. Conditional Sentence: type III –>.

Conditional Sentence: type III

Efendi BBIO | 1:33 PM |


Pada conditional sentence type II merupakan aplikasi dari kondisi atau kejadian yang ada pada masa present/simple present tense (anda bisa membaca ulang penjelasan type II di atas setelah 4 contoh yang saya berikan), sedangkan type III ini merukan aplikasi kejadian masa lampau atau simple past tense. Untuk lebih jelasnya perhatikan ilustrasi berikut ini:


Terkadang, di masa lampau kita mempunyai keinginan yang tidak dapat kita wujudkan. Lalu kita ingin bercerita kepada teman atau orang lain. Misalkan:

“ tahun lalu, saya ingin membeli rumah baru, akan tetapi saya tidak punya uang.”
Perhatikan contoh di atas yang sengaja saya buat dalam bahasa Indonesia! Bahwasanya tahun lalu (ini masa lampau, bukan?) saya ingin membeli rumah baru dan saya tidak punya uang. Faktanya saya tidak bisa membeli rumah baru. Bagaimana? Bisa dipahami… saya yakin anda bisa!!!! Jadi conditional type I adalah pengandaian yang kemungkinan besar terjadi, type II aplikasi masa present yang merupakan pengandaian yang tidak mungkin terjadi  dan type III adalah  aplikasi kondisi masa lampau atau bentuk past tense yang memang sudah pasti tidak terjadi karena merupakan aplikasi masa lampau. 

Rumus conditional type III
If  + Past perfect + , + Past future perfect tense
Past future perfect tense + if + past perfect
Contoh:

If I had found her address, I would have sent her an invitation.
I would have sent her an invitation if I had found her address.
If I hadn’t studied, I wouldn’t have passed my exams.
If John had had the money, he would have bought a Ferrari.  

Perlu diketahui bahwa ini adalah materi level advance, jadi jika anda membaca ini berarti kemampuan bahasa Inggris anda sudah level advance dan saya tidak perlu menjelaskan apa itu simple present tense, simple past tense, simple  future, past future DLL.


Related Post



Posted by: Efendi BBIO Belajar Bahasa Inggris Online, Updated at: 1:33 PM
Acuz Peank said...

makasih buat ilmunya

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bijak! Jika Anda memiliki pertanyaan tentang materi yang telah dijelaskan, silahkah tuliskan pertanyaan dengan jelas. Saya tidak akan menyetujui komentar anda jika komentar anda terdeteksi sebagai spam. Jika anda suka dengan blog ini, jangan lupa share URL blog ini ke FB, Twitter, Wechat, Google + atau media sosial lainnya yang anda miliki. Semoga blog yang sederhana ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Amin.