Tuesday, May 1, 2012

Cara Mengatur Waktu Belajar Yang Menyenangkan


Belajar adalah suatu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap orang, terutama oleh para pelajar. Hal ini merupakan usaha untuk memperoleh serapan ilmu yang maksimal. Agar sistem penyerapan ilmu menjadi maksimal belajar sebaiknya jangan hanya dilakukan di sekolah saja. Tapi, perlu dilakukan di rumah. Di rumah belajar itu bisa sangat termanajemen dengan adanya pengawasan dari orang tua. Akan tetapi tidak semua orang beruntung dalam hal ini. Banyak para pelajar yang mempunyai orang tua yang super sibuk sehingga tidak sempat lagi mengawasi anak-anaknya untuk belajar.

Dalam kasus ini, kemandirian anak sangatlah diperlukan. Tanpa adanya kontrol dari orang tua, hendaknya pelajar tersebut dapat menggunakan waktunya dengan baik, dapat mengatur waktu dengan maksimal. Sehingga tidak dihabiskan hanya dengan bermain. Berikut ini cara-cara untuk mengatur waktu sehingga waktu belajar dapat terkoordinir dengan baik.
·        Membuat daftar "Kerjaan". Tulislah hal-hal yang harus kamu kerjakan, kemudian putuskan apa yang dikerjakan sekarang, apa yang dikerjakan nanti, apa yang dikerjakan orang lain, dan apa yang bisa ditunda dulu pengerjaannya.
·        Membuat jadwal harian/mingguan. Catat janji temu, kelas dan pertemuan pada buku/tabel kronologis. Selalu mengetahui jadwal selama sehari, dan selalu pergi tidur dengan mengetahui kamu sudah siap untuk menyambut besok.
·        Merencanakan jadwal yang lebih panjang. Gunakan jadwal bulanan sehingga kamu selalu bisa merencanakan kegiatanmu lebih dulu. Jadwal ini juga bisa mengingatkanmu untuk membuat waktu luangmu dengan lebih nyaman.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat rencana belajar yang efektif:
  • Beri waktu yang cukup untuk tidur, makan dan kegiatan hiburan.
  • Prioritaskan tugas-tugas.
  • Luangkan waktu untuk diskusi atau mengulang bahan sebelum kelas.
  • Atur waktu untuk mengulang langsung bahan pelajaran setelah kelas. Ingatlah bahwa kemungkinan terbesar untuk lupa terjadi dalam waktu 24 jam tanpa review.
  • Jadwalkan waktu 50 menit untuk setiap sesi belajar.
  • Pilih tempat yang nyaman (tidak mengganggu konsentrasi) untuk belajar.
  • Rencanakan juga "deadline".
  • Jadwalkan waktu belajarmu sebanyak mungkin pada pagi/siang/sore hari.
  • Jadwalkan review bahan pelajaran mingguan.
  • Hati-hati, jangan sampai diperbudak oleh jadwalmu sendiri!
Menerut para ahli, waktu yang efektif untuk para pelajar menyerap ilmu adalah 3-10 menit. Jika kita perhatikan realita yang ada, pendapat para ahli ini ada benarnya juga. Saya pribadi jika belajar terlalu lama, yang ada hanya pusing, capek, dan lain-lain. Dikarenakan hal itu ilmu yang masuk hanyalah sedikit dan terkadang tidak bertahan lama di otak atau cepat lupanya. Heee.
Bila sesuai pendapat para ahli tersebut, berikut ini contoh rencana belajar yang efektif:
1.      Belajarlah dengan rutin setiap hari tetapi dengan frekuensi waktu yang tidak telalalu lama. Banyak pelajar malas belajar setiap hari dan waktu belajar favorit mereka adalah ketika ingin ujian saja. Mereka mulai mengobrak abrik buku catatan mereka yang begitu banyak. Perlu diketahui hal ini tidaklah baik karena kapasitas otak kita terbatas dan tidak mampu menampung materi pelajaran yang menumpuk dalam satu hari itu saja.
2.      Atur waktu belajar anda sektia 5-10 menit saja. Misalnya: setelah pulang sekolah, makan siang kemudian istirahat. Setelah istirahat luangkan waktu 5 atau 10 menit membaca buku atau mempelajari materi yang ingin anda pelajari. Setelah magrib/isya luangkan waktu 5 atau 10 menit untuk belajar lagi kemudian tidur. Bangun pagi untuk sholat subuh bagi yang muslim, kemudian setelah itu luangkan waktu 5-10 untuk belajar. (ini hanya contoh dari saya, jika waktu belajar anda bisa anda atur sesuka anda akan tetapi sesuai pendapat para ahli diatas, aturlah waktu belajar yang tidak terlalu lama tetapi dengan frekuensi sering atau beberapa kali dalam sehari.)
3.      Dahulukan pelajaran yang dianggap sulit. Jadi dalam satu hari anda bisa belajar bukan hanya satu mata pelajaran saja. Misalnya setelah istirahat siang belajar Bahasa Inggris, setelah magrib/isya belajar MTK, setelah subuh belajar Kimia atau menggerjakan PR sekolah.
Inilah tips cara mengatur waktu belajar yang efektif. Semoga dengan ini belajar bukan lagi suatu hal yang sulit dan membebankan bagi kita semua apalagi sebagai siksaan. Dengan ini semoga belajar menjadi kegiatan yang menyenangkan. Semgoa teman belajar bahasa Inggris online menyukainya dan  bermamfaat untuk kita semua. Terima kasih.




20 comments:

  1. makasih kunjungan dan commentnya di Easy Daily English.
    Juga terima kasih sarannya. Cuman sayanya kurang fokus di blog saya yang ini. Hehe...

    ReplyDelete
  2. Makasihh Mudahan bisa di manfaat kan kata-kata mu ini guys

    ReplyDelete
  3. walah2 tapi cara atur sndiri gih mana-mana kita bs saja, ala bisa krn biasa. sy usahakn dngn jdwl sndiri

    ReplyDelete
  4. makasih infonya...
    sangat membantuku nih :)

    ReplyDelete
  5. Makasih untuk tips-tipsnya,,, akan ku coba,, semoga aku bisa lebih mencintai belajar,,,

    ReplyDelete
  6. waaa !! makasih banget infonya, semoga bermanfaat. amiin :)

    ReplyDelete
  7. thank's for the tips,because of your tips I can manage my time well,and now I will not be confused anymore to do my job.......

    ReplyDelete
  8. Makasih infonya..:) bermanfaat banget..

    ReplyDelete
  9. yayaya memang tidak mudah.

    ReplyDelete
  10. tolong di review kalau belajar siang b.ing, sore mtk,dan subuh ynag lain itu tidak produktif tapi cobalah 3x1(3 kali mengulang 1 pelajaran) bukan 1x3 (1 kali belajar 3 mata pelajaran) semoga bermanfaat. salam education dari seorang guru

    ReplyDelete
  11. makasih infonya gan ..
    semoga bermanfaat ..

    ReplyDelete
  12. he....bagaimna cara mngaturnya klw kita ada d pondok & jadwal nya padat istirahatnya hanya pd jam 1-3 siang dan jam 11 malam-3 pagi

    ReplyDelete
  13. Mkasih infox, semoga sy bisa menjadi siswa yg berprestasi lagi ^_^

    ReplyDelete
  14. thankyou info.y bermanfaat banget :)

    ReplyDelete