Saturday, June 23, 2012

Gerunds VS Present Participle


Apa kabar teman-teman Belajar Bahasa Inggris Online? Semoga semua dalam keadaan sehat. Saat ini kita akan membahas tentang gerunds dan present participle.  Gerunds adalah kata kerja (verb) yang ditambah dengan ing (Verb + ing) dan berfungsi sebagai kata benda (noun). Misalnya cooking, swimming, singing, dancing. Bila kita amati,  gerund ini mirip sekali dengan present participle. Karena baik gerunds maupun present participle sama-sama terbentuk dengan menambahkan ing setelah kata kerja (verb + ing).  Bila kita tidak mengetahui perbedaannya tentu amat sulit menentukan apakah verb + ing tersebut gerund atau present participle. Saya akan mencoba menjelaskan perbedaan antara present participle dan gerund.


1. Present participle

Present participle adalah kata kerja (verb) yang ditambah ing (verb + ing). Fungsi present participle ini bisa sebagai kata kerja dan juga bisa sebagai adjective.

Sebagai kata kerja (verb)

Apabila kita menjumpai kata kerja (verb) + ing, dan verb + ing tersebut digunakan bersamaan dengan tobe atau terletak setelah tobe (is, am, are, was, were, been) maka verb + ing tersebut adalah present participle yang berfungsi sebagai kata kerja.

Contoh:
I am sitting.
She is singing.
Toni was sleeping when I called her.
She has been watching TV for an hour.

Coba perhatikan contoh-contoh di atas, setelah tobe terdapat Verb + ing, fungsi verb+ ing tersebtu adalah sebagai kata kerja (verb), karena terletak setelah tobe. Biasanya kita menggunakan present participle yang berfungsi sebagai kata kerja adalah pada present/past continuous tense, present perfect continuous tense, dll.

Kesimpulan: jadi present psrticiple yang berfungsi sebagai kata kerja, bila verb + ing tersebut terletak setelah tobe.

Sebagai kata sifat (adjective)

Present participle yang berfungsi sebagai kata sifat (adjective) bila verb + ing tersebut tidak ditemani oleh tobe atau tidak terletak bersebelahan dengan tobe.
Contoh:

The train arriving at the station now is an hour late.
The students talking in the class look very happy.

Perhatikan dua contoh kalimat di atas, pada kedua kalimat tersebut terdapat verb + ing, dan fungsi present participle pada kalimat tersebut adalah sebagai adjective karena tidak diletakkan bersebelahan denga tobe.
Berikut ini analisa dua contoh kalimat di atas:
  • arriving adalah  adjective karena tidak ditemani oleh be. Sedangkan, Subject kalimat diatas adalah train dan verbnya adalah is.
  • talking adalah adjective karena tidak ditemani oleh be. Subject dari kalimat diatas adalah students dan verbnya adalah look.
Present participle (verb + ing) yang berfungsi sebagai kata sifat (adjective) bisa juga diletakkan sebelum kata benda, contoh: a boring man, a drawing  book, dan lain sebagainya.

2. Gerunds

Gerunds sangatlah berbeda dengan present participle. Sesuai penjelasan di atas, present participle bisa berfungsi sebagai kata kerja dan juga adjective, akan tetapi gerund hanya bisa berfungsi sebagai kata benda. Dengan kata lain gerunds adalah kata kerja (verb) yang ditambah ing  dan berfungsi sebagai kata benda atau kata kerja yang dibendakan/diubah menjadi kata benda dengan menambahkan ing.
  1. Gerunds as subject
  2. Gerunds as object
  3. Gerunds as  subjective  complement
  4. Gerunds as object of preposition
  5. Gerunds as appositive
  6. Gerunds after “No”
  7. Gerunds after possessive adjective
Silahkan klik  di sini untuk membaca penjelasan lengkap mengenai gerunds

Kesimpulan perbedaan gerunds dan present participle:

  1. Gerunds hanya dapat berfungsi sebagai noun (kata benda), sedangkan present participle berfungsi sebagai verb (kata kerja) dan juga adjective (kata sifat).
  2. Bila anda menemukan verb + ing setelah tobe maka itu adalah present participle yang berfungsi sebagai kata kerja. Bila anda menemukan verb + ing setelah tobe dan berfungsi sebagai subjective complement atau pelengkap subjek maka itu adalah gerund. Bila anda menemukan verb + ing yang terletak sebelum kata benda, misalnya: a drawing book, maka verb + ing tersebut adalah present participle yang berfungsi sebagai adjective, bukan gerunds.
  3. Bila anda menemukan verb + ing di awal kalimat yang berfungsi sebagai subjek, misalnya: Cooking is her hobby.  Swimming is better than running. Maka verb + ing tersebut adalah gerund.
  4. Bila anda menemukan verb + ing setelah prepositions, misalnya: I will watch TV before eating. Maka verb + ing teresebut adalah gerund as object of preposition bukan present participle.
  5. Bila anda menemukan verb + ing setelah possessive adjective maka itu adalah gerund.

Semoga penjelasan saya mengenai perbedaan gerund dan present participle ini bisa dipahami dan bermamfaat untuk kita semua. Amin. Terima kasih.









9 comments:

  1. yes,i can understand :)
    Thank you very much

    ReplyDelete
  2. nice, thats what im looking for...

    ReplyDelete
  3. yep. good explanation
    thx

    ReplyDelete
  4. Bung Admin saya mau tanya. apakah kalimat: "The students talking in the class look very happy" boleh berbentuk seperti ini: "The talking students look very happy in the class"?

    terima kasih... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. min jadi, kedudukannya dari "talking" tetap sebagai adjective ya??? walaupun dari sense kalimat yang berbeda???

      Delete