Monday, October 24, 2016

Penggunaan 's dalam Bahasa Inggris

Efendi jbi | 7:30 PM |
Penggunaan ‘s dalam bahasa Inggris ini sangatlah  sederhana dan mudah. Apostrophe s  yang memiliki makna kepemilikan selalu diletakkan setelah noun. Yang menerangkan noun setelah ‘s adalah milik noun yang diberikan ‘s. Contohnya Andi’s book (mejelaskan bahwa book/buku adalah miliki/punya Andi), Anton’s pen (yang memiliki makna bahwa pen/pena milik/punya Anton).

Di bawah ini adalah beberap contoh dan cara menambahkan ‘s


Jika benda atau noun tersebut Singular nouns atau benda tunggal  dan plural nouns / benda jamak  yang tidak berakhiran -s  maka dibentuk dengan menambahkan ‘s Setelahnya
                         
a man’s
men’s choice
the people’s job
the knife’s edge
a bird’s sound
women’s dress
the horse’s nose
Andi’s house
Riko’s bag
Jika benda tersebut adalah benda jamak atau lebih dari satu/ Plural nouns yang berakhiran -s maka hanya ditambahkan  (apostrophe) saja dan jangan tambah s

 The girls' school (girls adalah jamak dengan akhiran   s   maka cukup masukkan  apostrophe saja. Jika A grils’s school maka salah)
the students' class
the Smiths' bike
the doctors’  assistant
the glasses’ rims
Apabila ada nama-nama klasik (classical names) yang berakhiran -s cukup ditambahkan (apostrophe) saja.  
Pythagoras' Theorem
Archimedes' Law
Sophocles' plays
Socrates’ Apology
Hercules’ strength
Ramses’ reign
Nama-nama lainnya yang bukan nama-nama kalsik tapi berakhiran -s bisa ditambahkan ‘s atau apostrof saja.
Mr Jones's (atau Mr Jones') children
Yeats's (atau Yeats') story

Bila terdapat penggaabungan dua kata atau lebih (compounds), caranya adalah pada kata terakhir ditambahkan ‘s atau apostrof. Hal ini juga berlaku untuk nama dan gelar.

my brother-in-law's pen
Henry the Eighth's wives
the Prince of Wales's car
the King of Belgium’s birthday
the governor of New York’s speech.
Ketika bentuk possessive ‘s digunakan, articles (kata sandang) yang menyertai orang atau benda yang dimiliki tidak dipakai atau dihilangkan. Hal ini perlu  diperthatikan karena kebanyakan BBIO lovers lupa dengan hal ini.

the daughter of the politician = the politician's daughter
the intervention of America = America's intervention
the plays of Shakespeare = Shakespeare's plays.
Hal lain yang perlu diperhatikan dan jangan sampai lupa adalah apabila  dua orang/benda atau lebih memiliki sesuatu bersama-sama, tambahkan ‘s atau apostrof pada kata yang terakhir: Martha and Dan’s house. Tetapi bila dua orang/benda atau lebih itu memiliki sesuatu secara terpisah, tambahkan ‘s pada tiap-tiap kata: the Smiths’ and the Joneses’ houses are for sale.



Efendijbi
Belajar Bahasa Inggris Online Updated at: 7:30 PM

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bijak! Jika Anda memiliki pertanyaan tentang materi yang telah dijelaskan, silahkah tuliskan pertanyaan dengan jelas. Saya tidak akan menyetujui komentar anda jika komentar anda terdeteksi sebagai spam. Jika anda suka dengan blog ini, jangan lupa share URL blog ini ke FB, Twitter, BBM. Instagram, Wechat, Google + atau media sosial lainnya yang anda miliki. Semoga blog yang sederhana ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Amin.