. Infinitive atau -ing –>.

Infinitive atau -ing

Efendi BBIO | 9:47 PM |

Terkadang kita sering lupa atau mungkin bingung untuk menentukan kapan kita harus menggunakan 'to infinitive' (misalnya: to sing, to eat, etc)  dan kapan kita harus menggunakan bentuk -ing (misalnya singing, eating, etc). Di bawah ini penjelasan kapan kita harus menggunakan 'to infinitive' dan kapan kita harus menggunakan -ing.


To Infinitive

Infinitive biasa digunakan pada kata kerja tertentu, antara lain:

forget, help, learn, teach, train, choose, expect, hope, need, offer, want, would like, agree, encourage, pretend, promise, allow, can/can't afford, decide, manage, mean, refuse.

Jadi jika teman-teman ingin meletakkan kata kerja setelah kata-kata kerja di atas maka haruslah berbentuk 'to infinitive'. Contoh:

I forget to sleep last night. (hahahaa ada-ada saja admin nih, kasih contoh nggak jelas,,,,,masak ada orang lupa untuk tidur. LOL)
She needs to eat.
Antoni promised to give me money.

Di samping itu 'to infinitve' juga biasa diletakkan setelah adjective/kata sifat. Contoh:

I am happy to help you.
She is glad to see you.

-ing

bentuk -ing biasanya digunakan jika kata tersebut berfungsi sebagai subject dalam sebuah kalimat. Kasus seperti ini bisa disebut juga dengan 'gerund'. Hayoooo sudah pada baca belum materi tentang gerund. Jika belum...silahkan menuju ke TKP: Gerund.

Contoh:

Swimming is my hobby.
Reading is a nice activity.

Bentuk -ing juga dipakai setelah preposition.
Contoh:

He goes without saying 'good bye'.
She is good in reading

bentuk -ing biasanya juga dipakai setelah kata kerja tertentu.  Kata kerja tersebut antara lain:

avoid, dislike, enjoy, finish, give up, mind/not mind, practise

contoh:
I mind loving you.
She enjoys playing the games.


Sekarang kerjakan soal-soal latihan di bawah ini!

Related Post



Posted by: Efendi BBIO Belajar Bahasa Inggris Online, Updated at: 9:47 PM
what then said...

kren sob

Anonymous said...

sebenernya aq blom sampe sini [::::::::::::|zzzzzzzzz>

Anonymous said...

jadi bagaimana dengan tenses yang ditambah infinitive? misalnya "You are trying to kill me" tolong penjelasannya apakah infinitive itu hanya di present tense?

Admin Blog said...

infinitive bisa ditemukan dalam berbagai macam bentuk kalimat. Tidak hanya dalam present tense saja. Anda bisa menambahkan sendiri contoh-contohnya dan tidak terpaku ada contoh-contoh yang saya berikan. Terima kasih telah berkunjung.

nitacirambe said...

i do like to follow this page, it mmay help to improve my english ability :)

Joseph T. Stallin said...

Infinitive fungsinya bisa jadi noun(kata benda) kayak gerund contohnya to talk is to produce sound. bisa jadi adverb(kata keterangan) contohnya andy went to jakarta "to work". yang terakhir bisa jadi adjective(kata sifat) contohnya andy is a man "to watch".
kalo kita ngerti apa itu noun, adverb dan adjective sangat dijamin kita akan mudah mengerti infinitive.

Anas Rahman said...

blog berkualitas yang paling sering saya kunjungi, terimakasih pak guru

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bijak! Jika Anda memiliki pertanyaan tentang materi yang telah dijelaskan, silahkah tuliskan pertanyaan dengan jelas. Saya tidak akan menyetujui komentar anda jika komentar anda terdeteksi sebagai spam. Jika anda suka dengan blog ini, jangan lupa share URL blog ini ke FB, Twitter, Wechat, Google + atau media sosial lainnya yang anda miliki. Semoga blog yang sederhana ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Amin.