Monday, January 28, 2013

Relative Pronouns

Efendi jbi | 9:17 PM |
Relative Pronouns
RELATIVE PRONOUNS (Kata Ganti sebagai penghubung dalam Kalimat Majemuk), adalah kata yang digunakan untuk mengganti pronoun dalam kalimat majemuk. Kata yang digunakan sebagai relative pronoun antara lain:

 1. Who
“Who” digunakan untuk mengganti pronoun yang berfungsi sebagai subject atau menggantikan subject orang. Jadi hanya bisa menggantikan subject yang berbentuk orang atau manusia bukan hewan atau lainnya.
Perhatikan contoh di bawah ini:

Lila is a teacher. She has long black hair.

(Lila adalah seorang guru. Dia berambut panjang berwarna hitam.)

Pada contoh di atas terdapat dua kalimat. Pada kalimat ke-2 terdapat  pronoun dan berfungsi sebagai subject yaitu  “she” yang merujuk kepada “Lila”. Sekarang kita bisa menggabungkan kedua kalimat tersebut menjadi satu kalimat dengan menggunakan relative pronoun “who” menjadi:

Lila who has long black hair is a teacher.
Contoh lain:
The boy is my cousin. He won the contest.
Pada contoh di atas terdapat dua kalimat. Yaitu:
The boy is my cousin. (Anak laki-laki itu sepupu saya.)
He won the contest. (Dia memenangkan kontes.)
Pada kalimat ke dua terdapat subject  pronoun “he” yang merujuk pada “the boy”. Kita bisa menggabungkan kedua kalimat tersebut dengan menggunakan “who” yang merujuk atau berhubungan atau menjelaskan subject menjadi:

The boy who won the contest is my cousin./Anak laki-laki yang memenangkan kontes adalah sepupu saya”
2. Whom
Whom adalah relative pronoun yang digunakan untuk menggantikan object yang berbentuk orang atau manusia bukan hewan atau yang lainnya. Di dalam kalimat mempunyai arti “yang”.
Contoh:
The man is sleeping in the bedroom. I hate him.
Pada kalimat kedua yang ada pada contoh di atas terdapat object yaitu “him” yang merujuk kepada “the man”.  Kita bisa menggabungkan kedua kalimat tersebut dengan menggunakan “whom” untuk menggantikan object menjadi:

The man whom I hate is sleeping in the bedroom.
(Laki-laki yang saya benci itu sedang tidur di kamar.)
3. Which
Which berfungsi sebagai relative pronoun yang menggantikan subject dan juga object yang berbentuk kata benda selain manusia. Misalnya benda hidup selain manusia  dan juga benda mati selain manusia, misalnya: kambing, batu, meja, dll. Di dalam kalimat juga mempunyai arti “yang”.

The house is big. It is my house. (Rumah itu besar. Rumah itu adalah rumahku.)

Pada contoh di atas terdapat subject “it” yang merujuk pada “the house”. Kita bisa menggunakan  relative pronoun “which” untuk menggabungkan kedua kalimat tersebut menjadi:

The house which is big is my house.
(Rumah yang besar itu adalah rumahku.)

4. That
That adalah relative pronoun yang berfungsi netral bisa menggantikan “who/which/whom”. Dikarenakan kenetrallannya banyak orang yang suka dan sering menggunakan relative pronoun ini. Saya tidak perlu lagi menjelaskan cara pemakaian “that” ini karena sama dengan cara pemakaian “who/whom/which”.

Contoh dalam kalimat:

The person who phoned me last night is my teacher.
The person that phoned me last night is my teacher.
The car which hit me was yellow.
The car that hit me was yellow.

5. Whose

Whose adalah relative pronoun yang berfungsi mengganti possessive pronoun (kata ganti kepunyaan).

The girl is sleeping. Her mother is my sister. (Anak perempuan itu mengantuk. Ibunya adalah saudara perempuanku.)

Pada contoh kalimat di atas terdapat kata “her” yang merupakan possessive adjective yang merujuk pada “the girl” whose mother? The girl’s mother. Kita bisa mengganti “her” dengan menggunakan “whose” untuk menggabungkan kedua kalimat di atas.

The girl whose mother is my sister is sleepy.
Anak perempuan yang ibunya adalah saudara perempuanku sedang tidur.













Efendijbi
Belajar Bahasa Inggris Online Updated at: 9:17 PM

2 comments:

  1. teima kasih pa,saya seorang karyawan pendidikan ahir sltp,saya ingin bisa dan mengerti bahasa inggris minimal ketika membaca tulisan inggris saya ngerti

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan sopan dan bijak! Jika Anda memiliki pertanyaan tentang materi yang telah dijelaskan, silahkah tuliskan pertanyaan dengan jelas. Saya tidak akan menyetujui komentar anda jika komentar anda terdeteksi sebagai spam. Jika anda suka dengan blog ini, jangan lupa share URL blog ini ke FB, Twitter, BBM. Instagram, Wechat, Google + atau media sosial lainnya yang anda miliki. Semoga blog yang sederhana ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Amin.