Selasa, 13 Maret 2012

Apakah belajar bahasa Inggris itu sulit?

bahasa inggris online gratis | Maret 13, 2012 | Apa kabar teman-teman sekalian? Semoga kalian semua dalam keadaan baik-baik saja. Banyak orang bertanya, Apakah belajar bahasa Inggris itu sulit? bahkan tidak sedikit juga orang yang bertanya sebaliknya, Apakah belajar bahasa Inggris itu mudah? Saya yakin setiap orang mempunyai jawabannya sendiri. Ada yang mengatakan bahwa belajar bahasa Inggris itu sulit dan banyak juga yang mengatakan bahwa belajar bahasa Inggris itu mudah. Jika menurut saya belajar bahasa Inggris itu gampang. Itulah persepsi yang ada pada pikiran saya sampai saat ini. Persepsi tentang sesuatu hal itu sangat penting. Banyak  orang yang mempunyai persepsi awal bahwa belajar bahasa Inggris itu sulit. Menurut hemat saya, jika orang yang mempunyai persepsi seperti ini bisa saja orang tersebut mundur duluan, atau bahkan sampai minder untuk mempelajari bahasa ini.

Jika kita dari awal menganggap bahwa belajar bahasa Inggris itu mudah, bisa menjadi pemacu semangat dan bisa saja menjadi mudah beneran. Terkadang apa yang kita ucapkan dan pikirkan bisa menjadi kenyataan. Orang tua saya mengatakan bahwa perkataan dan juga persepsi  itu bisa menjadi doa. Nah, jika dari awal kita mempunyai persepsi bahwa belajar bahasa Inggris itu sulit, bisa jadi nanti sulit beneran.
Akan tetapi setelah dijalani, tidak semudah yang kita katakan. Untuk membuat bahasa Ingrgis itu mudah  tidak cukup hanya dengan mempunyai persepsi positif dari awal. Banyak hal yang harus kita lakukan. Dengan kata lain, setelah mempunyai persepsi positf haruslah diikuti dengan usaha yang keras dan bersungguh-sungguh. Jika kita mengatakan bahwa bahasa Inggris itu mudah, berarti mudah bersyarat. Banyak cara dan  metode yang bisa kita lakukan dalam belajar bahasa Inggris, dan tentunya tidak jarang metode yang cocok dan yang disukai setiap orang itu berbeda-beda. Ada yang menganggap bahwa dia merasa cocok dengan mempelajari tata bahasa dalam bahasa itu lebih dulu dan ada juga yang memilih metode tancap gas yaitu dengan langsung saja berbicara dalam bahasa Inggris semampu mereka tanpa harus memahami semua English grammar dan lain sebagainya karena mungkin mereka akan merasa pusing duluan jika di cecal dengan berbagai macam teori. Ada juga yang memilih metode dengan mempelajari tata bahasa tersebut sambil menerapkannya dalam percakapan, jadi teori langsung praktek. Apapun metodenya, yang jelas konsistensi dan kesungguhan sangatlah penting karena jika tanpa itu semua sangatlah mustahil untuk memperoleh hasil yang baik.
Perlu diperhatikan bahwa belajar suatu bahasa itu perlu proses yang panjang dan tidak instant. Banyak orang yang ingin segala sesuatunya itu dengan cepat, maunya langsung jadi. Bisa karena biasa, itulah hal penting yang perlu diperhatikan dalam belajar bahasa Inggris, jadi harus dibiasakan. Tetapi memang kita manusia ini tidak luput dari berbagai macam rasa. Terkadang kita merasa rajin dan terkadang kita merasa malas. Hal itu sangatlah wajar sekali. Saya pribadipun yang juga masih dalam proses belajar terkadang merasakan hal-hal tersebut dan terkadang lebih banyak rasa malasnya daripada rasa rajinnya, heeee. Tetapi jangan sampai berhenti dan jalani  saja dengan senang hati. Jadi mari dari awal kita mempunyai persepsi yang positif tentang bahasa ini, anggaplah bahasa Inggris itu gampang dan jangan lupa melakukan berbagai macam usaha. Jangan bosan-bosan untuk berlatih dan membiasakan bahasa Inggris itu dalam kehidupan kita sehari-hari.
Ada lelucon dari tanah minang. Ini percakapan antara dua orang Padang;
Udin; "kenapo da dak mau belajar bahasa Inggris?"
Amir; "dak sanggup den belajar bahaso tuh. Cubo kau pikir nih hah, 'one' tulihnyo, 'wan' keceknyo, 'ciek' artinyo. Paniang kepalak den."
Udin; "ooooo."
Sekian dulu teman. Terima kasih.
Efendijbi
Belajar Bahasa Inggris Online Updated at: Maret 13, 2012