Monday, October 24, 2016

Penggunaan One dan Ones dalam Bahasa Inggris

Efendi jbi | 8:09 PM |

Penggunaan kata One dan Ones dalam bahasa Inggris  mudah sekali. Kata one dan ones memiliki fungsi untuk  menghindari pengulangan kata yang sama. Kata One dan Ones digunakan untuk  menggantikan kata benda atau  noun  yang dimaksud dalam suatu kalimat.

Hal penting yang harus kalian pahami lebih awal adalah kata benda tunggal atau singular noun dan kata benda jamak atau plural noun. Nah, jika sudah paham jenis noun ini maka sangat mudah menggunakan kata  one dan ones. One digunakan untuk menggantikan kata benda (noun) tunggal, sedangkan katan Ones digunakan  untuk menggantikan kata benda yang lebih dari satu atau jamak/plural noun. One dan Ones dalam bahasa Indonesia diterjemahkan "Yang" dan hal penting yang harus diperhatikan adalah
anda bisa menggunakan kata one atau ones bila benda yang dimaksud sudah jelas bagi lawan bicara kita.



Perhatikan table di bawah ini ya!
A: Do you want to buy a car? Apakah kamu mau membeli sebuah mobil?
B: Yes, I do  (Ya)
A: Which one do you want? (Yang mana yang kamu mau?
B: I want this one ( saya mau yang ini)
Dalam dialog ini terdapat kata ‘a car’. Kemudian sang penjual (A) bertanya kepada pembeli, yang mana yang kamu mau? Menggunakan kata one. Kata one di kalimat tersebut merujuk pada noun (a car). A car adalah benda tunggal (sebuah mobil)
I need a pen. May I borrow one?
Kata one dalam kalimat ini merujuk atau menggantikan  kata a pen. Mengapa pakai one bukan ones, karena a pen (singular noun)
Don’t buy those apples. Buy the other ones
Kata ones pada kalimat ini menggantikan kata   apples

Contoh-contoh lainnya. Perhatikan penggunaan one dan ones.

  • Look at those two  girls. The one in a red hat is very naughty, you see.
  • There are three books  over there. Which one are they  going to borrow?
  • There are lots of people gathering outside the post office. The ones with bamboo poles are groups of pedicab drivers, while the ones wearing black masks are street vendors.
  • This cup is dirty. Can I have a clean one?
  • I am going to sell my car and buy the new one.
  • This box is too small. I need the big one
Efendijbi
Belajar Bahasa Inggris Online Updated at: 8:09 PM

1 comment:

  1. Saya tidak mengerti contoh nomor 1 dan 3
    Apakah kata one tsb artinya satu atau yang?

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan sopan dan bijak! Jika Anda memiliki pertanyaan tentang materi yang telah dijelaskan, silahkah tuliskan pertanyaan dengan jelas. Saya tidak akan menyetujui komentar anda jika komentar anda terdeteksi sebagai spam. Jika anda suka dengan blog ini, jangan lupa share URL blog ini ke FB, Twitter, BBM. Instagram, Wechat, Google + atau media sosial lainnya yang anda miliki. Semoga blog yang sederhana ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Amin.