Kamis, 18 September 2014

. . . Such . . . That . . .

bahasa inggris online gratis | September 18, 2014 |

Pada materi sebelumnya kita sudah membahas tentang so . . . that, nah sekarang kita akan membahas tentang such . . . that. Sebenarnya arti kata such . . . that tidak berbeda dengan arti kata .so . . .  that, yaitu 'sedemikian  . . .  sehingga'. Mau tau cara pembuatan kalimat dengan menggunakan such . . .  that? Hmmmmmmm kasih tau nggak yaaaaaaa? OK deh.... BBIO lovers bisa lihat rumusnya di bawah ini: :)

 . . .  Such + Noun phrase kombinasi antara noun dan adjective + that + clause


Perhatikan rumus di atas, pada rumus di atas ada kata "noun phrase kombinasi antara noun dan adjective, wah .... sepertinya BBIO lovers pada bingun nih, hehehe upz...tenang 3 X, Saya sudah menjelaskan tentang noun phrase. BBIO lovers bisa baca di:  Noun phrase. Jika BBIO lovers membaca materi noun phrase tersebut, maka akan menemukan cara membuat noun phrase, salah satunya adjective + noun (pada nomor 6) ataupun article + adjective + noun. Contoh: a tall man, an expensive car dan lain sebagainya. Pada kata a tall man= a (article) tall (adjective) man (noun). Ok, sudah paham kan membuat noun phrase pada rumus di atas. Sipppp.

Sekarang perhatikan contoh kalimat yang menggunakan such ... that di bawah ini:

Jim is such a bright student that he can answer all the teacher's questions. ( =Jim adalah seorang siswa yang sedemikian pandai sehingga ia bisa menjawab semua pertanyaan gurunya.)

He is such an intelligent man that no one can argue his statements. (= Ia adalah seorang yang sedemikian cerdas sehingga tak seorangpun bisa membantah pernyataan-pernyataannya.).

Pada contoh di atas ada kata yang saya cetak miring, nah itulah noun phrase pada kalimat tersebut. Untuk kata such ... that yang saya cetak tebal. Ok...semoga bisa paham materi kali ini.... sekarang giliran BBIO lovers yang menambahkan contoh-contoh kalimat dengan menggunakan such .... that. Bisa nggak yaaaaa? hmmmmm saya yakin bisa....CAYO....hehehe. 





Efendijbi
Belajar Bahasa Inggris Online Updated at: September 18, 2014