Sabtu, 09 Januari 2016

Tips Mendapatkan Beasiswa

bahasa inggris online gratis | Januari 09, 2016 | |

Tips mendapatkan beasiswa adalah topik kita kali ini. Pasti BBIO lovers banyak yang ingin sekolah atau kuliah gratis, bukan? Jika iya mau tidak mau BBIO lovers harus mencari lowongan beasiswa yang update. Kalau masalah lowongan beasiswa, BBIO lovers cukup cari di internet sangat banyak sekali lowongan beasiswa. Masalahnya sekarang adalah bisa tidak lulus atau diterima beasiswa yang kita lamar. Untuk mendapatkan beasiwa tidaklah mudah. Perlu persiapan yang matang dan tidak instant. Di bawah ini ada tips untuk mendapatkan beasiswa: 

1. Nilai rapor yang baik dan stabil

Kalau mau mendapatkan beasiwa pastinya anda harus rajin belajar. Jika anda rajin belajar tentu nilai anda akan bagus. Sebagian besar  universitas menawarkan beasiswa untuk pelajar yang mempunyai nilai stabil sejak kelas 10 hingga kelas 12. Jadi BBIO lovers harus rajin belajar dan harus bisa memastikan bahwa kamu memiliki nilai rapor yang tinggi secara keseluruhan. 


2. Persiapan bahasa Inggris

Zaman sekarang bahasa Inggris itu penting sekali. Bahkan jika BBIO lovers ingin mendapatkan beasiswa di luar negeri, BBIO lovers harus bisa berbahasa Inggris. Biasanya tolak ukur  kemampuan bahasa Inggris yang digunakan adalah IELTS™ (International English Language Testing System) atau TOEFL®iBT (Test Of English as Foreign Language, Internet Based Test). Sejak awal SMA kamu sudah mulai bisa mempersiapkan diri dengan mengikuti tes persiapan tes IELTS™ atau TOEFL® sehingga jika masih diperlukan, kamu dapat mengikuti pelatihan tambahan untuk mendapat nilai yang semaksimal mungkin. Jadi harus dari sekarang belajar yang namanya TOEFL dan IELTS. Tidak ada uang dan waktu? Jangan kuatir karena banyak sekali tempat belajar dan latihan TOEFL dan IELTS gratis di internet. Cukup dengan satu klik saja anda bisa temukan banyak kumpulan soal-soal gratis tentang TOEFL maupun IELTS.

3. Surat rekomendasi

Syarat lain dari pihak universitas dalam memberikan beasiswa biasanya adalah surat rekomendasi dari guru di SMA. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mulai menjaga hubungan baik dengan para guru sehingga mereka akan dengan senang hati memberikanmu rekomendasi terbaik.

4. Aktif berorganisasi

Manfaatkan masa mudamu dengan kegiatan positif seperti aktif di organisasi sekolah. Selain akan memberimu pengalaman berharga, berorganisasi juga akan menambah jumlah temanmu. Kegiatan berorganisasi yang kamu lakukan akan memberikan nilai tambah dan bagus untuk CV kamu nantinya.

5.     Siapkan CV yang menarik

Hal terpenting lainnya adalah menyiapkan CV yang menarik dari segi tampilan dan juga konten/isinya. Universitas tentu akan tertarik dengan pelajar  yang mempunyai banyak prestasi dan pengalaman yang tertulis di CV-nya dibandingkan dengan pelajar yang CV-nya minim prestasi dan pengalaman.

6.     Menulis Personal Statement

Personal statement adalah pernyataan tertulis tentang alasan mengapa kamu berhak mendapatkan sebuah beasiswa. Dalam personal statement berupa karangan sepanjang 1.000 kata, kamu harus dapat memberikan informasi yaitu kontribusi yang bisa kamu berikan kepada institusi penyandang beasiswa/universitas tersebut serta dampak positif yang kamu berikan untuk negaramu. Untuk ini, galilah potensi diri dan perluaslah wawasanmu.

7.     Siap untuk tes wawancara

Salah satu tahap terpenting dalam penentuan beasiswa adalah tes wawancara. Kamu harus tetap tenang, meyakinkan, dan menunjukkan kemampuan terbaik tanpa terkesan sombong. Bekali dirimu dengan pengetahuan soal bidang studi yang kamu pilih. Untuk persiapan, 2 (dua) hari sebelum wawancara, kamu bisa berlatih dengan kaca dan berbicara dengan bahasa Inggris (atau bahasa lain yang digunakan dalam wawancara). Dengan demikian, lidahmu akan terbiasa dan kamu siap dengan perbendaharaan kata yang pas.

8.     Kesehatan yang prima

Kesehatan juga merupakan faktor penting bagi universitas sebelum memberikan beasiswa kepada pelajar. Pihak universitas tentunya tidak ingin memberikan dukungan pada orang yang salah. Berolah raga secara teratur, menghindari rokok dan minuman beralkohol, serta tidak menggunakan narkoba merupakan beberapa cara untuk menjaga kesehatan kamu.

9.     Pantang menyerah

Terakhir, jika kamu tidak lolos seleksi beasiswa, jangan menyerah, coba lagi di institusi lain dan coba terus sampai kamu berhasil. Kadang, kita perlu beberapa kali gagal sebelum berhasil.
Semua tips di atas bukan hanya buat BBIO lovers yang ingin dapat beasiswa S1, tapi juga S2. Yang jelas harus ada persiapan matang agar kita bisa mendapatkan beasiswa yang kita impikan. Semoga tips mendapatkan  beasiswa ini bermanfaat untuk BBIO lovers semua. 

Sumber: http://www.suneducationgroup.com/
Efendijbi
Belajar Bahasa Inggris Online Updated at: Januari 09, 2016