Sabtu, 30 April 2016

3 Jurusan Kuliah Yang Paling Diminati Versi BBIO

bahasa inggris online gratis | April 30, 2016 | |

Di  tahun 2016 ini jurusan yang paling banyak diminati pada SNMPTN 2016 adalah jurusan manajemen, memang setiap tahunnya jumlah peminat pada setiap jurusan berbeda-beda, namun peminat jurusan manajemen tidak jauh beda dengan tahun sebelumnya. Setelah pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN 2016) resmi ditutup pada senin, 14 maret yang lalu. Kita ketahui bahwa Universitas Padjajaran adalah universitas yang paling diminati oleh calon mahasiswa baru jalur SNMPTN.


Pada tahun ini pihak PTN hanya memberikan kouta 40% untuk calon mahasiswa baru  yang mendaftar melalui jalur snmptn. Kuota berkurang 10 % dari kuota tahun sebelumnya yaitu 50 %. Seperti yang dialnsir oleh okezone.com total pendaftar snmptn 2016 sebanyak 653.811 siwa sma/sederajat dan dari total keseluruhan pihak ptn hanya menerima 12 ribu calon mahasiswa. Dengan rician 11.7685 calon mahsisawa baru diterima oleh PTN  kemenristekdikti dan sisanya 5.312 diterima di PTN kemenag.

Berdasarkan data panitia SNMPTN 2016, amino masuk ke PTN memang masih cukup tinggi, tercatat posisi teratas jumlah pendaftar terbanyak diduduki oleh universitas padjajaran dengan 74.159 peminat dan ikuti oleh universitas gajak mada dengan 66.748 calaon peserta. Untuk program studi yang paling diminati  dan menjadi pilihan favorit pendaftar adalah program studi manajemen dan pendidikan guru sekolah dasar (PGSD).

Ada tiga jurusan  yang paing banyak diminati pada SNMPTN 2016 adalah jurusan majemen, selain manajemen jurusan PGSD dan akutansi juga merupakan jurusan yang pling diminati pada SNMPTN 2016 ini. Jurusan yang paling diminati tahun ini tidak jauh jauh dari jurusan yang diminati tahun sebelumnya. Alasan mengapa jurusan manajemen merupakan menjadi jurusan paling diminati  dikarenakan jurusan manajemen merupakan yang paling banyak dicari perusahaan. Sehingga ketika lulus nanti kesempatan anda untuk mendapatkan sebuah pekerjaaan akan lebih mudah.  untuk informasi selanjutnya mengapa orang-orang sangat tertarik dengan ketiga jurusan tersebut?

1.      Jurusan Manajemen

Manajemen adalah jurusan yang mempelajari mengenai taggung jawab dalam pengolahan sebuah perusahaan atau organisasi. Jurusan manajemen memiliki kompetensi dalam pengambilan keputusan bisnis yang mampu beradaptasi dengan perubahan kondisi dan dukungan sehingga mampu menjawab tantangan globalisasi. Ketika kamu telah lulus dari jurusan manajemen kamu berpotensi dilirik oleh prusahaan-perusaahaan besar menengah. Karena setiap perusahaan yang ada sangat membutuhkan  manajer untuk mengelola perusahaan tersebut sehingga peluang untuk sukses akan jauh lebih besar. Selain itu prosperk lulusan manajemen cukup luas dengan pilihan bidang dan jenjang karir seperti memastikan keamanan investasi, mengelola  anggaran, memastikan kelayakan dan kesejahteraan karyawan, dan mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk mendapatkan hasil yang maksimal mungkin. Lulusan manajemen bersifat fleksibel sehingga dapat ditempatkan di sektor kerja dimana saja mulai dari administrasi perusahaan  sampai marketing, menjadi pegawai bank, audit, perpajakan, pembukuan-pembukuan disetiap perusahaan.

2.      Akuntansi

Ilmu akuntansi merupakan ilmu proses mencatat, merangkum informasi financial yang berkaitan dengan semua transaksi dan kejadian perusahaan ataupun organisasi serta penyajiannya dapat dipahami oleh pengguna internal maupun eksternal. mahasiswa akuntansi diberikan pengetahuan tentang kegiatan bisnis dan pengorganisasian serta pengetahuan dan kompetensi dibidang terknologi dan ekonomi. Jurusan ini merupakan jurusan yang tidak kalah favorit dari juruasan manajemen. Pada umumnya banyak calon mahasiswa baru yang memilih jurusan akuntansi dikarenaan ada peluang keja disegala bidang.  Baik perusahaan BUMN  maupun perusahaan swasta, karena perusahaan tersebut akan membutuhkan tenaga kerja akuntan untuk enaudit keuangan perusahaan tersebut.

3.      Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Ada yang cukup mengejutkan dalam 3 jurusan yang paing diminati di tahun 2016 ini yaitu jurusan PGSD menjadi salah satu dari 3 besar jurusan yang paling diminati di SNMPTN 2016. Seperti yang sudah kita ketahui jurusan PGSD yang mempersiapan mahasiswa untuk menjadi pengajar sekolah dasar (SD) untuk nantinya mendidik anak usia 6-12 tahun. Ini mengajarkan kita untuk tidak meremehkan jurusan ini, karena seorang guru merupakan pembentuk kepribadian dasar untuk seorang siswa. Guru SD juga merpakan pondasi ilmu pertama hingga nanti bisa melanjutkan ketingkat selanjutnya.

Efendijbi
Belajar Bahasa Inggris Online Updated at: April 30, 2016