Friday, May 4, 2012

Mengajarkan Bahasa Inggris Kepada Anak Usia Dini

Pada zaman sekarang ini bahasa Inggris tidak boleh dipandang sebelah mata. Dikarenakan  begitu pentingnya bahasa Inggris, banyak orang tua yang ingin mengajarkan anaknya belajar bahasa Inggris sejak usia dini. Memang tidak gampang untuk mengajarkan anak usia dini, bukan hanya bahasa Inggris saja, akan tetapi hal-hal lainnya. Dalam mengajarkan bahasa Inggris kepada anak usia dini tentu mempunyai cara yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan remaja atau dewasa. Pada usia dini, anak-anak hanyalah bisa diajarkan pondasi-pondasinya saja dan mereka diajarkan dengan cara yang mereka ketahui yaitu bermain, akan tetapi bukan sekedar bermain. Bermain di sini adalah bermain yang diarahkan. Melalui bermain yang diarahkan, anak-anak tersebut bisa belajar banyak hal. Perlu kita ketahui bahwa pada saat bermain, keadaaan otak anak sedang tenang karena ia merasa senang dan ceria. Bila keadaan otak anak dalam keadaan tenang tentu saja ilmu bisa masuk dan tertanam dengan mudah dan baik. 


Telah saya jelaskan di atas bahwa, anak usia dini lebih baik diajarkan pondasi-pondasinya saja. Begitupula dalam mengajarkan bahasa Inggris kepada anak usia dini. Yang kita anjarkan yaitu hal-hal yang sangat dasar dahulu, misalnya hurup-hurup abjad bahasa Inggris, angka, warna, dan juga bisa percakapan-percakapan yang simple dan mudah. 
Peran aktif orang tua sangat lah diperlukan dengan kata lain orang tuapun dituntut untuk mengetahui hal-hal dasar dalam bahasa Inggris itu. Caranya tidaklah sulit, anda bisa membeli buku-buku tentang hurup-hurup abjad bahasa Inggris, warna, dan juga percakapan yang sederhana. 
Bagi orang tua yang mempunyai banyak uang bisa memasukan anak-anaknya ke lembaga-lembaga pendidikan anak usia dini. Hal ini sangatlah baik dan membantu. Akan tetapi alangkah baiknya jika dirumah orang tuapun bisa melakukan hal yang sama karena waktu anak pasti banyak dihabiskan bersama orang tua mereka, dan saya yakin mereka lebih sering bermain bersama orang tua mereka. Gunakan saat-saat itu untuk mendidik anak anda dan memperkenalkan bahasa Inggris kepada anak anda. Berikut ini beberapa tips atau cara-cara yang mudah-mudahan bermamfaat dan berguna untuk anda dan anak anda.

a)      Biasakan berkomunikasi dengan bahasa Inggris
“Bisa karena biasa”, hal ini perlu selalu dingat oleh orang tua yang ingin mengajarkan anaknya bahasa Inggris sejak dini. Orang tua harus meluagkan waktunya untuk berkomunikasi dengan buah hatinya dalam bahasa Inggris. Jangan takut untuk melakukan langkah ini walau anda sebagai orang tua tidak mengetahui atau tidak bisa bahasa Inggris. Solusinya adalah, anda harus tega untuk membeli buku-buku contoh percakapan sederhana dalam bahasa Inggris. Saya sarankan yang ada kasetnya sehingga bisa langsung mendengarkan cara mengucapkan kalimat tersebut. Walau hanya percakapan simple misalnya: How are you?, Are you happy? Are you hungry? Good morning, what is your name? akan tetapi bila diperkenalkan sejak anak anda kecil maka akan meberikan efek yang luar biasa, minimal dia bisa suka terhadap bahasa Inggris. Orang tua akan sangat bangga sekali bila anaknya yang berusia 2,3,4, atau 5 tahun sudah bisa menanyakan nama orang lain dengan menggunakan bahasa Inggris. Ini merupakan kebahagian tersendiri yang akan dirasakan orang tua si anak.
b)  Jika ingin membelikan mainan untuk anaknya, belikanlah mainan yang ada embel-embel bahasa Inggrisnya atau yang menggunakan bahasa Inggris.
c)   Ajari anak anda kosa kata bahasa Inggris sejak dini. Hal ini memang menuntut orang tua si anak untuk mengetahui lebih dahulu kosa kata yang akan diajarkan. Misalnya disaat dia haus, maka anda beri anak anda susu dan katakan dalam bahasa Inggris “milk”. Bila anak anda mempunyai mainan pesawat, di saat dia main, anda pegang sebentar pesawat itu, dan katakana “plane”. Bila hal ini sering anda lakukan maka anak anda akan terbiasa mendengar kata itu dan mengetahui artinya. Tentu anak anda akan mempunyai kelebihan kosa kata bahasa Inggris dibandingkan anak lainnya. Minimal anda harus sudah mengenalkan hurup abjad bahasa Inggris sejak anak anda berusia dini.
d)    Bila anak anda suka nonton kartun, carilah film kartun yang mengugunakan bahasa Inggris. Film yang lucu dan dengan gambar-gambar yang menarik pasti disukai anak-anak.
e)    Anda punya komputer di rumah? Bila punya, mamfaatkan computer anda dengan mengajarkan anak anda komputer. Pastinya begitu banyak kata-kata atau menu-menu dalam komputer anda yang menggunakan bahasa Inggris. Ajarilah dan jelaskan arti kata itu. Misalnya “save” untuk menyimpan dan anak anda akan tau bahwa “save” mempunyai arti “menyimpan. Memang banyak orang tua yang enggan mengajarkan anaknya computer sejak usian dini, akan tetapi banyak anak usia dini yang suka denga computer. Mereka sudah suka menekan-nekan keyboard dan lain sebagainya. Bila anda ingin mematikan Komputer tunjukan kepada anak anda dengan melafalakan kata “turn off” dan usahakan anak anda untuk bisa mengulangi perkataan anda.

Sekian dulu tips mengajarkan bahasa Inggris kepada anak usia dini, semoga bermamfaat. Yang jelas peran aktif orang tua sangat diperlukan. Gunakan waktu bermain anda bersama anak-anak anda dengan bermain yang diarahkan. Bila ingin mengajarkan bahasa Inggris, maka arahkanlah kebahasa Inggris sesuai penjelasan di atas. Terima kasih.

4 comments:

  1. TRIMS folow me www.duniaaanak.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. BAGAIMANA MENGAJARKAN ANAK BAHASA INGGRIS YANG SUDAH TERLANJUR BERUMUR 10 TH? DAN SEPERTINYA ANAK SAYA TIDAK BEGITU TERTARIK DENGAN BAHASA INGGRIS

    ReplyDelete
    Replies
    1. menimbulkan rasa suka kepada anak terhadap bahasa ingris memang agak sulit apalagi dia memang sudah mempunyai perasaan tidak suka. Saran saya..coba dimasukan ke lembaga kursus di daerah anda...beri pengertian bahwa disana akan ada banyak teman DLL... jika tidak bersedia..coba cari guru private yang bisa mengajarkan bahasa inggris dengan cara yang fun...asyik...dan menarik...sebelum menerima guru private tersebut konsultasikan kepadanya bahwa anak anda kurang suka bahasa inggris...minta dia mengajar dengan cara yang menyenangkan..tidak monoton hanya dengan metode ceramah saja..bisa lewat games..dengan multimedia...dan lain sebagainya...
      bisa anda perkenalkan bahasa inggris kepada anak anda. bila dia suka main games...caba anda berikan games yang berbau bahasa inggris. Bila dia suka menonton kartun...putarlah kartun yang berbahasa Inggris..di saat dia menonton..dampingilah anak anda dan mamfaatkan moment itu untuk mempromosikan bahasa Inggris kepada anak anda. Bila nilai bahasa inggris disekolahnya tidak bagus..ini senjata ampuh untuk membujuk anak anda...mamfaatkan kekurangan ini dengan memberikan dia pengertian...saya yakin anda mengetahui cara berkomunikasi yang paling baik dengan anak anda. Thank you

      Delete
  3. artikelnya menarik. thanks infonya

    ReplyDelete