Rabu, 01 Juni 2016

Tips Masuk STAN

bahasa inggris online gratis | Juni 01, 2016 | |

Tips masuk STAN, Sekarang ini siapa sih yang gak kenal dengan STAN atau Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN). Nah PKN STAN ini merupakan perguruan tinggi kedinasan di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementrian Keuangan Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan program diploma bidang keuangan (prodip keuangan), STAN didirikan atas dasar hukum keputusan presiden RI No. 45 Tahun 1974 serta  dengan landasan hukum peraturan menteri keuangan RI No 1/PMK/1977 tanggal 18 februari 1977. 

Selama pendidikan mahasiswa tidak dipungut biaya pendidikan dan tidak diasramakan. Pendidian PKN STAN memakai sistem ikatan dinas sebagaimana ditegaskan kembali dalam keputusan menteri keuangan RI No 289/KMK.014/2004 tanggal 14 juni 2004 tentang ketentuan ikatan dinas bagi mahasiswa program diploma bidang keuangan di lingkungan Departemen Keuangan RI. Nah yang lebih menarik lagi Lulusan PKN STAN akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan ditempatkan di instansi-instansi dalam lingkungan keuangan RI dan instansi-instansi pemerintah lainnya, baik pusat maupun daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Nah bagaimana sih caranya agar bisa masuk STAN, ya spastinya kamu harus lulus tes masuknya. Tes masuknya disebut dengan ujian saringan masuk(USM) STAN. Setiap tahun stan membuka USM untuk menjaring putra putri terbaik di negeri ini untuk menjadi mahasiswa STAN. Dari puluhan ribu dan ratusan ribu peserta USM setiap tahunnya hanya diambil 2-5 % saja. Peluangnya memang sangat sedikit dan tentu persaingan amatlah ketat. Selanjutnya materi yang di ujikan pada USM STAN itu meliputi ujian tertulis, tes kesehatan dan kebugaran dan tes wawancara/psikotes. Nah untuk anda yang ingin masuk STAN tidaklah mudah, pastinya butuh persiapan yang matang untuk mengadapi USMnya dan tes kesehatan dan tes wawancaranya. Untuk itu kami akan share berbagai tips dan trik agar lulus tes masuk STAN. Berikut tips agar lulus tes masuk STAN:

1.      Niat
Niat ini sama dengan saat kita beribadah atau melakukan kegiatan apapun harus diawali dengan niat. Nah untuk dapat lulus tes masuk STAN kita harus punya niat dari hati, bukan hanya coba-coba atau pun hanya ikut-ikutan.

2.      Doa Restu
Selain niat pastinya kita harus minta doa restu orang tua,kalau kamu udah di kasih restu dan di doakan oleh orang tua kamu maka akan memberika lampu hijau untuk lulus tes masuk  STAN.

3.      Belajar dan Berlatih
Setelah dua hal diatas di penuhi maka kita harus rajin belajar dan berlatih soal-soal usm stan. Bisa ikut tryout usm stan dan download soal tahun sebelumnya, karena soal-soal itu masih berhubungan dari tahun ketahun. Untuk  bisa lulus tes masu stan anda harus melewati 3 tahap tes yaitu tes tertulis, tes kebugaran dan tes wawancara. Dan yang paling penting adalah tes tertulis.

4.      Terus cari informasi
Mencari informasi itu jug agak kalah penting. Jika kamu ketinggalan infomasi kapan pembukaan pendaftaran stan  maka gagal lah sudah untuk bisa masuk stan.

Nah tes masuk STAN ini terbagi menjadi tiga disini kami akan berikan tips pertahapan tes masuk STAN agar kalian bisa lulus tes STAN yang begitu sulit dan mengingat persaingan yang sangat ketat.

a.       Ujian Tertulis 

Kemudian setelah semua tips diatas terpenuhi  maka lakukan beberapa pesiapan sebelum ujian 

1)      Pelajari soal-soal USM STAN tahun sebelumnya, karena tipe soal hampir sama yaitu 120 soal TPA dan 60 soal Bahasa inggris.
2)      Pahami bentuk-bentuk soalnya misal dalam TPA kamu bakal ngerjai soal sinonim, deret angka, hitungan. Jika maka, gambar dan sebagainya. Kemudian soal bahasa inggris  ada bentuk structure, reading, error recognition. Carilah kelamahan kamu dibagian mana dan latihanlah kelemahanmu itu, serta tentu saja maksimalkan kelebihanmu pada bagian soal tertentu.
3)      Sering-sering ngerjai soal pakai waktu, buat melatih kecepatan kita ngerjai soal. Sebenarnya soal USM STAN itu gak susah kok, yang bikin susah itu Cuma pesaingmu dan waktu. Karena kamu bakal ngerjai 180 soal dalam waktu 150 menit. Berarti rata-rata kamu kamu ngerjai satu soal 45 detik, jadi singkat banget waktunya.
4)      Sering –sering ikut try out baik to langsung maupun to online. Ini sangat membantu anda untuk melatih mental dan kemampuan sesuai dengan keadaan tes sebenarnya.
5)      Jaga kesehatan. Nah ini yang harus di utamakan karena percuma kalau persiapan kamu sudah matang namun kesehatanmu tidak memadai.
6)      Kemudian atur strategi untuk tes, bisa tentukan target minimal jumlah oal yang harus kamu jawab dengan benar. Karena  di tes ini ada nilai mati yaitu minimal benar 40 soal buat TPA dan 20 soal buat bahasa inggris. Misal target jumlah benar 100 soal buat TPA dan 45 soal buat bahasa inggris. Kalu itu bisa ya pastinya lancar deh.

Nah setelah persiapan selesai kemudian ketika melakukan ujian, di saat ujian dilaksanakan kalian harus memperhatikan beberapa hal berikut:

1)      Periksa kelengkapanmu mulai dai BPU, pensil 2B, penghapus. Selain itu jangan lupa membawa jam tangan untuk melihat waktu tersisa untuk pengerjaan soal
2)      Kemudian kerjakan soal yang kamu anggap mudah dan yakin benar. Hal ini sangat penting, karena bakal untuk menghemat waktu dengan baik. Biasanya kalau ketemu soal yang belum ketemu jawabanya kamu bakal berkutat terus buat nemui jawabannya. Inget masih banyak soal yang harus dikerjakan. Dengan sering latihan sebelumnya kamu akan dengan mensortir soal yang mana lebih dahulu untuk dikerjaan.
3)      Tetap tenang dan jangan panik ketika ketemu dengan saoal yang susah karena ini bisa mengganggu kamu buat ngerjai soal lainnya.
4)      Saat menghadapi soal bacaan. Baca dengan cermat supaya tidak perlu mengulang lagi buat bacanya.
5)      Terakhir apapun hasilnya tetap tawakal dan berdoa.

b.      Tes Kesehatan dan Kebugara

Setelah tes tertulis selesai kemudian akan ada tes kesehatan  dan kebugaran. Tes pertamanya cek kesehatan sepeti tinggi badan, berat badan, cek mata, cek buta warna cek penyakit dan lain-lain. Setelah cek kesehatan lanjut ke tes kebugaran, tesnya terbagi 2 yaitu lari 12 menit dan lari angka 8. Untuk lari 12 menit larinya gak harus cepat kayak orang keserupan cukup tempo sedang dan stabil. Intinya dalam 12 menit itu kalian lari keliling lapangan aja. Usahakan jangan berhenti kalo yang ini latihannya dengan rajin-rajin olahraga sebelumnya. Terus lanjut lari angka 8. nah ini kalian harus bolak balik melewati pembatas dengan membentuk angka 8. Buatlah sebanyak mungkin angka 8 sampai waktu yang diberikan habis.



a.       Tes Wawancara
Setelah dinyatak lulus tes kesehatan dan kebugaran maka tes selanjutnya dalah tes wawancara.pada tes ini  yang ditanyakan hanya hal–hal dasar misalnya nama orang tua, pekerjaan orang tua, pokoknya yang terdapat pada kuisioner yang kita isi dan mungkin juga sedikit menyinggung pengetahhuan kita tentang negara ini khususnya kementrian keuangan . jadi tidak perlu tegang karena tes ini bisanya memakai bahasa indonesia. Nah berikut adalah tips saat wawancara:

1)      Sebelum berangkat tes usahakan sarapan pagi terlebih dahulu, menjaga stamina atau dengan kata lain supaya tidak kelihatan lesu. Selain itu pastikan pakaian yang kalian kenakan sudah rapi atau tidak kusut karena dari sana sudah bisa di lihat kepribadian kita.
2)      Setelah dilakukan pengisian kuisioner, luangkan waktu  untuk pergi kekamar mandi untuk mencuci muka atau merapikan pakaian dan rambut. Nah bagi wanita disarankan agar tidak memakai make up dan assesoris yang berlebihan.
3)      Tunggulah panggilan wawancara dengan tenang dan usahakan berdoa dan masuklah keruangan dengan santai dan tenang.
4)      Selanjutnya setelah sampai didepan pewawancara berjabat tangan seraya mengucapkan salam dan jangan pernah coba-coba langsung duduk sebelum dipersilahkan dan jika teman-teman merasa telah cukup lama berdiri tidak juga dipersilahkan duduk, bicaralah dengan sopan “bu/pak bolehkah saya duduk??, sambil memberikan senyuman manis.
5)      Jawablah pertanyaan-pertanyaan pewawancara dengan singkat padat dan jelas. Jangan pernah menjawab dengan jawaban bertele-tele  atau lain yang ditanya lain juga yang dijawab.
6)      Tunjukkan sikap bersahabat dsaat berwawancara dan tataplah mata pewawancara, yah jangan pas dimata tapi diatas mata di bawah alisnya dengan tatapan bersahabat dan selalu berikan senyuman yang bersahabat. Jangan sekali-kali meloloti pewawancara.
7)      Akhiri wawancara dengan kesan yang baik, jangan lupa sebelum berpisah berjabat tangan dan ucapkan salam disertai dengan senyuman.

Itulah beberapa tips  masuk STAN silakan kalian coba dan semoga anda berhasil menjadi mahasiswa STAN.


Efendijbi
Belajar Bahasa Inggris Online Updated at: Juni 01, 2016