Saturday, May 19, 2012

Adjectives dengan -ed dan -ing


Apa kabar pembaca Bahasa Inggris Online? Semoga semua dalam keadaan baik-baik saja. Teman-teman pasti sudah megetahui apa itu adjectiveAdjective  itu ada yang menggunakan   –ing dan juga  –ed. Pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai adjective dengan  –ing dan juga –ed.
Perhatikan contoh berikut ini:


I am interested in English.

Pada  contoh di atas terdapat kata sifat, yaitu interested. Apabila adjective dengan  –ed maka adjective tersebut menunjukan perasaan si subjek terhadap sesuatu. Pada contoh “I am intereseted in English” menunjukan bahwa subjek “I” merasa tertarik kepada bahasa Inggris.
Contoh lain:

I am bored

Pada kalimat ini terdapat adjective “bored” yang berarti bahwa si subjek I merasa bosan terhadap sesuatu hal.

Jika adjective yang berakhiran –ing  menunjukan  perasaan yang dihasilkan oleh sesuatu. Masih bingung? Sekarang perhatikan contoh di bawah ini:

I am interesting.
I am boring.

Jika kalimatnya  “I am interested” berarti bahwa si subjek merasa tertarik terhadap sesuatu, sedangkan jika kalimatnya “I am interesting” berarti bahwa si subjek yang menarik. Pada kalimat  “I am bored” berarti bahwa si subjek merasa bosan terhadap sesuatu hal, sedangkan jika kalimatnya  “ I am boring” berarti si subjek itulah yang membosankan. Saya jelaskan kembali bahwa jika kita ingin mengatakan atau mengutarakan perasaan kita bahwa kita merasa bosan terhadap sesuatu harus menggunakan “bored” bukan “boring”. Karena maknanya berbeda. Jika “I am bored” berarti kita yang merasa bosan terhadap sesuatu. Jika “I am boring” berarti kitalah yang membosankan. Begitu juga dangan “I am interested” berarti saya yang tertarik, jika “I am interesting” mempunyai makna bahwa saya ini menarik.
Semoga penjelasan adjective dengan –ed dan –ing di atas bisa dipahami. Di bawah ini adalah sedikit contoh  kata sifat dengan –ed dan juga –ing dan juga bentuk verb/kata kerjanya dan juga noun/kata benda dari kata tersebut.

Verb
Adjective: -ed
Adjective: -ing
Noun
Amaze
Amuse
Challenge
Entertain
Excite
Exhaust
Flatter
Relax
Satisfy
Surprise
Tempt
Bore
Annoy
Confuse
Disappoint
Disturb
Frighten
                                
Amazed
Amused
Challenged
Entertained
Excited
Exhausted
Flattered
Relaxed
Satisfied
Surprised
Tempted
Bored
Annoyed
Confused
Disappointed
Disturbed
Frightened
Amazing
Amusing
Challenging
Entertaining
Exciting
Exhausting
Flattering
Relaxing
Satisfying
Surprising
Tempting
Boring
Annoying
Confusing
Disappointing
Disturbing
Frightening
Amazement
Amusement
A challenge
Entertainment
Excitement
Exhaustion
Flattery
Relaxation
Satisfaction
Surprise
Temptation
Boredom
Annoyance
Confusion
Disappointment disturbance
Fright

7 comments:

  1. pak guru mau tanya, penggunaan ed dan ing bukannya untuk menentukan masa lampau(ed) dan masa depan (ing)? ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. dalam kata kerja kita memang mengenal regular dan irregular verbs. Dimana di dalam perubahan bentuknya jika regular tinggal menambahkan ed/d, jika irregular tidak (bisa lihat di kamus daftar kata kerja irregular atau di postingan saya pada kumpulan kosa kata b.inggris 'kata kerja irregular'. Jika verb+ing biasanya digunakan pada 'continuous tense baik past atau present. Pada pembahasan di atas hanyalah cara pembentukan kata sifat dengan -ed atau -ing dan itu memang ada dalam b.inggris. Bisa dibaca kembali penjelasan saya mengenai perbedaan kata sifat berakhiran -ed ataupun -ing! thank you.

      Delete
  2. terimakasih banyak infonya ^_^

    ReplyDelete
  3. Mkasih ya min ilmunya. ^_^ Ijin berbagi min..

    ReplyDelete
  4. makasih min, sangat jelas dan mudah dipahami :)

    ReplyDelete