Senin, 02 Mei 2016

Tips Sukses Wawancara Pekerjaan

bahasa inggris online gratis | Mei 02, 2016 | |

Bagi anda yang ingin mempunyai pekerjaan pastinya anda harus melamar pekerjaan di sebuah peruahaan. namun pada saat melamar kalian hanya menyerahkan berkas yang  di perlukan saja.  Nanti setelah selang beberapa waktu anda akan mendapat panggiilan wawancara jika anda lulus di tahap administraasi. Nah bagi anda yang mendapat panggilan dari sebuah perusahaan untuk wawancara kerja, ini berarti bahwa perusahaan tempat anda melamar kerja tersebut menganggap bahwa anda sebagai calon karyawan pontesial. Sebelum melakukan wawancara pastinya anda harus tahu bagaimana pelaksanaannya, tetapi ada beberapa cara dan trik agar mudah diterima saat wawancara. Disini saya ingin berbagi sedikit tips bagaimana cara agar lulus dari interview kerja. Berikut tips agar sukses wawancara pekerjaan:


1.      Ketahui informasi tentang perusahaan

Manfaat dari mengetahui informasi tentang perusahaan adalah untuk memudahkan anda mengenai posisi yang anda apply atau lokasi perusahaan sehingga ketika kamu ingin wawancara tidak bingung untuk mencari lokasinya. Kemudian ada pertanyaan yang mungkin berkaitan dengan perusahaan tersebut. Ketika kamu memahami tentang perusahaan serta tentang posisi yang kamu lamar akan memberikan nilai plus buat kamu. Artinya kamu sudah paham tentang posisi yang kamu lamar dan kamu juga memiliki mengetahuan seperti apa perusahaan tersebut. Pewawancara akan terkesan dengan jawaban kamu terikat posisi yang kamu inginkan.

Salah satu cara yang paling mudah untuk mendapatkan informasi perusahaan adalah dengan menggunakan LinkedIn. Bisa juga mencari informasi dari orang-orang yang memiliki posisi yang sama dengan yang kamu apply.

2.      Datang lebih awal

Berusahalah untuk datang lebih awal. Datang lebih awal itu sangat penting agar kamu tidak teburu-buru saat wawancara. Sealain teburu-buru datang terlambat tidak memberikan kesan yang baik kepada pewawancara. Oleh karena itu penting untuk memperkirakan waktu tempuk perjalanan dan kondisi jalan agar dapat datang lebih awal.

3.      Berpakaian rapi dan sopan

Berpakaian rapi dan sopan adalah kepribadian anda. Jika anda berpakaian rapi dan sopan maka tentunya kepribadian anda sedemikian juga. Selain itu, pakaian rapi dan sopan juga sebagai bentuk penghargaan kepada perusahaan dan pewawancara anda.

4.      Harus mempunyai percaya diri yang tinggi

Percaya diri disini sebenarnya bukan hanya bertujuan agar komunikasi dengan orang lebih baik lagi dan berjalan lancar tapi mengenal kemampuan menyeleaikan setiap tugas yang dibebankan pada karyawan. Dengan kamu percaya diri perusahaan akan yakin dengan kamu, dan tentunya akan menambah nilai bagi kamu.

5.      Jawablah pertanyaan yang sesuai yang diberikan 

Pada masalah ini banyak sekali pelamar kerja yang tidak tahu bahwa sebenarnya orang yang menjawab bertele-tele malah akan mendapat penilain buruk dari penguji atau  HRD yang biasanya melakukan tugas perekrutan karyawaan baru. Untuk itu sebaiknya jawab saja seadanya kalau memang mau lolos interview dengan mudah dan bisa mendapatkan pekerjaan dengan gampang. Jika seandainya hanya jawaban ia atau tidak yang diminta jawab saja seperti itu, tidak usah panjang lebar yang akan membuat kamu sulit sendiri. Kecuali jika memang diminta langsung dari HRD nya, maka barulah kamu jawab dengan lengkap dan detail.

6.      Jangan pernah memberi jawaban tidak 

Seringkali saat kita mengikuti tes interview maka si penguji selalu bertanya soal kemampuan apa yang kamu miliki, misalnya bisa komputer? Nah kalau mendapatkan jawaban interview sepeti ini maka pastikan untuk tidak menjawab tidak, karena sekali kamu menjawab tidak maka si penguji sudah bisa memberi penilaian terhadap kemampuanmu dan bahkan bisa jadi ia sudah bisa memutuskan dalam hati bahwa kamu tidak layak diterima kerja dan juga sudah pasti selanjutnya tidak akan ada lagi panggilan untuk proses melamar kerja berikutnya karena kamu sudah dianggap gugur. 

Lalu bagaimana jika memang tidak tahu sama sekali, apakah harus bohong? Caranya cukup katakan bisa dan urusan selanjutnya adalah tinggal kamu mati-matian belajar dari buku. Umumnya setelah dinyatakan lulus kamu akan ditanya kapan bisa mulai kerja, bisa kamu menjawab 1 minggu atau 2 minggu lagi, nah disitulah kesempatan kamu untuk belajar.

7.      Motivasi mencari pekerjaan 

Ini adalah jenis pertanyaan yang sering kali muncul bahkan hampir kesemuanya tes wawancara akan menayakan apa yang menjadi motivasi kita untuk bekerja di tempat atau perusahaan tersebut. Kalau ditanya motivasi kerja maka berilah jawaban yang sesuai dengan bidang yang kamu lamar, misalnya kamu melamar jadi penulis di suatu penerbit, maka bilang saja kalau kamu hobi menulis dan senang dengan pekerjaan tersebut. Jangan sampai memberi alasan buruk misalnya karena terpaksa jadi melamar di perusahaan bapak, yang malah membuat kamu dinilai sebagai calon karyawan yang buruk. Atau bisa juga di jawab yang sesuai dengan visi dan misi peusahaan, misalnya kamu melamar di koperasi syariah yang berkomitmen menghapus riba, maka beri saja alasan saat kamu interview bahwa saya senang bekrja di tempat tersebut karena dapat membantu bayak masyarakat muslim terhindar dari praktek riba. 

8.      Saat tawar menawar gaji berikan jawaban yang normatif 

Normatif maksudnya adalah bahwa jawaban yang kamu berikan tidak secara sepesifik menjawab pertanyaan dari bagian kepegawaian yang biasanya jadi juru seleksi. Jadi misalnya ditanya “berapa gaji yang kamu inginkan?” maka cukup bilang sesuai dengan standar perusahaan dan pemerintah saja. Tidak usah jawab dengan muluk-muluk atau misalnya sudah punya pengalaman bekerja sebelumnya cukup katakan kalau “mungkin bisa lebiih tinggi dari UMR karena sebelumnya sudah pernah bekrja di bidang yang sama dan sudah berpengalaman mengenai bidang yang dilamar”. Jangan sampai ngotot mau di gaji sesuai jumlah yang kamu minta karena sudah pasti kamu akan dinyatakan tidak layak jadi karyawan baru diperusahaan tersebut karena dianggap banyak maunya dan suka nuntut. 

9.      Gunakan bahasa yang sopan, jelas dan lancar

Memang tidak semua orang mempunyai kemampuan berbicara yang baik. Akan tetapi dalam wawancara kerja anda mutlak harus menggunakan bahasa yang sopan, jelas dan lancar. Ini sangat penting karena dengan demikian apa yang anda maksudkan dalam jawaban wawancara anda benar-benar dapat ditangkap oleh si pewawancara. Ingatlah untuk memberikan kesan bahwa anda bukan orang suka terburu-buru, tetapi juga memberikan kesempatan kepada anda untuk mencerna apa maksud pertanyaan tersebut dan menyusun garis besar jawaban anda. Kemudian gunakan bahasa indonesia yang baik dan benar. 

10.  Gunakan bahasa tubuh

Tidak ada seorang pun bisa menebak perasaan atau pikiran anda saat itu sebelum bahasa tubuh anda mengungkapkannya. Dengan menggunakan bahasa tubuh yang tepat anda akan meninggalkan kesan yang baik bagi perusahaan.

Dalam bukunya yang berjudul “301 smart answer to tough interview question”, Vicky Oliver mengatakan, kontak mata yang baik saat wawancara kerja adalah menjaga tatapan kemata pewawancara secukupnya, bukan berarti menatap matanya sepanjang wawancara kerja. Selama wawancara kerja anda harus tahu apa warna  matanya, tetapi perlu juga untuk memalingkan mata sesekali saat pewawancara menatap anda.

Efendijbi
Belajar Bahasa Inggris Online Updated at: Mei 02, 2016