Tuesday, October 18, 2016

Kesalahan-Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Grammar

Efendi jbi | 7:29 PM | |

Hello BBIO lovers, semoga semua dalah keadaan sehat. Kali ini ada sedikit informasi tentang kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam grammar. Kesalahan-kesalahan tersebut lebih mengacu kepada kesalahpahamanan makna dari dua buah kata. Misalkan boring dan bored. Orang sering sekali salah dalam menggunakan kedua kata ini. Oleh karena itu Di bawah ini ada penjelasan beberapa kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam grammar. 


Kesalahan Yang Sering Terjadi
Penjelasan
Advice dan Advise
Kedua kata ini sering membingungkan BBIO lovers semua. Untuk pelafan sangat mirip sekali tetapi untuk segi makna sangat berbeda. Kata  Advice  memiliki arti  nasehat (kata benda)  sedangkan kata  Advise  memiliki makna menasehati / memberi saran(kata kerja).  Kesalahan penggunaan kedua kata ini sangat sering sering terlihat dalam atau saat  menulis email , pada waktu bekerja dan juga percakpan sehari-hari.
Effect dan Affect
Affect  memiliki arti  ‘mempengaruhi’.  Contoh penggunaan kata affect  dalam kalimat misalnya;  We  can affect all of our  colleague. Sangat berbeda dengan   effect. Kata ini memiliki arti  akibat atau hasil dari suatu pengaruh. Contoh penggunaannya  dalam kalimat seperti ; they  can cured because of the effects of their  suggestion.
Boring dan Bored
Sering  sekali membaca status teman-teman baik di twitter maupun di facebook ‘I am boring’. Padahal niat orang yang membuat status tersebut adalah ingin menyatakan bahwa ia merasa bosan. Padahal seharusnya I am bored.  Bila  seorang kerabat atau teman dekat  mengatakan I am boring at class, itu adalah sebuah pernyataan yang salah dimana artinya adalah Aku membosankan di kelas. Yang benar adalah I am bored at class. Boring berarti membosankan sedangkan bored berarti merasa bosan.
Then dan Than
Kedua kata ini sering salah digunakan saat penulisan. Maksud hati ingin mengatakan ‘dari pada’ tetapi menggunakan ‘then’ seharusnya ‘than’.  Untuk  Arti kata  than adalah daripada, sedangkan then berarti  ‘ kemudian’.  Contoh penggunaan than adalah Antoni  is  faster  than Joe, yang berarti antoni  lebih cepat dari pada Joe.  Apabila  than diganti dengan then maka artinya ‘ Antoni  lebih cepat kemudian Joe.’ Jadi hati-hati dalam menggunakan kata ini terutama dalam writing.
There dan Their
Jika kedua kata ini sangat sering terjadi kesalahan saat writing dan speaking. Makna  kedua kata ini sangat lah jauh berbeda.  Sebagai contoh  penggunaannya ialah your wife  likes their car  yang artinya Istrimu   menyukai  mobil mereka .  Untuk  penggunaan there contohnya adalah  they  don’t want stay longer there yang artinya mereka  tidak mau tinggal lebih lama disana. Jadi Their adalah possessive adjective yang menyatakan kepunyaan dan there bisa berfungsi sebagai kata keterangan yang artinya ‘di sana’.

Efendijbi
Belajar Bahasa Inggris Online Updated at: 7:29 PM

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bijak! Jika Anda memiliki pertanyaan tentang materi yang telah dijelaskan, silahkah tuliskan pertanyaan dengan jelas. Saya tidak akan menyetujui komentar anda jika komentar anda terdeteksi sebagai spam. Jika anda suka dengan blog ini, jangan lupa share URL blog ini ke FB, Twitter, BBM. Instagram, Wechat, Google + atau media sosial lainnya yang anda miliki. Semoga blog yang sederhana ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Amin.