Selasa, 06 Desember 2016

Penggunaan Suppose dan Supposed To

bahasa inggris online gratis | Desember 06, 2016 |
Penggunaan suppose dan supposed to mudah sekali. Tetapi walaupun mudah kalau tidak pernah membaca atau mendengarkan penjelasannya, maka akan terasa sulit bahka tidak mengetahuinya sama sekali. Dalam bahasa Indonesia, suppose memiliki arti ‘pikir, kira, bayangkan dan harapkan. Misalkan I suppose you can give me money now (Saya kira kamu bisa memberiku uang sekarang). Di bawah ini penjelasan cara menggunakan suppose dan supposed to.

‘Suppose’

‘Suppose ‘ memiliki beberapa arti antara lain; pikir/percaya/bayangkan/harapkan

Kata  suppose’ sangat sering kita gunakan  dalam kalimat bentuk negative tetapi  kita mengharapkan respon yang positif. Contohnya ada di bawah ini:

  • I don’t suppose you come to my house now.   Sure! When may  I comet? (Saya tidak harapkan kamu datang ke rumahku sekarang. Apa kamu bisa? ` Tentu! Kapan saya  boleh datang?)
  • I don’t suppose I can watch the movie, could I?~ I can go at 12.00.  (Saya tidak berpikir saya bisa nonton film itu sekarang. bisakah saya? Saya bisa pergi jam 12.00).
Suppose juga bisa digunakan untuk memberikan saran kepada orang lain. Contohnya;
We haven’t got any pencils  to write this story. Suppose/ Supposing we use pens  instead? (Kita tidak punya pensil  untuk menulis cerita ini.  Bagaimana jika kita menggunakan pena  saja?)

BBIO lovers juga bisa menggunakan suppose  pada jawaban singkat yang memiliki arti sama dengan pikir/ percaya/ bayangkan/ harapkan. Perhatikan bahwa dua bentuk respon negatif bisa digunakan disini.
  • Will They  be at Joe’s house tomorrow? ~ I don’t think/ suppose/ imagine/ expect so. (Akankah mereka  berada di rumah Joe besok? ~ Saya rasa tidak)
  • Will we  try to see Anton? ~ I think/ suppose/ imagine/ expect not. (Akankah kamu mencoba menemui Anton? ~ Saya rasa tidak)
 ‘Supposed to’

Penggunaan supposed to berbeda dengan penggunaan suppose. Bagaimanakan perbedaan penggunaannya? Perhatikan penjelasan di bawah ini:

Subyek + to be + supposed to + infitive = seharusnyaSupposed to

Dalam konteks seperti ini sesuatu seharusnya dilakukan karena itu adalah sebuah aturan yang berlaku umum. Akan tetapi, dalam prakteknya, sering tidak dilakukan. Contohnya adalah
  • I’m supposed to clean  my room before I go to the market in the afternoon, but I always clean  it when I get up in the morning instead. (Saya seharusnya membersihkan  kamar saya di sore hari, tapi saya selalu membersihkannya ketika saya bangun)
  • I’m supposed to return these books by Friday, but I’m not sure whether I can. (Saya seharusnya mengembalikan buku ini hari Jumat, tapi saya tidak yakin apakah saya bisa)
Dalam bentuk lampau (past tense), ‘supposed to’ berarti sesuatu yang direncanakan namun tidak terjadi.

We  were  supposed to go to Jakarta  last month, but our father was sick  and we  couldn’t go (Seharusnya kami  pergi ke Jakarta bulan lalu, namun ayah kami sakit dan kami  tidak dapat pergi)

‘Not supposed to’ digunakan untuk menyatakan sebuah larangan. Contoh:

They  are not supposed to sit here (Mereka dilarang untuk duduk di sini)



Efendijbi
Belajar Bahasa Inggris Online Updated at: Desember 06, 2016