Sabtu, 09 Januari 2016

Cara Belajar Grammar

bahasa inggris online gratis | Januari 09, 2016 | | Cara Belajar  Grammar memang perlu saya publish di blog Belajar Bahasa Inggris Online ini. Tips di bawah ini adalah tips sederhana dan mudah-mudahan ada manfaatnya untuk BBIO lovers semua. Sebelum membahas lebih jauh tentang tips tersebut, ada baiknya kita harus mengetahui lebih dulu apakah sebenarnya Grammar itu.

Dalam grammar kita akan belajar bagaimana bahasa itu digunakan. Bagaimana kata-kata dirangkai dengan benar untuk  memperoleh makna yang tepat dalam kalimat-kalimat yang kita pakai.  Lalu begitu pentingkah grammar? Menurut saya penting tetapi bukan aspek utama jika kita ingin bisa bahasa Inggris. Mengapa saya katakan demikian, karena banyak sekali orang yang belajar berkomunikasi terutama dalam bahasa Inggris tanpa belajar grammar lebih dulu. Bahkan seorang anak kecil bisa berbahasa Inggris tanpa belajar grammar. Coba bayangkan, apakah seorang anak kecil berusia 2 atau 3 tahun mampu menerima penjelasan-penjelasan tentang grammar yang begitu banyak? Hmmm rasanya tidak,, mereka berbicara apapun yang mereka ingin bicarakan. Mereka belajar dari apa yang mereka dengar. Bahkan mereka sudah bisa berbicara bahasa Inggris sedangkan sebelumnya mereka tidak pernah mendengar istilah grammar.


Akan tetapi untuk memperoleh kualitas yang baik dalam  kemampuan menguasai suatu bahasa, maka grammar perlu dipelajari.  Jika kita menguasai grammar (English grammar), maka kita bisa berbicara dengan benar. Komunikasi akan berjalan dengan baik tanpa adanya salah paham di antara kedua belah pihak. Grammar akan sangat terasa bermanfaat jika anda berkomunikasi melalui tulisan. Terutapa dalam formal writing. Akan tetapi, jangan jadikan grammar menjadi beban buat anda. Jika anda selalu berpikir 'tidak bisa grammar/tidak bisa rangkai kalimat/atau yang lainnya', maka bahasa Inggris anda sulit mengalami kemajuan. Berikut ini tips meningkatkan kemampuan grammar anda:

1. Anda harus paham lebih dulu istilah-istilah dasar dalam English grammar. Misalnya verb, noun, adjective, adverb, preposition atau yang lainnya. Mengapa saya katakan demikian, karena akan mempermudah anda dalam belajar.

2. Baca sebanyak mungkin yang anda mampu. Baca berbagai macam penjelasan-penjelasan tentang English grammar. Kebetulan di blog ini ada sedikit penjelasan-penjelasan tentang English grammar dalam berbagai macam topik.

3. Cari teman atau orang yang bisa membantu anda. Minta bantuan pada mereka untuk membantu anda meningkatkan kualitas English grammar anda. Jika ada yang salah atau tdak anda pahami maka tanyakan pada orang tersebut.

4. Banyak menulis. Tentunya menulis dalam bahasa Inggris. Dengan menulis anda dapat mengaplikasikan kemampuan grammar anda. Setelah selesai menulis, anda periksa, jika ada kesalahan, anda perbaiki dan jika anda tidak bisa memperbaiki, minta bantuan orang lain yang bisa membantu anda.

5. Jika anda sudah menguasai English Grammar, maka banyak-banyaklah latihan speaking. Dengan demikian anda akan terbiasa berbicara dengan benar.

Demikian cara belajar  grammar, yang jelas banyak membaca dan latihan dimanapun dan kapanpun. Tetap belajar dan jangan putus asa. Grammar itu mudah dan tidak sulit kok.




Efendijbi
Belajar Bahasa Inggris Online Updated at: Januari 09, 2016