Senin, 01 Februari 2016

Cara Latihan English Speaking

bahasa inggris online gratis | Februari 01, 2016 | | |
Cara latihan English speaking sangat perlu diketahui oleh BBIO lovers semua. Mungkin banyak cara yang telah BBIO lovers lakukan agar kemampuan speaking bisa meningkat. Selain itu setiap orang juga mepunyai cara dan metode belajar berbeda-beda. Tetapi kali ini saya memiliki tips yang bisa BBIO lovers lakukan untuk latihan speaking. Apalagi bila  BBIO lovers bingung dan kehabisan cara untuk belajar speaking. 

Yang jelas, jika ingin belajar speaking haruslah aktif. Aktif di sini adalah aktif dalam berbicara. Jika anda seorang yang pendiam, buang jauh-jauh sifat ini. Semakin anda banyak bicara menggunakan bahasa Inggris maka semakin banyak kemajuan yang akan anda dapat. Misalkan anda berada dalam sebuah kelas dan sedang latihan English Conversation. Maka jangan sekali-kali anda hanya berbicara satu kata saja. Contoh: Speaking partner anda bertanya; "What food do you like?' Maka jika anda menjawab hanya dengan 'pizza'. Hmmmm maka anda seorang yang tidak aktif dan tidak kreatif dalam bicara. Jawablah dengan jawaban panjang dan kalimat penuh. Misalnya, I like pizza. I eat pizza once in a week. I like it because it is yummy.

Mungkin anda berpikir, 'bagaimana saya bisa menjawab seperti itu sedangkan saya baru belajar. Merangkai kata sulis sekali.' Memang perlu proses, tapi beranikan diri anda. Gunakan kosa kata yang anda tau. Terbalik-balik, ada kesalahan grammar, semua ini tak masalah, Jangan pirkirkan itu. Speak up! itu saja. Hari demi hari jika anda tetap  rajin belajar dan membaca, maka kualitas kalimat yang anda sampaikan akan membaik dan benar.

Anda suka nonton video di Youtube? Kalau iya, syukur deh hehehe. Manfaatkan hobi anda ini. Coba anda search video-video film atau iklan pendek dengan durasi 5 hingga 10 menit. Anda tonton. Lalu setelah selesai menonton maka coba anda jelaskan kembali apa yang anda tonton dengan menggunakan bahasa Inggris. Banyak loh video-video menarik di Youtube. Misalkan, 'video iklan sedih menyentuh hati Thailand'. Maka anda akan melihat banyak sekali video sedih di sana. Tonton dan ceritakan kembali menggunakan bahasa Inggris. Atau mungkin anda suka nonton film/sinetron/FTV di rumah, nah coba ceritakan kembali menggunakan bahasa Inggris. 

Pada saat anda menceritakan kembali dalam bahasa Inggris atas apa yang anda tonton, maka rekamlah. Rekam apa yang anda jelaskan tentang video tesebut. Setelah anda rekam, anda putar kembali dan dengarkan. Jika anda punya seorang guru atau teman yang mau membantu, putarkan rekaman tersebut. Minta tolong orang tersebut untuk mengoreksi kalimat, pengucapan dan kosakata anda pada rekaman tersebut. Inilah tips sederhana bagaimana cara latihan English speaking. Semoga bermanfaat.



Efendijbi
Belajar Bahasa Inggris Online Updated at: Februari 01, 2016