Senin, 30 November 2015

Exercise 48: Simple Past Tense & Simple Present Tense

bahasa inggris online gratis | November 30, 2015 | |

Hello BBIO lovers yang selalu setia membaca blog Belajar Bahasa Inggris Online. Semoga semua dalam keadaan sehat selalu. Lagi pada ngapain? Sedang santai? Kalau saya sedang menunggu waktu pulang kerja.  Ada waktu sekitar 10 menit dan bingung mau ngapain lalu muncul ide membuat soal latihan terbaru. Soal latihan kali ini adalah tentang simple past tense dan simpe present tense.  Jawaban soal-soal ini tidak sulit kok. Tetapi akan sangat sulit jika BBIO lovers belum paham cara membuat kalimat dalam simple present dan simple past tense.


Untuk membedakan kedua tenses ini sangatlah mudah sekali. Jika dari segi maknanya, simple present tense untuk menjelaskan sesuatu atau aktifitas yang kita lakukan secara teratur atau rutinitas. Simple present tense juga dipakai untuk menjelaskan tentang suatu fakta permanent. Misalkan ‘sungai  Batang Hari ada di Jambi (Batang Hari river is in Jambi.)

Jika simple past tense, digunakan untuk menjelaskan suatu kegiatan yang dilakukan pada masa lampau dan tidak ada hubungannya dengan masa sekarang. Dengan kata lain kegiatan sudah selesai. Contoh: saya pergi ke WTC kemarin. (I went to WTC yesterday). Aktifitas go/went dilakukan kemarin/past bukan present.

Jika dari struktur kalimat, berikut ini perbedaannya:

Present                         past
verb 1                       verb 2
is                               was
am                             was
are                            were
do not / does not      did not

Dari data di atas, bisa diketahui bahwa jika kalimat simple present pakai to be is/am/are dan jika simple past tense pakai was/were.  Jika dalam simple present tense pakai kata kerja/verb 1 baik kalimat positif, negative dan pertannyaan. Simple past tense pakai verb 2 dalam kalimat positive dan verb 1 dalam kalimat negative dan pertanyaan.

Contoh:

Simple Present   tense                                     simple past tense
I am smart.                                          I was smart.
She is at home.                                    She was not at home.
She goes to school.                             She went to school.
They do not come.                              They did not come.

Bagiamana? Sepertinya masih bingung. Jika masih bingung, silahkan baca penjelasan yang lebih sederhana di materi sebelumnya. Di bawah ini linknya:


Sekarang kerjakan soal latihan di bawah ini! Jika kalimat dalam soal berbentuk simple present tense rubahlah ke simple past tense begitu juga sebaliknya.

Contoh:

I am in Jakarta.
Jawab:
I was in Jakarta.

Soal ada di bawah ini:


1.      Roy is tall.
2.      They are not at home.
3.      She eats pizza.
4.      They do not play badminton.
5.      He was in my house.
6.      Rina did not play cards.
7.      My mother and my father work in the office.
8.      The boys do not study.
9.      I am in my room.
10.  Andi played  games.

kunci jawaban:
1) Roy was tall. 2) they were not at home. 3) she ate pizza. 4) they did not play badminton. 5) he is in my house. 6) rina does not play cards. 7) my mother and my father worked in the office. 8) the boys did not study. 9) I was in my room. 10) andi plays games.
Efendijbi
Belajar Bahasa Inggris Online Updated at: November 30, 2015