Monday, May 14, 2012

What Is Past Continuous Tense?

Efendi jbi | 11:18 PM |
Past Continuous Tense -Apa kabar teman-teman bahasa Inggris online? Semoga semua dalam keadaan baik-baik saja. Saat ini saya akan mencoba menjelaskan mengenai past continuous tense. Past continuous tense digunakan untuk kegiatan yang terjadi dalam sebuah periode waktu. Untuk lebih jelasnya perhatikan penjelasan di bawah ini:


1.   Kita bisa menggunakan past continuous tense untuk menyatakan suatu kegiatan yang sedang terjadi dimasa lampau dan pada saat kejadian itu terjadi ada kejadian/kegiatan lain yang menyela, memutus atau menginterupsi kejadian yang sedang terjadi tersebut. Kejadian yang sedang terjadi tersebut adalah dalam bentuk past continuous tense dan merupakan aktifitas yang lebih lama atau longer action. Peristiwa yang menyela atau memutus kejadian utama (past continuous tense) dibuat dalam bentuk simple past tense.

Contoh:
I was watching TV when she called.
When the phone rang, she was writing a letter.
While John was sleeping last night, someone stole his car.
Note: Pengetahuan anda tentang simple past tense sangatlah diperlukan.
2.   Past continuous tense juga bisa digunakan untuk menyatakan dua kegiatan atau lebih yang terjadi secara pararel dan terjadi pada waktu yang sama.

Contoh:
While he was making dinner, I was studying.
You were listening to music while he was talking.
Ellen was reading while John watching TV.
Pada contoh “while he was making dinner, I was studying” terdapat dua kegiatan yang terjadi secara bersamaan, yaitu “making dinner” dan “studying”. Begitu juga pada contoh-contoh lainnya.
Untuk membuat kalimat past continuous tense kita menggunakan bentuk ke 2 dari is, am, dan are yaitu;

Is, am ----------- was
Are ------------- were
Setelah was/ were  kita masukan verb + ing.
Contoh:
I was walking while she was running.
She was eating when I called.
While they were talking, the man took their picture.
Untuk membuat kalimat negative, teman-teman bisa menambahkan “not” setelah “was/were”.

When VS. While
Dalam past continuous tense kita sering memakai when/while. Jika kita memakai when  maka kalimat yang kita letakkan sesudah when  adalah dalam bentuk simple past tense. Jika kita memakai while  maka kalimat yang kita letakkan adalah dalam bentuk past continuous tense.
Contoh;
When
 She was talking when I took her picture.
When they came, I was sleeping.
Note: Jika kita meletakkan when  pada awal kalimat seperti pada contoh ke dua di atas, maka jangan lupa meletakkan  koma (,).
While
I called my mother while she was watching TV.
While my mother was watching TV, I called her.

Efendijbi
Belajar Bahasa Inggris Online Updated at: 11:18 PM

5 comments:

  1. This is what I've been waiting for...

    ReplyDelete
  2. Penjabarannya mudah dimengerti, Semoga Para Pelajar jadi semangat. Valuable Blog indeed :) Keep on going bro

    Sincerely

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan sopan dan bijak! Jika Anda memiliki pertanyaan tentang materi yang telah dijelaskan, silahkah tuliskan pertanyaan dengan jelas. Saya tidak akan menyetujui komentar anda jika komentar anda terdeteksi sebagai spam. Jika anda suka dengan blog ini, jangan lupa share URL blog ini ke FB, Twitter, BBM. Instagram, Wechat, Google + atau media sosial lainnya yang anda miliki. Semoga blog yang sederhana ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Amin.