. Tips Agar Anak-Anak Suka Belajar Bahasa Inggris –>.

Tips Agar Anak-Anak Suka Belajar Bahasa Inggris

Efendi BBIO | 11:49 PM |

Apa kabar teman-teman belajar bahasa Inggris online? Semoga semua baik-baik saja. Amin. Beberapa teman belajar bahasa Inggris online menanyakan kepada saya mengenai tips agar anak-anak suka belajar bahasa Inggris. Saya akan mencoba menjawab pertanyaan ini dari dua sisi, yaitu dari sisi guru dan dari sisi keluarga anak itu sendiri.

* Dari sisi keluarga
Kita ketahui bahwa selain di sekolah, waktu yang dimiliki  anak-anak paling banyak dihabiskan di rumah bersama orang-orang terdekatnya, terutama bersama kedua orang tuanya. Pada masa kanak-kanak, mereka akan cendrung menyukai bermain dari pada belajar sehingga agak sulit untuk menimbulkan rasa suka pada diri anak tersebut terhadap bahasa Inggris. Akan tetapi ada banyak cara yang dapat ditempuh agar anak-anak suka dengan bahasa resmi internasional ini. Cara-cara tersebut antara lain:
1. Buatlah anak untuk suka mendengarkan dongeng-dongeng atau cerita-cerita yang menarik dan sederhana. Penyampaian cerita bisa disampaikan dengan bahasa Indonesia terlebih dahulu, setelah itu secara berangsur-angsur baru diceritakan dengan menggunakan bahasa Inggris kemudian diterjemahkan. Tips ini akan sangat sangat gampang dilakukan jika orang tua anak dapat berbahasa Inggris dan sebaliknya akan sangat sulit dilakukan jika orang tua anak tersebut sama sekali tidak bisa berbahasa Inggris. Tetapi jangan kuatir, masih banyak tips yang lainnya.
2. Sejak kecil, biasakan membelikan mereka VCD/DVD yang berbau bahasa Inggris. Anak-anak paling suka nonton film kartun, alangkah baiknya membelikan film kartun yang menggunakan bahasa Inggris. Pilihlah film kartun yang menggunakan lagu-lagu bahasa Inggris yang menarik, karena anak-anak cendrung suka terhadap lagu anak-anak yang sederhana dan menarik.
3. Mencegah anak-anak untuk menonton sinetron atau film-film yang terlalu banyak iklannya terutama pada channel  televisi Indonesia. Akan lebih baik jika berlangganan sebuah TV satelit, dan harus berlangganan program anak-anak, seperti channel-channel khusus film karton yang berbahasa Inggris. (Lagi-lagi ini tips yang tidak semua orang tua bisa melakukannya, dan beruntunglah untuk anak-anak yang berasal dari keluarga mampu).
4. Membelikan buku cerita bergambar bahasa Inggris. Anak-anak sangat suka dengan buku-buku cerita yang mempunyai gambar-gambar yang sangat bagus dan menarik.
5. Sebagai mana dijelaskan sebelumnya, anak-anak cendrung suka bermain, oleh karena itu alangkah baiknya jika diberikan permainan yang berbau bahasa Inggris, misalnya  Puzzle yang berbahasa Inggris dan games lainnya.
Tingkat kecerdasan setiap anak itu berbeda-beda, ada anak yang tingkat kecerdasannya tinggi, akan tetapi hal ini akan sia-sia jika orang tua tidak bisa menciptakan suasana yang kondusip untuk medukung bakat anak tersebut, begitu juga dengan bahasa Inggris, jika anak tersebut sangat gampang menerima pelajaran bahasa Inggris di sekolah, tetapi jika suasana di lingkungan rumahnya tidak mendukung, maka bakat tersebut sangat sulit untuk berkembang. Kita bisa menciptakan suasana yang mendukung minat dan bakat anak terhadap bahasa Inggris dengan melakukan tips di atas.

* Dari sisi Guru
Rasa senang siswa terhadap suatu mata palajaran, tidak terlepas dari cara guru mengajarkannya, mulai dari metode mengajar, dan juga alat bantu yang digunakan.  Dijelaskan di atas, Anak-anak lebih cendrung suka untuk bermain dari pada belajar. Oleh karena itu metode yang baik dilakukan adalah bermain sambil belajar, seperti dengan menggunakan lagu/musik dan games.
Dengan lagu-lagu, kita bisa membuat anak  didik terus atkip dalam proses pembelajaran dan bisa menghilangkan kejenuhan anak-anak. Kita bisa menggunakan alat bantu yang berbentuk audio. Dengan bernyanyi, anak-anak bisa langsung belajar speaking yaitu dengan mengulangi lagu-lagu tersebut, dan juga listening. Games sangat disukai oleh anak-anak. Banyak games yang bisa diberikan kepada mereka.
Inilah tips yang dapat saya berikan, yang jelas tips ini  belum sempurna, mungkin banyak diantara teman-teman yang mempunyai tips yang lebih menarik. Teman-teman bisa menambahkan dengan memberikan komentar pada artikel sederhana ini dan terima kasih.

Related Post



Posted by: Efendi BBIO Belajar Bahasa Inggris Online, Updated at: 11:49 PM
Mustofa said...

THANKS for posting a good article.....I like it. keep on posting your usable articles..friend

Belajar bahasa Inggris online gratis said...

you're welcome.

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bijak! Jika Anda memiliki pertanyaan tentang materi yang telah dijelaskan, silahkah tuliskan pertanyaan dengan jelas. Saya tidak akan menyetujui komentar anda jika komentar anda terdeteksi sebagai spam. Jika anda suka dengan blog ini, jangan lupa share URL blog ini ke FB, Twitter, Wechat, Google + atau media sosial lainnya yang anda miliki. Semoga blog yang sederhana ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Amin.