Saturday, April 1, 2017

Pengertian dan Contoh Topic Sentence

Efendi jbi | 11:16 AM | |

Pengertian Topic Sentence

Kali ini akan dibahas tentang Topic sentence. Topic sentence itu  adalah kalimat yang menyatakan main idea (gagasan utama) dari sebuah  paragraf. Nah, Kalimat ini juga merupakan kalimat yang paling general (umum) di dalam paragraf. Bagaimana? Sudah mengerti? Kalau belum lanjut baca ya.
Hal yang perlu BBIO lovers ketahui bahwa tidak banyak detail di dalam topic sentence, akan tetapi  kalimat ini mampu mengenalkan keseluruhan ide yang ingin dibahas setelahnya di dalam paragraf tersebut.

Lokasi atau letak  Topic Sentence dalam suatu paragraf

Hal yang umum dan sangat sering terjadi, Topic sentence biasanya berada di awal paragraf. Hal ini tentu Ini merupakan cara termudah untuk memastikan bahwa reader (pembaca) memahami topik dari suatu paragraf dan menjadi seperti aturan umum yang baik bagi less experienced writer (penulis yang kurang berpengalaman). Expert writer (penulis ahli) mungkin tidak menempatkan kalimat tersebut sampai tengah atau akhir paragraf, bahkan seringkali mereka menunjukkan topik dari suatu paragraf tanpa menuliskannya ke dalam sebuah topic sentence. Jadi posisi topic sentence dapat berada di awal, tengah, akhir paragraf, atau bahkan tidak ditulis sama sekali. Sudah sedikit paham, kan? Kalau begitu kita lanjut dengan membahasa contoh dati topic sentence itu sendiri. 


Contoh Dari Topic Sentence

Di bawah ini ada contoh sebuah paragraph. Topic sentence dapat ditemukan pada kalimat pertama.

        There are three different types of burns: first, second, and third degree burns. First degree or superficial burns are considered mild compared to other burns. They involve only the top layer of skin (epidermis). Second degree or particial thickness burns affect the top layer of skin and a portion of the lower layer of skin (dermis). Third degree or full thickness burns are the worst burns. These burns destroy the first and second layer of skin and damage deeper tissues.
Artinya:

Ada tiga tipe yang berbeda dari luka bakar: tingkat satu, dua, dan tiga. Luka bakar tingkat satu atau dangkal dianggap ringan dibanding tipe luka bakar yang lain. Mereka melibatkan lapisan paling atas dari kulit (epidermis). Luka bakar tingkat dua atau ketebalan parsial mengenai lapisan kulit teratas dan sebagian lapisan kulit yang lebih rendah (dermis). Luka bakar tingkat tiga atau ketebalan penuh adalah luka bakar yang terburuk. Luka bakar ini menghancurkan lapisan pertama dan kedua kulit dan merusak jaringan-jaringan yang lebih dalam.

Masalah pada Topic Sentence

Masalah pada topic sentence antara lain: terlalu general, terlalu detail, atau berisi lebih dari satu satu topik. BBIO lovers bisa perhatikan table di bawah ini:

Masalah pada Topic Sentence
Contoh Topic Sentence
Terlalu General
Topic sentence memang kalimat yang paling general di dalam suatu paragraf, namun menggunakan kalimat yang terlalu general akan terdengar sangat membosankan.
Caffeine has effects.
(Kafein memiliki pengaruh.)
Revisi:
The caffeine in coffee is responsible for some undesirable side effects.
(Kafein di kopi bertanggungjawab pada beberapa efek samping tidak diinginkan.)
Terlalu Detail
Detail seharusnya muncul pada kalimat-kalimat selanjutnya di dalam paragraf tersebut, jadi topic sentence tidak seharusnya memuat terlalu banyak detail.
Breathing fresh air is good because it can improve your blood pressure and heart rate, which are important get them checked regularly, and because it can boost your imune system.
(Menghirup udara segar bagus karena itu dapat memperbaiki tekanan darah dan denyut jantung, dimana penting untuk dicek secara teratur, dan karena itu meningkatkan sistem kekebalan.)
Revisi:
  1. Breathing fresh air is a good habit for health.
  2. Breathing fresh air is so good for health.
Berisi lebih dari Satu Topik
Paragraf biasanya terdiri dari satu topik, oleh karena itu topic sentence pun hanya membicarakan satu hal.
The media has a big impact on women and their body image, and it affects the way people live.
(Media memiliki dampak yang besar bagi wanita dan citra tubuh mereka dan itu mempengaruhi cara orang hidup.)
Revisi:
  1. The media has a big impact on women and their body image.
  2. The media effects the way people live. (di paragraf berbeda)


Efendijbi
Belajar Bahasa Inggris Online Updated at: 11:16 AM

1 comment:

Berkomentarlah dengan sopan dan bijak! Jika Anda memiliki pertanyaan tentang materi yang telah dijelaskan, silahkah tuliskan pertanyaan dengan jelas. Saya tidak akan menyetujui komentar anda jika komentar anda terdeteksi sebagai spam. Jika anda suka dengan blog ini, jangan lupa share URL blog ini ke FB, Twitter, BBM. Instagram, Wechat, Google + atau media sosial lainnya yang anda miliki. Semoga blog yang sederhana ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Amin.