Friday, November 25, 2011

Article in English

Sering kali kita meremehkan penggunaan artikel, mungkin salah satu  sebabnya adalah karena penggunaan artikel itu sering kali membingungkan. Apalagi sering timbul pertannyaan “perlu gak ya kita memasukan artikel di depan kata benda (noun)?” pada dasarnya artikel berfungsi untuk menunjukkan seberapa khusus atau seberapa umum sebuah kata benda. Ada tiga jenis artikel, yaitu: the, a/an, dan satu lagi adalah yang tidak memiliki article (zero article). Untuk memahami penggunaan artikel tidaklah mudah, Dengan belajar berangsur-angsur dan membacanya berulang-ulang, mudah-mudah kemampuan bahasa Inggris kita berkembang dan dengan mudah kita memahami penggunaan artikel dalam bahasa Inggris.
Berikut ini penjelasan mengenai macam-macam artikel dalam bahasa Inggris;

I. Artikel A dan AN

Dalam bahasa Inggris, artikel A dan AN disebut juga Indefinete Article. Sebagai article, ‘ a ‘ dan ‘ an ‘ bisa berarti sesuatu/sebuah/seekor/seorang dst. Arti dari artikel tersebut tergantung pada kata benda sesudaahnya. 

           an apple   = sebuah apel
a lady      = seorang wanita
a cat       = seekor kucing
a leaf      = sehelai daun, dst.
an hour   = sejam (satu jam)

Penggunaan A dan AN

Perlu diingat bahwa artikel a dan an hanya dapat diikuti oleh singular nouns (benda tunggal), dan tidak boleh diikuti secara langsung oleh uncountable noun (benda yang tidak dapat dihitung).

Contoh: 
 I am looking for a sugar.
 She has a water.
 My father need a salt.

Kita ketahui bahwa sugar, water dan salt adalah uncountable noun,maka kalimat-kalimat di atas salah jika kita meletakkan artikel sebelum kata benda tersebut. Kalimat yang benar adalah: 

I am looking for sugar.
           She has water.
           My brothers need salt.


Telah disebutkan di atas bahwa artikel A dan AN disebut juga Indefinite Article. Indefinite berarti sesuatu yang tidak tentu/sesuatu yang tidak pasti, dengan kata lain masih umum dan belum spesifik.
Contoh: 

            I have a book at home. (saya mempunyai sebuah buku di rumah)

jika anda mengatakan “a book” berarti lawan bicara anda tidak mengetahui buku apa yang anda punya, karena pastinya banyak jenis buku di rumah Anda. Berarti makna yang bisa diambil adalah masih bersifat umum, belum spesifik buku apa dan buku yang mana yang Anda maksud. 

Kesimpulan: 

Article
Meaning (makna)
Pemakaian
A atau An
General idea (bermakna umum dan tidak spesifik)
1. Digunakan ketika benda tersebut ada banyak, dan anda tidak mengetahui benda yang mana yang dimaksud dan tentunya benda yg dimaksud tersebut hanya satu/tunggal tetapi anda tidak mengetahui yang mana benda tersebut.

Contoh: Andy will bring a book tomorrow (Andy akan membawa sebuah buku besok). Pada contoh ini kita mengetahui bahwa Andy akan membawa sebuah buku, dan kita tidak mengetahu sebuah buku yang mana yang akan dia bawa.

2. Digunakan ketika benda tersebut banyak (ada banyak benda) dan anda tidak peduli benda yang mana yang anda maksud. (hehe agak bingung ya.. perhatikan contoh di bawah ini untuk memahaminya!)

Contoh: An Artist must have good behavior. (Seorang artis harus mempunya tingkah laku yang baik).

Pada contoh ini kita hanya menyebutkan “an artist” berarti hanya “satu artis”, dan kita ketahui di dunia ini ada banyak artis, dan anda hanya menyebutkan “an artist” karena anda tidak peduli artis yang mana yang anda maksud. Kembali lagi ke makna artikelnya yang tidak spesifik atau masih general (umum).



2. Perbedaan pemakain A dan AN
A dan AN
AN
AN  digunakan di depan kata benda tunggal yang dimulai dengan huruf/bunyi vocal (a,i,u,e,o)
A
A digunakan di depan kata benda tunggal yang dimulai dengan huruf atau bunyi konsonan.
Hati-hati dengan kata benda tunggal yang dimulai dengan huruh “H” dan  “U”

Penjelasan;

A digunakan di depan kata-kata yang dimulai dan berbunyi huruf konsonan, seperti b, c, d, g, p,dst.
Contoh:  a book, a chair, a table.

An digunakan di depan kata-kata yang dimulai dengan huruf/bunyi vokal seperti a, e, i, o, atau u. Misalnya: an apple, an orange, an egg,  an umbrella. 

An juga bisa digunakan di depan kata-kata yang dimulai dengan huruf “h” tetapi huruf “h” tersebut berbunyi “a” misalnya : kata “hour, honest dll” jadi kita tidak boleh membuat “a hour” tetapi “an hour” yang artinya “sejam”, “an honest man” bukan  “a honest man” yang artinya “seorang laki-laki yang jujur”.

Selain “h”, “u” juga perlu diperhatikan, walau huruf pertama dari kata tersebut “u” tetapi tidak selalu menggunakan artikel “an”. Jika “u” pada kata tersbut tidak berbunyi vocal melainkan konsonan maka artikelnya adalah “a”. 

Contoh: “a university” bukan  “an university”

Karena “u” pada kata tersebut berbunyi “Ju:” berbeda dengan “umbrella” yang berbunyi “^m’brelÉ™” oleh karena itu kita harus menggunakan “an” yaitu mennjadi “an umbrella”.

II. Artikel THE

Artikel THE dalam bahasa Inggris disebut juga DEFINITE Article. Definite berarti pasti/tentu/jelas. Artikel ini digunakan untuk sesuatu yang khusus atau spesifik.

Contoh: open the door!
            Cut the cake!
            I love the girl.

Pada contoh kalimat di atas, artikel THE menunjukan bahwa benda itu spesifik, baik pembicara dan lawan bicara sudah mengetahui benda yang dimaksud. Jika mengatakan “close the door!” berarti pembicara dan lawan bicara sudah mengetahui pintu yang mana yang harus ditutup. “cut the cake!” berarti sudah mengetahui kue mana yang harus dipotong. 

Catatan: Artikel THE juga bisa diletakan  sebelum kata benda jamak (Plural nouns), misalnya: The students, the books, the cars. 

III. Zero Article

Zero article umum digunakan apabila sesuatu tidak bisa dibedakan apakah termasuk definit (pasti) atau indefinit (tidak tentu), dengan kata lain zero artikel adalah peniadaan artikel sebelum kata benda tersebut.
Zero article digunakan di depan kata benda jamak yang dapat dihitung. Misalnya:
  • I like monkeys. I like a monkeys.
  • Stars are beautiful. A stars are beautiful.
Zero article digunakan di depan kata benda tunggal yang tidak dapat dihitung. Misalnya:
  • I like juice. I like a juice
  • English is fun. The English is fun
Zero article digunakan di depan kata benda khusus/diri (proper noun). Misalnya:
  • My name is Tom. My name is a Tom.
  • I Live in Indonesia. I Live in a Indonesia.
Selesai sudah penjelasan mengenai artikel, semoga bermamfaat. Jika teman-teman suka akan materi-materi yang telah saya sampaikan, bisa follow blog ini, cara paling gampang adalah lewat FB sehingga semua materi-materi yang baru bisa anda ketahui karena terlampir pada beranda facebook anda. Selamat belajar…good luck.






56 comments:

  1. boleh tidak jika kita memakai 2 artkel sekaligus, misalnya 'the an apple"?

    ReplyDelete
  2. bisa tidak jika kita menggunakan dua artikel sekaligus, misalnya "the an apple"?

    ReplyDelete
    Replies
    1. trs yg bener mana the apple atau an apple atau dua-duanya bener??

      Delete
    2. Dua-duanya bener. jika pakai "the" berarti sudah spesifik apel yg mana yang dimaksud dari sekian banyak apel, jika pakai an apple juga bener dan karena pakai "an" berarti belum spesifik akan tetapi hanya menyatakan apelnya hanya 1, dan blum jelas apel yang mana.

      Delete
  3. mengapa article an bisa digunakan untuk hour, sedangkan biasanya itu digunakan untuk benda yg awalan katanya berhuruf vokal.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tolak ukurnya bukan hanya hurufnya saja, tetapi sound atau suara ketika kita melafazkan kata itu. kata "hour" wlau huruf awal kata tersebut "h" yg merupakan huruf konsonan akan tetapi jika dilafazkan kata "hour' bursuara vokal "a" jadi pakai "an" sama dengan honest, conth: an honest man, bukan a honest man, karena kata "honest" jika dilafazkan bersuara "vokal" pada sylabbel pertamanyaa. conth lain "university" ini pasangannya "a" bukan "an" walau ia dimulai dengan hrup "u" yg merupakan huruf hidup/vokal, akan tetapi jika di lafazkan kata tersebut sersuara "ju" dan ini merukan sound konsonan "j" oleh karena itu "a university" bukan "an university". Jadi tolak ukurnya adalah soundnya bukan hanya hruf awal pada kata tersebut.

      Delete
    2. oooo, macam tu. makasih banyak ya....

      Delete
    3. untuk bagian an dan a memang sulit yaa min, berarti kita juga harus tahu dong ya cara pelafalan (biasanya ada dikamus juga) dari kata tersebut sebelum menentukan penggunaan a/an-nya yaa,

      Delete
  4. GAn Posting Tentang Eleptical sentence YAq...Please

    ReplyDelete
  5. kenapa tidak bisa di copy?

    ReplyDelete
  6. definite articlenya ada yang kurang seperti aturan pengunaan nama keluarga, negara, jalan dll ^^V

    ReplyDelete
  7. benar - benar sangat bermanfaat,... makasihh gannn,..

    ReplyDelete
  8. mf pak guru, yang sya mau tnya emang tnaggapan orang2 inggris dsna gmna sih, klo seandainya ada orang yg mengatakan "an lady" yg seharusnya "a lady". apa mreka akan bingung / tetap paham maksud yg dikatakan? dan seandainya mrka pham apa sih pandangan mereka kpda orang yg mengucapkan "an lady"
    apa mreka langsung ktawa yahhh?? apa hnya kurang enak didengar / terdengar sprti otodidak gituhh??
    tolong dijawab pak guru, saya beneran pengen tau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mereka tidak akan mentertawakan kita jika kita membuat kesalahan seperti yang kamu jelaskan di atas. Mereka juga akan mengerti dan paham maksud kata itu walau kita salah menggunakan atau menempatkan a/an...karena artinya sama.
      Yang jelas mereka akan menganggap kita masih dalam proses belajar..jadi mereka akan memakluminya....bahkan kemungkinan mereka akan mengoreksi atau memperingatkan kita langsung atas kesalahan kita itu "misalhnya: use "a" not "an"' .
      Berbeda jika kita salah mengucapkan kata-kata bahasa Inggris...mungkin mereka perlu usaha ekstra untuk memahami apa yang kita katakan jika kita melalukan kesalahan dalam pengucapan kata bahasa Inggris.
      Beginilah bahasa Inggris..banyak hal yang harus dipelajari...sama dengan bahasa-bahasa yang lain misalnya bahasa arab, jepang, mandarin, dll. Yang jelas kita tidak boleh putus asa dalam mempelajarinya... dari manapun sumbernya kita belajar, dimanapun tempatnya... baik di rumah, di kursus, di internet...kita harus sungguh-sungguh...saya yakin akan membuahkan hasil... Mari belajar sampai BISA

      Delete
    2. ok, mksih pak guru. detail bnget jawabnya ,sangat membantu,..

      Delete
  9. mf pak guru,. mohon pencerahannya
    kalau untuk uncountable noun yang belum jelas/spesifik (indefinite), penggunaan article nya gimana? misal

    "saya mencari/membutuhkan sebuah kebahagiaan"

    apa kita tetap menggunakan zero article?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk benda yang tidak bisa dihitung tidak boleh memakai article a/an...tapi bisa memakai article "the"...atau zero article jg tidak mengapa..misalnya: I need the happiness." jika status benda itu uncountable noun tidak boleh pakai a/an karena a/an khusus untuk countable noun.....

      Delete
    2. ohhh,... jadi "I need the happiness" = "I need happiness" okk,.. paham , thanks pak guru

      Delete
  10. mf pak guru, mohon pencerahannya.
    bagaimana dengan kalimat / pernyataan ini
    "I'm not the one to blame" apakah ini termasuk penggunaan article "the" yg benar?,.. mohon di jawab.

    ReplyDelete
  11. kenapa sih di Indonesia (atau mungkin negara lain) kita belajarnya bahasa inggris US , bukan bahasa Inggris UK. sedangkan bahasa Inggris asalnya dari Inggris UK.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung orangnya masing2... setiap orang mungkin punya jawaban yang berbeda...

      Delete
  12. min di zero articlekan ada contoh "stars are beautiful" kalo di ganti "the stars are beautiful " bener ga min? mohon di jawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf min saya mw ngelanjutin soal kata "are" di kalimat "stars are beautiful"
      Apa alasan admin membnerkan kata are nya.. mohon d jawabb ya min thanks before :)

      Delete
  13. Min mau nanya nih.klo tidak usah menggunakan article blh gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika kata bendanya tunggal maka harus memakai artikel a/an/the. Jika tidak memakai artikel juga bisa memakai kata 'one'. Jika kata bendanya jamak maka tidak boleh memakai artikel a/an (karena artikel ini khusus benda tunggal) akan tetapi boleh memakai 'the'. Terima kasih.

      Delete
  14. gan mksih ats ilmu nya jdiseneng nih bljr bhsa inggris

    ReplyDelete
  15. huruf konsonan/huruf hidup:A,I,U,E,O memakai artikel an contoh:an astronout,an orange
    huruf vokal/huruf mati:B,C,D,F,G,H,Dst memakai a contoh:a dog,a cow,a police man
    betul,bukan kk????jika salah tolong penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya...tetapi lebih tepatnya sound atau suara bunyi pelafalannya vokal, jadi bukan kaerna hurufnya saja...faktor utamanya adalah suara bunyi huruf itu vokal maka 'an'. Bisa dibaca ulang penjelasannya di atas. Karena ada beberapa kata benda walau hurupnya konsonan ttapi memakai 'an' karena berbunyi vokal. Misalnya 'hour' menjadi 'an hour' karena 'h' pada kata 'hour' bersuara 'a'. Silahkan baca kembali penjelasan di atas...terima kasih.:)

      Delete
  16. ENGLISH IS FUN..
    GOD WILLING,I MUST STUDY HURD. SO THAT, I CAN SPEAK ENGLISH...AMIN..HEHHEHEH
    THANKS ADMIN FOR YOUR INFORMATION....

    ReplyDelete
  17. kak numpang belajar yaa, blognya bermanfaat banget :D
    sukses terus ya kak!

    ReplyDelete
  18. risman muhamad azzam5:29 PM, July 12, 2013

    sangat bermanfaat sekali..
    tapi saya mau tanya...
    bagai mana cara mengetahui kata yang di awali huruf "H" berbunyi"A"
    dan"U" berbunyi konsonan..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dengan cara menjadikan kamu menjadi referensinya. Cek cara pengucapan setiap kata di kamus bahasa Inggris Anda.

      Delete
  19. sangat detail sekali penjelasan materinya kak,...!

    makasih ya kak karena membuat semangat belajar b.inggris saya bangkit lagi,...& blog kkak ini sangat bermanfaat bagi orang" yg pingin bisa b.inggris.

    ReplyDelete
  20. Cat bought an apple from the store before he he gave the apple to his brother, Dough.

    ReplyDelete
  21. he has not a money ni kalimat bener gha miss

    ReplyDelete
  22. thank u..
    ini pake english apa? US or UK?
    n sumbernya bener kan? ga beda dengan yg lain?

    ReplyDelete
  23. Gan mau tnya, klo kita nunjukin barang misalnya pensil yg bener " this is pensil" atau " this is a pensil?" Mohon penjelasannya :)

    ReplyDelete
  24. jazakumullahu khoero jaza ya akhi..

    ReplyDelete
  25. jazakumullahu khoero jaza ya ahkhi....

    ReplyDelete
  26. Min bahasa inggrisnya "itu adalah sebuah pensil saya" bener g kayak gini "this is the my pencil"

    ReplyDelete
  27. The English is fun. kenapa dianggap salah min?

    ReplyDelete