. Anda kesulitan untuk berbicara bahasa Inggris? –>.

Anda kesulitan untuk berbicara bahasa Inggris?

Efendi BBIO | 9:50 PM |

Banyak teman-teman pembaca yang berkeluh kesah melalui form contact me. Inti dari keluh kesah mereka adalah mereka sulit untuk berbicara bahasa Inggris. Mereka paham dan mengerti jika mereka mendengarkan orang yang sedang berbicara bahasa Inggris. Mereka paham jika ada yang bertanya kepada mereka dengan menggunakan bahasa Inggris, akan tetapi mereka mengalami kesulitan yang amat sangat ketika mereka ingin menjawab pertanyaan tersebut. Ada juga yang mampu menulis  kalimat dengan menggunakan bahasa Inggris, akan tetapi sangat sulit ketika ingin berbicara bahasa Inggris.

Saya hanya mempunyai beberapa saran untuk teman-teman semua yang mempunyai masalah-masalah diatas. Berikut ini saran-saran dari saya:


1. Be confident

Saya sengaja memasukan saran ini pada urutan pertama, karena kebanyakan orang yang mengalami kesulitan untuk berbicara bahasa Inggris karena mereka tidak percaya diri. Mungkin mereka takut salah, malu atau yang lainnya. Hilangkan rasa itu. Timbulkan rasa percaya diri anda. Jangan takut salah. Jangan berpikir bahwa orang akan menghakimi anda karena  kesalahan anda.

2. Grammar

Ada beberapa orang yang berpendapat grammar itu tidak penting, akan tetapi menurut saya hal ini sangant penting. Karena jika kita mempunyai kemampuan English grammar yang baik, maka kita mempunyai modal untuk merangkai kalimat dengan benar dan mudah. Tidak akan ada kebingungan dalam pikiran anda. Belilah buku English Grammar di toko buku atau online. Anda bisa juga belajar melalui internet karena begitu banyak penjelasan tentang English Grammar di dunia maya ini. Ketika anda mengetahui satu topic dalam English Grammar, maka jangan lupa untuk berlatih baik itu dengan mengerjakan soal-soal latihan atau memberanikan diri dan percaya diri untuk menuangkannya dalam percakapan sederhana dan juga bisa dalam tulisan.

3. Mamfaatkan internet untuk berlatih English Conversation. Jika anda bisa mengakses internet dirumah, maka ini nilai plus untuk anda. Mamfaatkan fasilitas itu. Banyak tempat chatting yang bisa anda mamfaatkan, misalnya Skype, Yahoo messenger, DLL. Gunakan sarana ini untuk latihan. Anda beruntung  jika bisa mendapatkan teman yang baik di dunia maya yang bersedia menjadi teman anda latihan berbicara bahasa Inggris. Anda bisa berteman dengan saya melalui YM. Kirimkan alamat YM anda atau Skype anda melaui form contact me dan insyaallah akan saya add.

4. Untuk mempunyai kemampuan berbicara bahasa Inggris itu tidaklah instant. Waktu 1 bulan atau 2 bulan tidaklah cukup untuk memperoleh bahasa Inggris yang baik. Jangan berputus asa untuk belajar. Gunakan sarana yang ada sebaik mungkin.

5. Sering-seringlah membaca bacaan bahasa Inggris, mendengar hal-hal yang berbau bahasa Inggris. Karena ini akan membantu anda baik itu listening dan kosa kata bahasa Inggris anda.

6. Anda sulit menemukan lawan untuk latihan berbicara bahasa Inggris? Anda sulit untuk mendapatkan koneksi internet? Anda sulit mendapatkan English native speakers yang bisa anda jadikan teman untuk latihan berbicara bahasa Inggris? Solusinya adalah “berbicaralah sendiri”. Berbicara sendiri sangatlah mudah. Saya yakin dalam sehari anda pasti mempunyai waktu sendiri. Misalnya dikamar mandi, di kamar tidur, DLL. Gunakan waktu ini untuk latihan berbicara. Tidak perlu berbicara dengan keras, pelan-pelan juga tidak mengapa. Walau hanya sedikit kalimat yang anda ucapkan pada saat anda sendiri, saya yakin itu sangat bermamfaat untuk anda. Minimal kosa kata yang anda punyai akan menjadi aktif dan tidak pasif. Jika kita mengetahui kosa kata bahasa Inggris dan kita tidak bisa menggunakannya dalam berbicara maka bisa dikatakan kosa kata yang anda miliki pasif. Janga malu untuk  berbicara bahasa Inggris walau anda berbicara sendiri.

Hanya inilah saran-saran yang bisa saya berikan untuk teman-teman. Yang jelas jika anda ingin mepunyai kemampuan bahasa Inggris, maka berbicaralah…berbicaralah dengan menggunakan bahasa Inggris. Tahap demi tahap…sedikit demi sedikit…saya yakin akan ada hasilnya. Anda tidak akan mempunyai kemampuan bahasa Inggris yang baik jika anda tidak mau latihan berbicara bahasa Inggris. Camkan hal ini!!! Terima kasih.

Related Post



Posted by: Efendi BBIO Belajar Bahasa Inggris Online, Updated at: 9:50 PM
Monalisa Yoan Nancy said...

terima kasih.. tips ini berguna sebagai referensi saya selaku mahasiswi jurusan pend. bhs inggris..

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bijak! Jika Anda memiliki pertanyaan tentang materi yang telah dijelaskan, silahkah tuliskan pertanyaan dengan jelas. Saya tidak akan menyetujui komentar anda jika komentar anda terdeteksi sebagai spam. Jika anda suka dengan blog ini, jangan lupa share URL blog ini ke FB, Twitter, Wechat, Google + atau media sosial lainnya yang anda miliki. Semoga blog yang sederhana ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Amin.