. Possessive Adjective –>.

Possessive Adjective

Efendi BBIO | 1:13 PM |

Possessive adjective adalah kata sifat  yang menerangkan  kepemilikan.
Cara pemakaian possessive adjective adalah: Possessive ajective + noun

Subejct              Possessive Adjective


I                        My                    
You                   Your
we                     our
they                   their
she                    her
he                     his
it                       its

contoh:
my book (buku saya)
your pen (pena kamu)
our bag  (tas kita)
their parents (orang tua mereka)
her dog (anjingnya)
his cat  (kucingnya)
its food (makananya)

kata benda yang dimasukan sesudah possessive adjective bisa berbentuk tunggal/singular, jamak/plural, benda yang bisa dihitung/countable nouns, atau benda yang tidak bisa dihitung/uncountable noun.
Possessive adjective adalah termasuk jenis kata sifat, karena possessive adjective menjelaskan kata benda sesudahnya. Sebenarnya  posessive adjective digunakan untuk mengganti possessive noun ketika referencenya diketahui dengan jelas. perhatikan contoh di bawah ini;

Toni's book   -        His book
Shinta's book - her book
The children's book - their book.

Kata "toni's book" adalah possessive noun, dan bisa diganti dengan possessive adjective "his book". ketika anda dan lawan bicara anda mengatakan "his book" berarti anda dan lawan bicara anda telah mengetahui bahwa buku itu milik Toni walau tidak menggunakan possessive noun (Toni's book).

untuk membuat possessive nouns, kita harus menambahkan " 's/' " setelah nama

Toni's book
Robi's pen
My mother's house
The children's teacher
My parent's stove

Apabila membuat possessive noun dengan menggunakan nama orang yang berakhiran "s", maka bisa menambah " 's ". contoh:

Charles's house
Denis's pen
Jika benda tersebut berbentuk jamak berakhiran "s", untuk membuat possessive nounnya yaitu dengan " ' " saja, bukan  " 's"
contoh:

My sisters' book
The parents' house
The cats' food
The students' teacher

Jika benda tersebut berbentuk jamak yang tidak beraturan/ irrigular plural nouns, maka kita harus menambahkan " 's "

contoh:
the children's teacher
the men's pen
the women's parents
people's food
the mice's cage

Contoh lainya:

Dina's pencil    =  her pencil
John's wife     =  his wife
The students' teacher = their teacher
Chris's pen    = his pen
The mice's cage  = their cage
The cat's food    = its food
Toni's and Robi's book = their book

Contoh dalam kalimat

Toni and Joe are in the bedroom. Their mother is cooking in the kitchen.
I do not bring my book.
Do you love your mother?
Anton hates his cat.
Toni and Tono sleep in their cousin's house.
Toni's bag is new.
The teacher's students are lazy.

Soal Latihan: Possessive Adjectives

Related Post



Posted by: Efendi BBIO Belajar Bahasa Inggris Online, Updated at: 1:13 PM
Anonymous said...

Kemarin2 tiap artikel bisa di copy, kok sekarang gak bisa....

Belajar bahasa Inggris online gratis said...

ia maaf, buat jg hak cipta saja hahaha, tapi jika kamu memerlukannnya, kirim saja pesan melalui contact me diatas, dan akan saya kirim ke email kmu artikel mana yg kamu butuhkan,,, terima kasih.

Kamal said...

Terima kasih buat yang punya blog. I like this

Ade said...

Good job. 4 thumbs for the writer.

Semarang idol said...

possessive adjective itu maksudnya kata yg menerangkan kepemilikan, pantes saja, pacarku itu possessive orangnya dan selalu ingin memiliki saya seutuhnya hahahaha becanda mas bro tapi salut saya karena sudah buang waktu luang buat duduk depan laptop nulis ini semua. terima kasih.

Manja girl said...

numpang baca yaaaa, tapi tidak bisa di copy yah?

Belajar bahasa Inggris online gratis said...

sama2, terima kasih jg atas kunjungannya

Belajar bahasa Inggris online gratis said...

Thanks.

Belajar bahasa Inggris online gratis said...

hahhahah ada2 saja nih semarang idol, btw terima kasih kembali.

Belajar bahasa Inggris online gratis said...

boleh, baca saja sepuasnya heee. ia memang tidak bisa dicopy paste, tetapi jika kamu perlu tinggal minta saja lewat form contact me diatas, nanti saya kirim via email. thx mau berkunjung kesini, jangan kapok ya

Belajar bahasa Inggris online gratis said...

Terima kasih Ade sudah follow blog saya. sering-sering mampir ya. heee

Belajar bahasa Inggris online gratis said...

Thx sudah follow blog ini.

Belajar bahasa Inggris online gratis said...

Thx sdah follow blog saya.

Fauzi wibowo said...

Belajar bahasa inggris online gratis , gud

Belajar bahasa Inggris online gratis said...

Thank you

Anonymous said...

Sangat membantu saya

Anonymous said...

Thank's om admin...ada juga web buat belajar Persiapan Ujian Nasional nanti...Thank you very much !!!

wahadinal mancok said...

salute saya mas yang nulis ini mas semoga hidup anda selalu dimudahkan seperti halnya anda telah memudah kami dalam belajar bahasa inggris

berkah kayaknya mas amal sampeyan

Anonymous said...

mau tanya nih kenapa yang The cat's food = its food?
kenapa tdk menjadi their food?

mohon penjelasannya

Belajar bahasa Inggris online gratis said...

the cat's food = its food karena "cat" subject pronounnya adalah "it" (karena cat nya cuma satu) fungsi "'s" setelah kata "cat" menyatakan kepunyaan. berbeda halnya dengan "the cats' food" yang sama dengan "their food" karena kucingnya/cat plural atau jamak "cats". terima kasih. (tambahan: dalam menambahkan 's yang menyatakan kepunyaan..jika bendanya plural dan berakhiran "s/es" maka kita hanya menambahkan ' (apostrophe) saja...jgn ditambah "s", misal: cats' food, students' book, etc)

Anonymous said...

makasi kakak... ^_^

Anonymous said...

thanks buat adminnya \(^-^)/
saran saya sih di isi soal latihan aja min, biar lebih perfect

Anonymous said...

Makasih ya min,,,
buat semua materinya,,,
bener2 ngebantu banget buat belajar,,,

Anonymous said...

kalau mice's cage kok jadi their kenapa ngga it

anak jambi said...

karena mice itu jamak...

Anonymous said...

Hmm...pada bagian jamak kelihatannya ada kesalahan yang cukup fatal yah..coba perhatikan tulisan yang di atas saya kutip langsung:

Jika benda tersebut berbentuk jamak dengan menambahkan "s", untuk membuat possessive nounnya yaitu dengan " ' " saja, bukan " 's"
contoh:

My sisters' book
The parents' house
The cats' food
The students' teacher

Nah, tambahkan s pada Noun dalam kalimat itu karena bendanya jamak kan? jadi yang benar adalah:
My sisters' books
The parents' houses
The cats' foods
The students' teachers.

Cool Boy said...

maksudnya benda tersebut berbentuk jamak dan berakhiran 's'...jdi untuk membuat possessive noun hanya menambahkan ' saja tanpa s. Ini yang saya maksud. Terima kasih.

michael aang said...

Guru SMP sy pernah mengajarkan bahwa untuk nama orang yg berakhiran "s" cukup ditambah tanda " ' " saja. contoh: Mr. abba's book.. (Bukunya Mr. abbas). mohon penjelasannya?

Admin Blog said...

Abas' book bukan Abba's book

Milla Velopita said...

makasih, berguna banget

Arfian Siswo Bintoro said...

the cat's food jawabannya kok bkan their food min
mhon blasannya

sinister name said...

Their mother is cooking in the kitchen.
Bukannya "Their mother are cooking in the kitchen". Tolong saya jawabanya masih bingung. Thanks

Belajar Bahasa Inggris Gratis said...

mother = she, jadi pakai is....jika mothers (jamak/lebih dari 1) = they dan pakai are

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan bijak! Jika Anda memiliki pertanyaan tentang materi yang telah dijelaskan, silahkah tuliskan pertanyaan dengan jelas. Saya tidak akan menyetujui komentar anda jika komentar anda terdeteksi sebagai spam. Jika anda suka dengan blog ini, jangan lupa share URL blog ini ke FB, Twitter, Wechat, Google + atau media sosial lainnya yang anda miliki. Semoga blog yang sederhana ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Amin.