Sabtu, 26 Mei 2012

Hand Gestures dan Maknanya

bahasa inggris online gratis | Mei 26, 2012 |
Gesture adalah sikap atau pose tubuh  yang mengandung makna. Kita bisa menggunakan gesture untuk berkomunikasi.  Kita ketahui bahwa ada berbagai macam gesture. Antara lain gesture dengan menggunakan tangan, kepala, kaki, mata dan juga badan.
Gesture dengan tangan sangat sering di pakai oleh English speakers untuk berkomunikasi. Misalnya membuat symbol V dengan jari telunjuk dan jari tengah mereka yang  menandakan “peace”.
Beberapa contoh hand gestures yang biasa di pakai oleh English speakers:


1. Okay atau  OK

OK adalah symbol positif, dimana ujung ibu jari menyentuh ujung jari telunjuk. Anda mengangkat tangan anda dan jari tengah, jari manis dan kelingking berdiri. Di AS, symbol ini menandakan great/hebat dan perfect/sempurna. Sementara itu, jika di eropa, symbol ini bermakna negative. Membentuk seperti lingkaran dengan menyentuhkan ujung jari telunjuk dan ibu jari menandakan “zero/nol”. Sedangkan di Barzil dan Jerman ini adalah symbol gaul dan juga symbol homoseksual.

2. Stop atau Stay

 Di Amerika Serikat, stop digambarkan dengan menunjukan telapak tangan dan semua jari menunjuk ke atas. Ini menandakan untuk berhenti baik itu berhenti berbicara, berjalan atau yang lainnya.

3. The Victoria atau Viva

 Di Amerika Serikat, symbol kemenganan diungkapkan dengan menaikan jari telunjuk dan jari tengah membentuk huruf V dan menekukkan jari kelingking dan jari manis menyentuh ibu jari. Simbol ini  dipopulerkan oleh Richard Nixon dari Amerika.  Pada tahun 60-an, para demonstran Anti-Vietnam menggunakan symbol ini sebagai tanda perdamaian dan cinta. Jika di Italia, Selandia Baru dan Irlandia, symbol V ini bermakna negative dan kasar yang berarti penghinaan.

4. Pointing fingers

Gesture  ini mempunyai arti menunjukan  seseorang atau objek tertentu.  Selain itu, menunjukan jari juga bisa bermakna menyalahkan seseorang. Jika menunjukan jari tengah merukan symbol aib dan seksual.

5. Finger Curling

Di AS, symbol seperti ini digunakan untuk memanggil pelayan dan juga bisa bermakna rayuan. Di Singapura symbol seperti ini bermakna kematian. Di samping itu symbol gesture seperti ini juga sering dipakai untuk memanggil binatang anjing.

6. Crossing Fingers- good luck

Crossing fingers atau menyilangkan jari menandakan antisipasi dan keberuntungan. Jari telunjuk disilangkan dengan jari tengah untuk menandakan keberuntungan dan juga harapan.

7. Air quotes

Air quotes atau kutipan di udara dibuat dengan menaikan kedua tangan setinggi mata dan merenggangkan jari telunjuk dan jari tengah pada kedua tangan sambil berbicara. Ini berarti anda mengutif seseorang di saat anda berbicara. Sering orang mengatakan “quote….unquote” or “quote…end quote” ketika mereka membuat gerakan ini.
Sekian info mengenai hand gestures ini. Semoga bermamfaat untuk kita semua. Terima kasih.
Sumber: 
Translated from: Beyond Language Intercultural Communication. Mara B. Adelma
 



Efendijbi
Belajar Bahasa Inggris Online Updated at: Mei 26, 2012