Thursday, May 17, 2012

Varieties of Introduction

Introduction I
Professor: Mr. Lee. I would like to introduce you to Dr. Alex, director of the language institute. Dr. Alex, this is Mr. Lee, the academic adviser from ABC College.
Mr. Lee   : How do you do, Dr. Alex?
Dr. Alex  : How do you do? It’s a pleasure to meet you, Mr. Lee. I’m glad that we finally have the occasion to meet.

Introduction II

Friend     : I’d like to meet my friend, John. John, This is my brother, Roni.
John        : Hi, Roni. Nice to meet you.
Roni        : Hi, John.

Introduction III

Friend     : Hi, George, have you met Bill?
George    : No, I haven’t. Hi, Bill
Bill          : Hi, How ya doing?

Dari tiga contoh dialok perkenalan di atas dapat kita lihat bahwa style bahasa dalam ketiga perkenalan tersebut berbeda. Perlu diketahui bahwa contoh-contoh perkenalan di atas adalah contoh tipikal perkenalan American yang terdiri dari perkenalan secara formal dan informal. Pada contoh percakapan II dan III, menggunakan bahasa yang tidak formal. Pada perkenalan yang formal, misalnya ketika bertemu rektor, dekan atau yang lainnya di kampus, mereka lebih suka menggunakan “How do you do?” dari pada “How ya doing?”

Pada contoh introduction I di atas, speakers menggunakan kalimat yang lebih panjang dengan menyebutkan gelas (Dr., Mr.) dan juga menggunakan kata-kata dan Frasa yang formal. Misalnya: “I would like to introduce you to….,” “How do you do?” dan  “It’s a pleasure to meet you.”

Pada contoh introduction II dan III, mereka menggunakan kata-kata dan kalimat yang lebih simple. “It’s nice to meet you.” “How are you doing?” dirubah menjadi “How ya doing?” dalam perkenalan yang tidak formal, tidak menyebutkan gelar.

2 comments:

  1. how ya doing thu apa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sama dengan how are you doing? dalam percakapan yang sangat tidak formal dan sehari2 american sering menyingkat menjadi how ya doing? contoh lain misalnya: see you menjadi see ya.

      Delete