Monday, May 7, 2012

Since, For, Already and Yet in Present Perfect Tense

Efendi jbi | 11:24 PM | Berikut ini penjelasan mengenai since, for, yet dan already yang sering kita pakai dalam present perfect tense:
Already
Dalam present perfect tense, already mempunyai makna bahwa sesuatu itu terjadi lebih awal dari yang kita harapkan. Kata “already” diletakkan setelah “has/have” dan sebelum kata kerja utama.

Contoh:
We’ve already had our breakfast.
Do you want a cup of tea? No, thanks. I’ve already had one.
Yet
Dalam present perfect tense, yet mepunyai makna sesuatu itu telah terjadi dan bisa juga belum terjadi.
Contoh:
Has John arrived yet?
Have you done your homework? Not, Yet.
Since
Since adalah kata keterangan yang sering dipakai dalam present perfect tense. Dalam bahasa Indonesia mempunyai arti “sejak/semenjak/dari/”. Pada present perfect tense, kata since digunakan untuk menjelaskan kapan suatu kegiatan itu dimulai.
Contoh:
I have lived in Jambi since 1990.
For
Dalam Present perfect tense for digunakan untuk menjelaskan periode waktu suatu kegiatan itu dilakukan dengan kata lain berapa lama kegiatan itu telah terjadi. Misalnya: for 2 hours, for 10 minutes.
Contoh:
Tono has slept for 2 hours.


Efendijbi
Belajar Bahasa Inggris Online Updated at: 11:24 PM

5 comments:

  1. sebelumnya saya mau makasih min buat blognya !!! bermanfaat bgt buat orng seperti saya, semoga mimin dan keluarga selalu mendapatkan rahmat dari Allah swt>
    oh iya min, mau tanya dong tentang penggunaan kata Go + Adjektif
    contoh : - Lets trying to take it back before it all went wrong
    p Lets go crazy

    yang mau saya tanyakan min ada aturan khusus gak untuk penggunaankata Go+ adjektif tsb ?? maksudnya apakah semua kata adjektif bisa ditambahin kata Go?
    maaf ya min kepanjangan !! ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Go + adjective setahu saya tidak ada aturan khusus cara pemakaian. Bahkan sudah saya tanya keteman-teman yang lain untuk memaastikan jawaban saya ini bahwa itu adalah idiom. Anda pasti tau apa itu idiomatic. Sebenarnya bukan kata go saja, ada kata get yang sering juga diletakkan adjective setelahnya, misalnya, get bored, get drunk, etc. Semoga jawabannya memuaskan ... Thanks

      Delete
  2. Bukankah kalo pakai since dan for harus pakai future continues ya ? am I correct ?....I have been playing football since 2013.. kan itu masih dilakukan......I have been living in Indonesia for 16 years

    ReplyDelete
  3. dear admin,

    sekedar saran saya saja,
    mohon di tambahkan terjemahan bahasa indonesia di setiap contoh kalimat bahasa inggris(disampingnya),agar orang seperti saya(yg belum pandai bahasa inggris) tau arti dari contoh tsb.



    thx

    ReplyDelete
  4. thanks for explaining it to me.. :)

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan sopan dan bijak! Jika Anda memiliki pertanyaan tentang materi yang telah dijelaskan, silahkah tuliskan pertanyaan dengan jelas. Saya tidak akan menyetujui komentar anda jika komentar anda terdeteksi sebagai spam. Jika anda suka dengan blog ini, jangan lupa share URL blog ini ke FB, Twitter, BBM. Instagram, Wechat, Google + atau media sosial lainnya yang anda miliki. Semoga blog yang sederhana ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Amin.