Monday, December 12, 2016

Perbedaan Penggunaan In On dan At

Efendi jbi | 3:05 PM |

Perbedaan penggunaan in on dan at sering mebuat BBIO lovers bingung. Tapi saya yakin setelah membaca penjelasan ini BBIO lovers tidak akan bingung lagi. Sebenarnya apa yang membuat BBIO lovers sering bingung tentang kapan menggunakan in, kapan menggunakan at dan juga on? Salah satu sebabnya adalah  kurangnya referensi yang dapat menjelaskannya dengan detail dan lengkap. Maka dari itu saya sangat tertarik menjelaskan perbedaan penggunaan in on dan at.


Perbedaan Penggunaan  In On At 

Ada dua hal penting yang harus BBIO lovers ingat dan ketahui jika ingin mengetahui perbedaan penggunaan in on dan at dengan mudah. Dua hal itu adalah ‘waktu’ dan ‘lokasi’. Dengan kata lain perbedan dalam waktu dan lokasi adalah dua hal yang perlu diperhatikan saat kita akan menggunakan in on dan at. 

1. Perbedaan dalam Waktu

Perhatikan tiga contoh kalimat dibawah ini :

Alvin and Joe were  born in 1994.
Alvin and Joe were  born on July 15th.
Alvin and Joe were  born at 9:15 AM.

Kalau kita perhatikan sekilas ketiga kalimat di atas, maka terkesan sama. Tetapi jika anda memperhatikannya secara jeli maka sangat berbeda. Kalimat pertama menggunakan in, kedua menggunakan on dan kalimat ketiga menggunakan at. Mengapa bisa begitu? Ini penjelasannya:

In

Jika dalam konteks waktu yang bersifat general atau umum atau memiliki cakupan yang cukup besar dan sangat tidak spesifik maka pakailah in. Jika hanya nama TAHUN saja serta tidak ada tanggal dan bulan, tentu tidak spesifik dan masih general atau cakupan waktunya lebih luas, maka pakai in. Sekali lagi, jika hanya tertera tahunnya saja maka pakai in. Begitu juga jika hanya bulannya saja maka pakailah in.
Contoh:

I was born in July.
She was born in January.
He was born in 2011.

Kata depan ‘in’ juga dipakai untuk evening, afternoon, morning. Contoh: I go to school in morning. She goes to school in the afternoon. I watch TV in the evening. Untuk ‘night’ maka jangan memakai kata depan ‘in’ melainkan pakailah ‘at’. I sleep at night.


Pengecualian:
Jika Monday morning, Tuesday afternoon, Friday evening, Saturday night, maka pakailah kata depan ON bukan in.

Jika nama musim, kata depan in juga digunakan. contoh  in winter, in summer, in spring.

On

Dalam konteks waktu, kata depan on digunakan untuk konteks waktu yang sedikit lebih spesifik dari pada in. Jika konteks waktu tersebut termasuk tanggal dan bulan, maka gunakanlah on. Contoh;

I was born on 12th January. 

Selain itu, jika konteks waktu tersebut merupakan nama hari, maka pakailah kata depan on. 

I play on Sunday.
They went to the market on Friday.

Jangan menggunakan in atau at jika konteks waktunyanya adalah nama hari seperti contoh di atas.

At

At menunjukan konteks waktu yang sangat spesifik. Dimana tertera tanggal bulan dan tahun.  Contohnya I was born at 12th June, 2011. 

Kita juga menggunakan kata depan at untuk:

at the weekend
at Christmas/at Easter
at the end of ....
at the moment
at 5.30 (digunakan sebelum jam)

Kita tidak boleh menggunakan in on atau at jika konteksnya seperti ini:

this .... (this morning/this week,etc)
last ... (last June/last week, etc)
next ... (next monday/next week , etc)
every .... (Every day/every week, etc)

Jika ada kata this, last, next dan every sebelum konteks waktu seperti pada contoh di atas, maka jangan masukkan in on atau at.
contoh:

Are you going this evening? (benar)
Are you going this in the evening? (salah)
The garden was lovely last summber. (benar)
The garden was lovely last in summber. (salah)           

2. Perbedaan dalam konteks Place atau lokasi

Sekarang BBIO lovers  perhatikan 3 contoh ini;

– Antoni  lives in Jakarta.
– Antoni  lives on ABC  Street.
– Antoni  lives at 25th ABC  Street Jakarta.

In

In jika dalam konteks lokasi, maka menunjukan lokasi yang masih umum atau general dan tidak spesifik. Antoni lives in Jakarta, mengapa pakai in? Karena lokasi yang ditunjukan masih general dan luas yaitu ‘Jakarta’ tentu tidak spesifik. 

On

Jika on, maka lokasi yang ditunjukan lebih spesifik daripada in. Misalkan sudah tercantum nama jalan, maka pakai on. Antoni lives on ABC Street.

At

At digunakan jika konteks lokasi sudah sangat jelas dan sangat spesifik dan terperinci. Dengan kata lain tercantum nama jalan, nomor, kota atau Negara. Antoni lives at 25th ABC street Jakarta.
Ada hal lain yang perlu BBIO lovers perhatikan, coba lihat contoh di bawah ini;

– Alex  and Joe are  in cinema.
– Alex and Joe are on cinema.
– Alex and Joe are at cinema.

Semua contoh di atas terkesan sama, bukan? Yang mana yang benar? Tidak ada yang salan dan semua benar. Tapi memiliki makna yang berbeda. Apa perbedaanya? Ini penjelasannya 

In

Jika BBIO lovers bertemu Bule dan ngomong bahasa Inggris  “Alex and Joe are  in cinema” maka bule tersebut akan mengambil kesimpulan bahwa “Alex dan Joe  ada didalam bioskop atau cinema”. Tidak masalah Alex dan Joe  didalam mau nonton film atau tidak. yang terpenting adalah letak Alex dan Joe yang berada didalam bioskop.

On

Sangat berbeda jika “Alex and  Joe are  on cinema” maka yang kamu maksudkan adalah “Alex dan Joe  ada diatas bioskop” atau “Alex dan Joe  adalah artis yang bermain di film bioskop”.

At

Jika BBIO lovers mengatakan “Alex and Joe are  at cinema” maka bule tersebut akan mengambil kesimpulan bahwa “alex dan Joe  ada diluar bioskop” atau “Alex dan Joe  berada di sekitar atau didekat bioskop”.  Jadi tempat bioskop hanya digunakan sebagi acuan atau referensi saja. Semoga dengan adanya penjelasan perbedaan penggunaan in on dan at ini, dapat menambah pengetahuan BBIO lovers semua. Pokoknya BBIO lovers harus hafal kapan pakai in on dan at. Kalau belum bisa baca lagi penjelasan di atas. Mau soal latihan? Klik link ini:  Exercise Penggunaan in on dan at

Efendijbi
Belajar Bahasa Inggris Online Updated at: 3:05 PM

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bijak! Jika Anda memiliki pertanyaan tentang materi yang telah dijelaskan, silahkah tuliskan pertanyaan dengan jelas. Saya tidak akan menyetujui komentar anda jika komentar anda terdeteksi sebagai spam. Jika anda suka dengan blog ini, jangan lupa share URL blog ini ke FB, Twitter, BBM. Instagram, Wechat, Google + atau media sosial lainnya yang anda miliki. Semoga blog yang sederhana ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Amin.