Rabu, 28 Januari 2015

Prefix re-, un-, under-

bahasa inggris online gratis | Januari 28, 2015 | |

Beberapa hari ini koneksi internet saya lambat sekali. Bahkan untuk buka Google saja harus menunggu hampir 10 menit. Sepertinya sedang menguji kesabaran saya. Akan tetapi yang namanya menunggu terlalu lama  itu cukup membosankan. Akhirnya saya memutuskan untuk mematikan laptop saja. Nah, Alhamdulillah malam ini koneksi internetnya lumayan lancar, jadi bela-belain buat buka blog tercinta ini dan update materi terbaru. Materi kali ini adalah materi lanjutan tentang prefix.  Jika ada waktu  mohon disimak ya hehehehe :)


Re-

Prefix –re dilekatkan pada kata benda, kata kerja, kata sifat atau kata keterangan, dan mempunyai arti ‘ . . . lagi, ‘ ... ulang, atau ‘ ... kembali’ (menunjukan pengulangan). Misalnya reread (membaca lagi, membaca ulang), rewrite (menulis lagi, menulis kembali), replay (bermain lagi, memainkan lagi) restart ( memulai lagi).

Un-

Prefix  un- dilekatkan pada kata sifat, dengan arti kebalikan dari kata yang dilekati, misalnya, untrue (tidak benar), unsure (tidak yakin), unbelievable (tak bisa dipercaya), unknown (tidak diketahui), unkind (tidak ramah).

Under-

Prefix under- merupakan lawan kata dari prefix over-.  Arti prefic ini adalah ‘di bawah’, kurang . . . ‘ atau kurang dari yang dipersyaratkan. Misalkan; undersize (terlalu kecil ukurannya), underdone (kurang matang, setengah matang), underestimate (menganggap enteng), underage (di bawah umur).

Semoga artikel pendek ini bermanfaat untuk kita semua.
Efendijbi
Belajar Bahasa Inggris Online Updated at: Januari 28, 2015