Monday, October 10, 2016

Yuk Belajar Adverb!

Efendi jbi | 6:52 PM |

Halo sahabat semua, masih semangat kan belajar bahasa Inggris kan?.  Masih terlalu dini untuk menyerah belajar bahasa inggris. KENAPA? Karena pertama, bahasa inggris adalah salah satu bahasa internasional, yang artinya kamu bisa gunakan bahasa inggris di Negara manapun. Misalnya, dalam seminar-seminar internasional di berbagai Negara, mereka juga biasanya menggunakan bahasa Inggris. So, bisa dibilang saat ini bahasa inggris adalah bahasa pemersatu orang-orang di dunia. Rugi kan, kalo gak bisa berbahasa Inggris. Dan kedua, dengan bahasa inggris, kamu bakal lebih punya banyak kesempatan untuk belajar, berkarya maupun bekerja. Mau kuliah di luar negeri? Maka bahasa inggris adalah salah satu syarat utamanya. Dengan penguasaan bahasa inggris, kita bisa bebas belajar di luar negeri. Bahkan untuk memenuhi syarat TOEFL dan IELTS, kita juga harus punya modal bahasa inggris. Dan sekarang ini, untuk bekerja di perusahaan-perusahaan besar umumnya mereka meminta calon pegawainya bisa berbahasa inggris. 

Namun banyak yang bilang bahwa belajar bahasa inggris itu sulit, terutama grammar. Well, memang bisa dibilang bahasa inggris punya peraturan grammar yang lebih rumit dan cukup berbeda dengan bahasa Indonesia, terutama saat menggunakan bahasa inggris dalam situasi formal. Tapi jangan khawatir! Karena dengan mempelajari aspek grammar satu per satu, kemudian latihan dan latihan setiap hari, pastinya kamu akan lebih mudah menguasai grammar. Sebagai langkah awal, sebaiknya kamu mengetahui apa saja yang menjadi bagian part of speech. Yaitu verb, adjective, adverb, noun, determiner, pronoun, conjunction, preposition dan interjection. Nah, kali ini kita  akan mengulas salah satu part of speech, yaitu adverb. Cekidot!

Apa itu Adverb?

Adverb diletakkan sebelum atau sesudah verb (kata kerja). Mungkin inilah mengapa dinamakan adverb (adds the verb). Atau dengan kata lain, adverb berfungsi untuk memodifikasi verb. Modifikasi berarti menjelaskan atau menambah informasi tentang verb yang di dekatnya. Misalnya, walk fast berarti berjalan dengan cepat, act bravely berarti bersikap berani.
·         He rides his motorbike slowly because of slippery road / Dia mengendarai motornya pelan-pelan karena jalanan yang licin.
·         I just want to forget yesterday because I met him awakwardly  / Saya ingin melupakan hari kemarin karena aku bertemu dengannya dengan kaku.
·         I told you honestly but you never listened me at least once / Saya menceritakanmu dengan jujur tapi kamu tidak pernah mendengarkanku setidaknya sekali saja.
Kadang, adverb ini seringkali  tertukar-tukar dengan  adjective (kata sifat) yang juga memodifikasi  kata lain. Namun, adjective hanya memodifikasi noun (kata benda) dan pronoun (kata ganti). Misalnya, kalau kita bilang “I rarely buy the expensive books / Saya jarang membeli buku-buku mahal” . dalam kalimat tersebut, rarely yang artinya jarang, bertindak sebagai adverb, sedangkan book (buku) sebagai noun, sedangkan expensive (mahal) adalah adjective.

 Yuk Kenali Adverb

Bagi kamu yang bingung bagaimana caranya membedakan adverb dan adjective, ada dua langkah sederhana. Pertama, lihat kata yang dimodifikasi. Jika kata yang dimodifikasi adalah noun dan pronoun seperti  book, home, phone, man, his book, dan sebagainya, berarti itu merupakan adjective. Ingat! Adjective memodifikasi noun. Namun jika kata yang dimodifikasi adalah kata kerja (verb), maka itu berarti adverb. Adverb memodifikasi verb. Cara kedua, yaitu dengan adanya tren bahwa kata keterangan (adverb) ini berakhiran dengan -ly. Seperti adverb continuously, poorly, early, weekly, dsb. Namun tidak semua kata keterangan berakhiran –ly, seperti always, often, usually, fast. Namun setidaknya, dua langkah itu bisa membantu kamu.
Kalau sudah belajar Adverb, maka langkah selanjutnya adalah latihan sering-sering menggunakan adverb, so lama kelamaan kamu akan terbiasa secara otomatis bisa membedakan adverb dengan adjective dan kata lainnya. Yuk, semangat belajar!
Bagi kamu yang ingin belajar bahasa Inggris super intensive, cepat, dan sampai mahir, maka jawabannya adalah belajar di Kampung Inggris.  Sebuah Kampung yang terletak di kecamatan Pare kabupaten Kediri ini sudah terbukti mencetak ratusan ribu alumni yang mahir dalam berbahasa Inggris. Kampung Inggris Pare saat ini telah menjadi rujukan belajar bahasa Inggris inggris dari seluruh penjuru nusantara bahkan  hingga manca negara seperti Malaysia, brunei, dan Thailand.
Efendijbi
Belajar Bahasa Inggris Online Updated at: 6:52 PM

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bijak! Jika Anda memiliki pertanyaan tentang materi yang telah dijelaskan, silahkah tuliskan pertanyaan dengan jelas. Saya tidak akan menyetujui komentar anda jika komentar anda terdeteksi sebagai spam. Jika anda suka dengan blog ini, jangan lupa share URL blog ini ke FB, Twitter, BBM. Instagram, Wechat, Google + atau media sosial lainnya yang anda miliki. Semoga blog yang sederhana ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Amin.