 1 kali, maka frekuensi lupa akan sangat tinggi. Jadi untuk mengingat sebuah kata baru dalam bahasa Inggris anda harus sering-sering mengulang mendengarkannya  sesering mungkin misalnya hingga 30. Misalnya hari ini 2 kali, besok anda dengarkan lagi dan seterusnya.

Apabila anda sering mengulang listening anda maka anda  akan memperoleh kemampuan mengucapkan kata-kata bahasa Inggris dengan benar seperti yang sering anda dengarkan. Jadi poin terpentingnya adalah cari materi listening yang mudah dan dengarkan sesering mungkin. 

Dengan listening yang baik dan memiliki kemauan yang kuat untuk selalu latihan berbicara bahasa Inggris, saya yakin anda akan bisa memperoleh English fluency yang baik. Hal ini sesuai pengalaman saya yang saya peroleh selama saya mengajarkan bahasa Inggris kepada anak-anak umur 4 hingga 5 tahun. Para murid saya bertemu  saya dan belajar mulai dari jam 8 pagi hingga jam 12 siang. Pada saat belajar, saya menggunakan 100% bahasa Inggris dan tidak menggunakan bahasa Indonesia sedikitpun dan tentu dibantu dengan media mengajar baik berupa gambar, multimedia yang berupa video dan audio yang ada. Karena mereka sering mendengar, maka  mereka bisa memahami apa yang saya katakan dan tentu mereka bisa mengucapkan kata-kata yang sering mereka dengar setiap hari dari mulut saya.  Mereka belum bisa menulis dan membaca dengan baik. Mereka tidak belajar English grammar seperti layaknya orang dewasa. Akan tetapi karena mereka sering mendengarkan bahasa Inggris dari mulut saya, video dan multimedia lainnya, mereka bisa berbicara bahasa Inggris dan dapat memahami apa yang saya katakan. Jika mereka ingin berbicara bahasa Inggris dan ada kata yang tidak mereka ketahui, maka mencampur bahasa Inggris dengan bahasa Indonesia dalam sebuah kalimat yang mereka ucapkan. Semoga artikel ini bermamfaat untuk kita semua. Amin.


Efendijbi
Belajar Bahasa Inggris Online Updated at: Juli 28, 2012