Tuesday, October 8, 2013

Another, other, others

Efendi jbi | 11:18 PM | Terkadang kita sering bingung tentang perbedaan antara another, other dan the other. Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk membedakannya. Another dan other adalah untuk benda yang tidak spesifik atau belum jelas benda yang mana yang dimaksud. Sedangkan the other adalah untuk benda yang spesific atau bendanya sudah jelas benda yang mana yang kita maksud. JIka masalah spesifik atau tidak spesifik, saya yakin teman-teman sudah pada paham. Berikut ini penjelasan pemakaian kata another, other dan others:


Other

Makna dari kata other adalah untuk menunjukkan benda atau sesuatu yang berbeda atau yang lainnya. Misalnya 'I do not want this book. I want the other book.' (Saya tidak mau buku ini. Saya mau buku yang lainnya.)
Other bisa digunakan dengan kata benda yang tidak bisa dihitung/uncountable noun maupun kata benda yang bisa dihitung baik plural maupun singular.
contoh:
 The other door is open.
The other streets are paved.
Do you have any other sugar?

Pada contoh di atas, kata other menjelaskan singular countable noun 'door', plural countable noun 'streets', dan  uncountable noun 'sugar'.
Kita juga bisa  menggunakan other dengan singular countable noun dengan  tidak mencantumkan bendanya, akan tetapi dengan menambahkan  'the' menjadi 'the other'.
contoh:
I have two pens. One is green and the other is blue.
One of my parents is a teacher; the other is a doctor.

 Another

Kata another adalah kombinasi dari kata 'an' dan kata 'other' yang mempunyai makna merujuk pada sesuatu yang merupakan tambahan. Contohnya ketika saya memakan sepotong kue dan saya mau tambah lagi, maka saya gunakan 'another'.
Another bisa berfungsi sebagai adjective dan juga pronoun. Jika berfungsi sebagai kata sifat/adjective, maka another diikuti oleh benda bisa dihitung berbentuk tunggal /singular countable noun. Sedangkan jika berfungsi sebagai pronoun, maka another menggunakan kata kerja tunggal/singular verb.
contoh:

Please bring me another knife.
Another of her uncles lives in Montreal.

Pada contoh pertama, kata another diikuti oleh kata benda tunggal 'knife' sedangkan pada contoh kedua, another    berfungsi sebagai kata ganti maka dari itu kata kerja ditambah 's'- lives. 

 Others

Others bisa berfungsi sebagai pronoun. Kata others menggantikan kata other yang diikuti oleh plural countable noun atau sebuah kata benda yang bisa dihitung dan berbentuk jamak.
contoh:

Those trees are hemlocks; the others are pines.

Pada contoh ini, kata others menggantikan kata the other trees, mengapa demikian, karena kalimat ini bisa juga kita buat menjadi 'Those trees are hemlocks; the other trees are pines.' Dikarenakan kita menggukan the others maka kata trees tidak perlu dimasukkkan lagi karena others berfungsi sebagai pronoun atau kata ganti. 

another one,  the othher one, the other ones

Kata another bisa kita tambahkan kata 'one' setelahnya. Akan tetapi dilarang memasukkan kata benda setelahnya karena kata 'one' setelah kata another tersebut adalah sebagai kata pengganti benda yang kita maksud. contoh: 

I don't want this book. Please give me another one. 

Pada contoh ini, kata 'one' setelah kata another adalah pengganti dari kata 'book'. Tidak boleh memasukkan kembali kata 'book' jika Anda menggunakan another one. 

I don't want this book. Please give me antoher one book. (kalimat ini salah).

Kita juga bisa menambahkan kata 'one' atau 'ones' setelah kata 'the other'. Kita tambahkan 'one' setelah the other jika untuk menggantik kata benda tunggal. 
contoh:

I don't want this book. Please give me the onther one

Kata the other one, menggantikan kata 'book'.

Kita gunakan 'ones' setelah kata 'the other' = The other ones, jika benda yang kita gantikan berbentuk jamak. 

contoh:

I do not want these books. Please give me the other ones.

Karena 'books' berbentuk jamak, maka pakailah 'ones' setelah the other.  

Bila teman-teman belum bisa mengerti penjelasan di atas, mungkin gambar di bawah ini bisa membantu. Jika Anda melihat tanda X pada gambar di bawah ini, berarti dilarang memasukan noun/kata benda setelahnya.
  Semoga teman-teman bisa memahami penjelasan saya di atas dan saya sengaja memasukkan materi ini pada level advance.


 









Efendijbi
Belajar Bahasa Inggris Online Updated at: 11:18 PM

6 comments:

  1. 'I do not want this book. I want other book.' sepertinya kurang the setelah kata "want" kalau tidak salah sih. Mohon penjelasannya apakah kata the itu ada atau tidak ada. Terima kasih.

    ReplyDelete
  2. kenapa tanpa the, karena benda yang dimaksud belum spesifik, i dont want this book. i want other book =>saya tidak ingin buku ini. saya ingin buku yang lain, nah buku yang dimaksud itu belum jelas

    ReplyDelete
  3. bukannya sudah jelas ya, jika buku yang dimaksud salah maka yang dimaksud sudah jelas?

    ReplyDelete
  4. aku masih ra mudeng e... masih bingung ku ki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar, kalau pakai 'the' itu berrti yg meminta buku sudah ditunjukkan/melihat terlebih dulu buku yang lainnya. Sehingga 'the other'/others' nya bisa menggantikan buku lainnya tersebut kawan.

      Delete

Berkomentarlah dengan sopan dan bijak! Jika Anda memiliki pertanyaan tentang materi yang telah dijelaskan, silahkah tuliskan pertanyaan dengan jelas. Saya tidak akan menyetujui komentar anda jika komentar anda terdeteksi sebagai spam. Jika anda suka dengan blog ini, jangan lupa share URL blog ini ke FB, Twitter, BBM. Instagram, Wechat, Google + atau media sosial lainnya yang anda miliki. Semoga blog yang sederhana ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Amin.