Minggu, 18 Januari 2015

Prefix dis-, en -

bahasa inggris online gratis | Januari 18, 2015 | |

Dalam bahasa Inggris kita mengenal istilah ‘prefix’ atau yang dalam bahasa Indonesia disebut juga dengan awalan yang tentunya diletakkan di awal sebuah kata dan merubah arti dari kata tersebut. Ada beberapa macam prefix yang biasa digunakan dalam bahasa Inggris, antara lain: dis-, en-, in-, mis-, over, re-, un-, dan under-.

Berikut ini penjelasannya:

Prefix ‘dis-‘

Prefix dis- pada umumnya diletakkan pada kata kerja (verb), kata benda (noun) atau kata sifat (adjective), dan berarti ‘tidak’ atau kebalikan atau lawan dari kata yang dilekati, misalnya:  disbelieve (=tidak percaya), dishonest (=tidak jujur), dislike (=tidak suka), disappear (=tidak nampak lagi, lenyap, menghilang), disconnect (=memutuskan hubungan, melepaskan, mencopot), disclose (=membuka tutup, menyingkap, tidak menutup, memperlihatkan), discount (=tidak menghitung, memotong harga, hal tidak dihitung), discontinue (=tidak melanjutkan, menghentikan, memutuskan) disgrace (=keadaan tidak punya kebaikan lagi, aib, memalukan), dsb.

en-

prefix en- dilekatkan pada kata benda, kata sifat, atau kata kerja untuk membentuk kata kerja baru yang berarti ‘membuat ...’ atau ‘menjadikan . . .’. contoh: enlist (=mebuat daftar, memasukan ke dalam daftar), enlarge (=membuat besar, memperbesar), endanger (=membahayakan, membuat berbahaya), entrust (=mempercayakan, membuat percaya), entangle (=membuat kusut, mengusutkan), enact (=bertindak),  enable (= mampu, memungkinkan), ensure (=membuat yakin, menyakinkan)

Semoga bermanfaat. Prefix yang lainnya akan dijelaskan lain waktu. Harap maklum . . . He he he
Efendijbi
Belajar Bahasa Inggris Online Updated at: Januari 18, 2015