Sabtu, 25 Juli 2015

Strategi Mencari Main Idea Suatu Paragraf

bahasa inggris online gratis | Juli 25, 2015 | | |
Hello BBIO lovers
Materi sebelumnya sudah dijelaskan tentang main idea suatu paragraf. Jika belum baca bisa baca di sini: Main Idea. Sekarang ada beberapa penjelasan tentang strategi untuk menangkap ide utama suatu paragraf.


Berikut ini langkah-langkah untuk mencari main idea suatu paragraf:

1. Bacalah kalimat pertama paragraf, pahamilah maksud kalimat tersebut, dan rasakanlah apakah kalimat ini the major sentence-nya atau bukan, yakni, kalimat ini mengemukakan hal yang masih umum dan masih memerlukan penjelasan yang lebih rinci. Bila kalimat pertama ini ternyata bukan the major sentence, yang berisi gagasan atau ide utama paragraf, segeralah untuk:

2.  Membaca kalimat terakhir paragraf tersebut. Biasanya sampai pada tahap ini ide utama paragraf sudah diketahui. Jadi, tidaklah perlu membaca seluruh kalimat dalam paragraf. Namun, apabila langkah kedua ini belum juga menunjukan ide utama, beralihlah:

3. Membaca kalimat kedua dari awal paragraf. Apabila ternyata hingga tahap ini ide utama belum tertangkap, segeralah beralih:

4. Membaca kalimat kedua dari akhir paragraf. Apabila sampai langkah ini ide utama belum terungkap, kita perlu:

5. Lari ketengah paragraf untuk mencari the major sentence0nya. Langkah kelima ini amat jarang terjadi dalam sebuha bacaan ilmiah.
Efendijbi
Belajar Bahasa Inggris Online Updated at: Juli 25, 2015